Peran Relawan TIK Indonesia Sangat Penting Terhadap IT

16 Mei 2017 01:28:12 Diperbarui: 16 Mei 2017 01:36:14 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Peran Relawan TIK Indonesia Sangat Penting Terhadap IT
dokumentasi pribadi

Saat ini Relawan TIK di Indonesia selalu melakukan berbagai pergerakkan dalam bidang IT yang juga turut membantu pemerintah. Relawan TIK Indonesia sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang bersifat mandiri tanpa berpihak kepada siapapun. Relawan TIK dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai program mengenai penggunaan akses informasi (Internet) dan tidak hanya itu berharap para Relawan TIK juga bisa membantu pemerintah menjaga keamanan dalam bidang IT.

Di Indonesia belakangan ini sedang heboh mengenai serangan ransomware WannaCry terkena serangan virus yang dapat membahayakan data yang dimiliki oleh Indonesia karena itu para Relawan TIK di Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia harus saling memiliki peran penting dalam melindungi Indonesia dalam bidang Internetnya karena itu patut diwaspadai serangan seperti itu karena suatu saat akan terjadi kembali kalau Indonesia tidak bergerak mencegah hal tersebut.

Seperti diketahui, WannaCry (wcry) atau juga dikenal sebagai Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada system komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file. Saat nanti masyarakat membuka komputer akan ada pemberitahuan kepada korban bahwa file mereka telah dilakukan di-encrypt, dan memberikan meereka tenggat waktu untuk membayar agar data itu bisa kembali normal ke pemiliknya.

Banyak pihak yang terkena virus tersebut di Indonesia tapi hal tersebut dihimbau berbagai cara agar tidak terkena  virus yang dinilai sangat berbahaya dan mengancam data yang dimiliki pihak tersebut.

Oleh karena itu, Relawan TIK memiliki peran penting bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia membantu dalam hal internet termasuk mensosialisasikann mengenai internet sehat dan hal lainnya di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu para Relawan TIK  juga bisa mendorong mendukung Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik & Diskominfo diberbagai daerah dalam mewujudkan Smart City.

Bahkan Relawan TIK Kota Cirebon membantu Pemerintah Kota Cirebon dalam bidang IT mulai dari pendampingan kelurahan, sosialisasi internet sehat, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan Internet. Relawan TIK Kota Cirebon Tahun 2018 akan bekerja keras bersama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon dalam mewujudkan "Cirebon Smart City" dalam hal ini berharap semua instansi yang ada di Kota Cirebon dapat melayanin berbagai pelayanan dengan menggunakan fasilitas internet agar semua layanan yang ada di Kota Cirebon semakin mudah dijalanin dan cepat mendapatkan respon dari pemerintah terhadap keluhan dari masyarakat hanya dengan menggunakan internet itu semua dapat diatasi dengan cepat dan mudah.

Mohammad Ridwan

/ridwanmenulis

TERVERIFIKASI

Nama lengkap saya adalah Mohammad Ridwan Memulai belajar ngeblog sejak tahun 2007 setelah di belajarin blog sewaktu saya duduk di bangku SMP di Kota Cirebon setelah itu saya tertarik untuk memiliki dan mempelajari tentang blog lebih jauh. Saat ini saya mengelola beberapa blog, di antaranya yang sedang sobat baca ini, satu lagi dengan alamat www.ridwanmenulis.com, dan beberapa lagi yang tidak bisa saya sebutkan. Hub saya 08994920987
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana