Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pendidikan

19 Mei 2017 09:08:09 Diperbarui: 19 Mei 2017 10:15:27 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Nama : Roisatin Nuwa

NIM : 141310003063

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi kompoen pengetahuan,kesdaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Dibawah ini adalah artikel opini dengan topik “ pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan”.

Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Dari sebuah penelitian di Amerika,90% kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku buruk seperti tidak bertanggung jawab,tidak jujur dan hubungan interpersonal yang buruk. Selain itu,terdapat penelitian lain yang mengindikasikan bahwa 80% keberhasilan seseorang di masyarakat ditentukan oleh Bagaimana dengan bangsa kita, Bagaimana dengan penerus orang-orang yang sekarang sedang duduk dikursi penting pemrintahan negara ini dan yang duduk di kursi penting yang mengelola roda perekonomian negara ini. Apakah mereka sudah menunjukkan kualitas karakter yang baik dan melegakan hati kita, Bisakah kita percaya,kelak tongkat estafet kita serahkan pada mereka,maka mereka mampu menjalankan dengan baik atau justru sebaliknya.

Dari sudut pandang psikologis,saya melihat terjadi penurunan kualitas ‘’usia psikologis” pada anak yang berusia 21 tahun pada tahun 2011,dengan anak yang berumur 21 pada tahun 2001. Maksud usia psikologis adalah usia kedewasaaan,usia kelayakan dan kepantasan yang berbanding lurus dengan usia biologis. Jika anak sekarang usia 21 tahun seakan mereka seperti umur 12 atau 11 tahun. Maaf jika ini menyakitkan atau mengejutkan. Walau tidak semua,tetapi kebanyakan memiliki kecerendungan seperti itu saya berulang kali bekerja sama dengan anak usia tersebut dan hasilnya kurang maksimal saya tidak kapok berulang-ulang bekerjasama dengan mereka. Dan secara tidak sengaja saya menemukan pola ini cenderung berulang saya amati dan evaluasi perilaku dan karakter mereka.

Pendidikan karakter,sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja,tetapi di rumah dan lingkungan sosial. Bahkan sekarang ini peserta pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja,tetapi juga usia dewasa. Mutlak perlu untuk kelangsungan hidup bangsa ini.

Bayangkan apa persaingan yang muncul ditahun2021? Yang jelas itu akan menjadikan beban kita dan orang tua masa kini. Saat itu,anak-anak masa kini akan menghadapi persaingan dengan rekan-rekanya dari berbagai belahan Negara di Dunia. Bahkan kita yang masih akan berkarya ditahun tersebut akan merasakan perasaan yang sama. Tunututan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 tentunya membutuhkan good character.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL humaniora

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana