Tekno

Masalah Polusi Udara di Dalam Ruangan? Purivase Solusinya

15 Mei 2017   15:27 Diperbarui: 15 Mei 2017   15:38 64 0 0
Masalah Polusi Udara di Dalam Ruangan? Purivase Solusinya
Gambar PURIVASE

PURIVASE : VAS BUNGA SEBAGAI ALAT PURIFIKASI UDARA DI DALAM RUANGAN

Tahu kah Anda?? Perkembangan  arsitektur  rumah yang pesat mendorong kebutuhan dekorasi interior yang berkembang pesat. Salah satu  bentuk dekorasi yang sangat diminati oleh pembeli rumah adalah vas bunga. Vas bunga biasanya diletakkan di ruang tamu atau di dekat pintu masuk, di mana  pemilik rumah dapat menikmati tanaman untuk memanjakkan mata sehingga memberi kesan asri dan tenang. Di lain pihak, tanaman juga berfungsi mengubah karbon dioksida menjadi oksigen sehingga  memberi kesegaran bagi seisi rumah.

Di lain pihak, studi yang dilakukan Environmental Protection Agency menyatakan bahwa level polutan didalam ruangan mencapai 2-5 kali lebih tinggi dibandingkan level polutan diluar ruangan. Namun, seringkali banyak  polutan yang masuk ke dalam rumah bukan dalam bentuk senyawa  karbon dioksida, seperti dari asap dari proses masak didapur, asap kendaraan akibat pemanasan mobil atau motor di garasi, asap akibat dari pembakaran sampah, dan juga polusi bau dari keringat dan bau lainnya.

 Masalah ini dapat  mengganggu bagi sebagian besar penghuni rumah, bahkan untuk beberapa polutan sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam mengatasi masalah ini. beberapa air purifier yang sekarang ini beredar harganya sangat mahal sehingga tidak semua orang dapat menikmatinya.

Oleh karena itu, kami telah berhasil mengembangkan PURIVASE. PURIVASE adalah sebuah vas bunga yang bisa ditanami tanaman hias apa saja. Desainnya yang simpel namun menarik menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikan ruangan lebih estetis. Bentuknya yang sederhana membuat PURIVASE sangat fleksibel untuk dapat diletakkan di ruangan manapun.

Namun selain sebagai vas bunga, PURIVASE memiliki fungsi lain yang sangat berguna yakni sebagai alat pembersih udara. Teknologi fotokatalisis pada plat-plat aluminium yang digunakan PURIVASE dikombinasikan dengan sinar dari lampu UV dapat mendegradasi polutan udara apa saja dalam waktu singkat, bahkan menghilangkan bau sekalipun dengan harga yang bersahabat. Udara kotor yang ditarik oleh sirkulator udara akan mengalir melewati plat-plat fotokatalis, kemudian zat pengotor udara akan dioksidasi di permukaan plat-plat fotokatalis menjadi karbon dioksida dan air sehingga jauh lebih aman bagi kesehatan.

Prinsip Kerja PURIVASE
Prinsip Kerja PURIVASE

Teknologi ini bahkan sudah terbukti dapatmembunuh bakteri dan virus, sehingga membuat rumah Anda  lebih aman dari serangan penyakit. Performa purifikasi udara PURIVASE sudah teruji di Laboratorium Rancangan Produk Kimiadan Alam Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia. PURIVASE terbukti mampumedegradasi polutan sebesar 16% hanya dalam waktu 2 jam. Jika digunakan dalamwaktu 24 jam, polutan yang terdegradasi akan semakin banyak sehingga udara akan menjadi bersih. 

Mekanisme Reaksi Degradasi Polutan Udara Secara Fotokatalitik
Mekanisme Reaksi Degradasi Polutan Udara Secara Fotokatalitik

Penggunaan PURIVASE cukup sederhana, hanya dengan menghubungkan PURIVASE ke sumber listrik kemudian PURIVASE sudah dapat berfungi. Perawatan PURIVASE juga mudah dan murah. Pembersihkan dilakukan hanya dengan melepaskan bagian vas dan penutup pada PURIVASE sehingga proses pembersihan dapat dilakukan dengan mudah. Lampu UV pada PURIVASE dapat digunakan sampai jangka waktu yang lama dan  PURIVASE dapat berfungsi sebagai lampu hias bagi ruangan sehingga menambah estetika dari ruangan Anda PURIVASE, GET FRESH AIR !!!

Penulis : ElsaPrisna Widyasmara, Rizky Adi Purwoko, Justin Edgar