5 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

18 Mei 2017 07:43:19 Diperbarui: 18 Mei 2017 08:26:21 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
5 Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan
image credit: sitkes.com

Semangka memiliki manfaat yang beragam. Baik itu dalam menjaga kesehatan maupun untuk kecantikan. Buah ini penting untuk membantu kelancaran metabolisme pada tubuh.

Pada artikel kali ini kami akan lebih banyak membahas tentang manfaat segi kesehatan.

Apa saja kandungan pada semangka

Buah ini termasuk anggota dari family Cucurbitaceae botani dalam klasifikasi. Kandungan semangka yang dipotong dadu dengan berat 152 gram bisa memiliki kandungan sebagai berupa 43 kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram natrium, dan 1 gram serat.

Dengan menikmati secangkir semangka akan memberikan nutrisi berupa vitamin A 17%, vitamin C 21%, zat besi 2% dan kalsium 1% yang cukup untuk kebutuhan seharian. Nah kandungan nutrisi yang banyak menyebabkan semangka termasuk buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ulasannya.

Sebagai Anti aging atau penuaan dini

Dengan kandungan likopen, vitamin A dan C bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang berbahasa bagi kulit kita. Kulit yang terpapar matahari secara langsung akan menghasilkan garis-garis halus pada kulit.

Mencegah Sariawan

Rongga mulut yang kering akan menyebabkan berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan sariawan. Dengan memakan semangka dalam mencegah perkembang biakan bakteri dengan kandungan air dan vitaminnya.

Baik untuk Ginjal

Buah semangka mengandung kalium yang memiliki manfaat untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal manusia sehingga beban kerja ginjal akan berkurang.

Nyeri Otot

Atlet yang mengkonsumsi buah semangka akan terbantu dalam pemulihan pasca latihan. Asam amino L-citrulline pada semangka dipercaya olehg para ahli yang memungkinkan hal ini.

Sebagai Obat Kuat Alami

Nah yang satu ini pasti banyak digandrungi pria jantan sejati :). Ternyata dengan mengkonsumsi buah semangka dapat mengobati atau paling tidak mengurangi resiko impotensi. Dr. Bhimu Patil adalah orang menemukan hal ini sebagaimana dipublikasikan di sciencedaily salah satu web berita tentang sains.

Demikian artikel kami kali ini tentang manfaat kesehatan dari buah semangka. Kami sarankan agar bisa lebih banyak menikmati manfaat buah ini untuk melakukan proses budidaya sendiri, sebagai petunjuk kami rekomendasikan untuk membaca panduan cara menanam semangka. Web yang menyajikan berbagai info seputar Budidaya.

See you!

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL kesehatan

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana