Media

Islam Rahmatan Lil a'lamin

16 Agustus 2017   23:53 Diperbarui: 17 Agustus 2017   00:26 242 1 1

Islam adalah sebuah nama yang diberikan oleh Allah SWT kepada agama ini. kata "Islam" berasal dari kosa kata Arab yang secara harfiah berarti ketaatan dan damai. Kata "Islam" berasal dari akar kata "salima" yang berarti damai, kesucian, ketundukan, dan ketaatan. Pengertian tersebut menunjukan bahwa agama islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, kerukunan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi umat manusia khususnya dan semua makhluk Allah SWT pada umumnya, bukan untuk mendatangkan dan membuat bencana atau kerusakan dimuka bumi. inilah yang disebut fungsi islam sebagai rahmat bagi seluruh alam ( Rahmatan lil'alamin ).

Islam bukanlah sebuah agama yang baru. Pesan islam pada dasarnya adalah pesan yang sama seperti pesan yang diturunkan serta diperintahkan oleh Allah SWT kepada nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW, Islam datang adalah sebagai penyempurna dari agama agama sebelumnya. Allah SWT mewajibkan kepada setiap orang islam untuk beriman kepada semua nabi dan rasul yang di utus-Nya. Dalam hal ini, Allah SWT berfirman dalam surat ( Al Baqarah ayat 136 ) yang artinya "Katakanlah!' Kita semua beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kita dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak-anaknya, juga apa yang diberikan kepada Musa, dan Isa dan apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan, kita tidak membeda bedakan seorang pun diantara mereka dan kita patuh kepada-Nya.

Fungsi Islam sebagai rahmat dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Anbiya ayat 170 "Dan tidaklah kami mengutus kamu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam."

  • Islam menunjukkan manusia pada jalan hidup yang benar.
  • Islam menghormati dan menghargai manusia sebagai hamba Allah, baik yang muslim ataupun yang beragama lain.
  • Islam mengatur pemanfaatan alam secara baik dan proposional.
  • Islam menghormati kondisi spesifik individu manusia dan memberikan yang spesifik pula.


Demikian yang dapat saya sampaikan. sedikit tentang Islam adalam agama rahmatan lil"alamin. dapat juga kunjungi blog kami di http://ghontherong.blogspot.co.id/  

Penulis : Ahmad Rifa'i

Universitas Indraprasta PGRI

201413570002

 Sumber : Hendy Mulia. "Kelola Hati, Raih Perdamaian"( Jakarta : PT. Gading Inti Prima, 2012 ). Hal, 44.