Hikmah Puasa Sebagai Cara Mengobati Diabetes

13 Juni 2012 05:09:18 Dibaca :

Dalam sebuah kisah disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah diberi seorang ahli pengobatan atau dokter oleh raja Muqauqis dari Iskandariyah. namun, hadiah tersebut dkembalikan lagi oleh Nabi karena pada saat itu jarang sekali umat islam mengalami sakit. sabda Nabi pada saat itu kepada dokter Orang-orang islam adalah kaum yang tidak makan kalau belum lapar, dan makan sesuatu tidak sampai kenyang .
mendengar sabda Nabi tersebut sang dokter tercengang lalu melaporkan kepada raja bahwa Nabi Muhammad SAW telah mengetahui cara menjaga kesehatan serta mengajarkan kepada kaumnya mengenai prinsip prinsip menjaga kesehatan.

Karena saat ini umat islam tidak mengamalkan sabda Nabi tersebut jadi meskipun belum lapar, mereka sudah kenyang.akibatnya, timbul berbagai macam penyakit diantaranya adalah penyakit diabetes karena kesalahan dalam pola makan.
Obesitas atau kegemukan karena kesalahan dalam pola makan mengakibatkan gangguan kerja insulin dan karena jumlah konsumsi makanan tersebut terlampau banyak, sehingga cadangan gula darah yang disimpan didalam tubuh sangat berlebihan.sekitar 80% penderita diabetes adalah orang yang tergolong gemuk.

Manfaat dan hikmah puasa bagi kesehatan telah banyak dibuktikan oleh pakar pakar kesehatan di banyak negara maju, terutama efek puasa sebagai cara mengobati diabetes untuk kesembuhan si penderita.dengan berpuasa, orang-orang yang tanpa terkendali akan lebih pandai dalam berterima kasih kepada Alloh SWT atas nikmat yang tak terhingga jumlahnya dan akan semakin jujur sebab, dalam berpuasa mereka dituntut untuk tidak melakukan makan dan minum selama waktu yang telah ditentukan sehingga pola makan bisa menjadi teratur yang mengakibatkan kadar gula darah bisa menjadi stabil. disamping itu, si penyandang diabetes akan memahami berbagai hal tentang diabetes misalnya cara mengobati diabetes dan mengendalikan emosinya.


Orang yang mempunyai sifat negatif misalnya mudah marah,sering merasa takut dan lainnya akan sangat merugikan terutama penderita diabetes. hal ini dapat diketahui karena ketika sifat ini muncul, maka akan merangsang pengeluaran hormon epinefrin oleh modula kelenjar adrenal dalam jumlah yang banyak.kondisi ini bisa meningkatkan kadar gula dalam darah karena epinefrin mempengaruhi pemecahan glikogen dalam hati,otot menjadi glukosa ( glukogenolisis ), serta menurunkan pengeluaran insulin dari pankreas. hal ini bertolak belakang dari tujuan cara mengobati diabetes yaitu mengontrol gula darah agar tidak tinggi melampaui batas normalnya.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?