FEATURED

Tidur Pakai Bra Sebabkan Kanker, Benarkah?

02 Oktober 2012 11:40:44 Diperbarui: 13 Oktober 2016 11:50:15 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Tidur Pakai Bra Sebabkan Kanker, Benarkah?
Ilustrasi. healthday.com

Beberapa bulan yang lalu dalam timeline twitter, saya melihat salah seorang teman saya mengatakan kepada teman perempuannya yang lain untuk tidur dengan tidak memakai bra. Kicauannya tersebut juga menyertakan kicauan salah satu akun (me-retweet) yang mengatakan bahwa tidur dengan bra sebabkan kanker.  

Namun, akun tersebut tidak dengan jelas menyebabkan alasannya. Akun dengan tema kesehatan tersebut hanya menuliskan bahwa menggunakan bra saat tidur dapat menyebabkan kanker. Lantas benarkah tidur menggunakan bra dapat menyebabkan kanker?

Isu mengenai penggunaan bra ketika tidur dapat menyebabkan kanker memang sudah lama saya dengar. Penggunaan bra ketika tidur sebenarnya tidak menyebabkan kanker payudara. Bahkan menurut dr. Febriansyah, SpOG, kedua hal tersebut justru tidak berhubungan. 

Ia mengatakan bahwa perempuan boleh saja menggunakan bra ketika tidur asalkan bra yang dikenakan tidak berkawat. Mengapa? Penggunaan bra berkawat ketika tidur akan membuat tekanan pada payudara sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar inilah yang kemudian akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. (sumber: www.yahoo.com)

Menurut dr. Utami, salah satu dokter di sebuah Puskesmas di Bekasi yang saya wawancarai, penggunaan bra ketika tidur tidak serta merta menjadi penyebab utama terjadinya kanker payudara. Penggunaan bra yang ketat dan berkawat saat tidur bisa menimbulkan adanya benjolan-benjolan kecil di payudara karena adanya tekanan. 

Benjolan tersebutlah (biasanya merupakan kelenjar lemak yang membengkak karena tekanan kronis) yang merupakan salah satu pemicu munculnya kanker payudara bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk mengidap kanker, sedangkan untuk mereka yang tidak memiliki kecenderungan (salah satunya dari faktor genetika) kemungkinan tersebut kecil, dan benjolan tersebut dapat hilang secara berangsur-angsur.

Tidur adalah saat di mana kita mengistirahatkan tubuh serta pikiran kita seusai melakukan berbagai macam aktivitas seharian. Maka dari itu, tubuh harus benar-benar dalam keadaan nyaman dan rileks sehingga kita bisa mendapatkan istirahat yang benar-benar istirahat dan membuat kita lebih segar ketika bangun pada pagi hari. 

Menggunakan sesuatu yang ketat, dalam hal ini pakaian dalam, akan membuat tubuh kita kurang nyaman sehingga tidak dapat beristirahat secara maksimal. Maka sebaiknya hindari hal tersebut, agar selain melancarkan peredaran darah, kita mampu bangun dalam keadaan segar bugar dan dapat beraktivitas dengan baik keesokan harinya.

Rena Widyawinata

/rennwidy

TERVERIFIKASI

Live what you love. But Love what you Live is the most important and hardest thing to learn and do. Visit my blog at: www.spicesofmind.blogspot.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana