Mohon tunggu...
Rahadian Peter
Rahadian Peter Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tugas Sosiologi

22 Agustus 2017   23:36 Diperbarui: 23 Agustus 2017   00:47 627
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Perkenalkan nama saya, Rahadian Peter Mahendra

saya dari SMAN 16 KOTA BEKASI.

Di kesempatan kali ini, saya akan menceritakan sebuah perjuangan saya masuk ke SMA.

                Pada awalnya, saya dan teman teman saya sedang berada di kelas, waktu itu kelas kami sedang tidak ada guru yang mengajar (freeclass), dan tiba tiba walikelas saya datang dan memberikan sebuah kartu, ternyata kartu itu adalah kartu Ujian Nasional. Setelah dibagikan oleh ketua kelas saya, seketika jantungku berdebar debar seperti ada rasa penyesalan tidak belajar lebih giat lagi. Hari itu adalah hari jumat, semua warga sekolah melaksanakan ibadah sholat jumat. Setelah selesai, kepala sekolah memberikan motivasi kepada kita semua dan saya dan teman teman saya dipulangkan lebih cepat dari biasanya. Setelah sampai dirumah, saya langsung mencoba mengerjakan soal soal tryout yang diberikan dari tempat les saya.

                Hari senin pun tiba, saya langsung mempersiapkan diri untuk ke sekolah melaksanakan ujian nasional. Sesampainya di sekolah, saya mencari ruangan yg sudah disiapkan itu, dan ketika saya masuk ke ruangan itu, ternyata sudah banyak teman teman saya yang sudah datang dan mereka pada belajar dengan membawa soal soal tryout yang diberikan oleh guru. Bel pun berbunyi, semua anak deg degan termasuk saya juga, kamipun disuruh baris di depan ruangan masing masing untuk berdoa dan pengarahan sebelum ujian nasional dimulai. Ujian nasionalpun dimulai, saat itu pelajaran Bahasa Indonesia, mungkin pelajaran ini agak sedikit mudah dibanding pelajaran yang lainnya seperti IPA, MTK, dan Bahasa Inggris. Saya sangat deg degan sekali saat mengerjakan itu semua, namun Alhamdulillah ujian nasional hari pertama lancar, dan saya pulang untuk mempersiapkan semuanya untuk ujian nasional hari kedua.

                Hari kedua giliran pelajaran Bahasa Inggris,saya kaget melihat soalnya karena sanat berbeda dari soal soal ryout sebelumnya, namun saya terus berusaha untuk mengejakannya, dan Alhamdulillah, hari keduapun lancar. Sekarang giliran hari ketiga, yaitu pelajaran Matematika, ya matematika termasuk pelajaran yang saya tidak sukai, dari 40 soal yang diberikan, mungkin hanya sekitar 70% yang saya kerjakan sendiri, sisanya adalah hasil feeling saya hehe. Dan inilah hari terakhir, yaitu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, ya seperti yang kalian ketahui, MTK saja saya tidak suka apalagi IPA gitu, semua pun dimulai ada rasa senang karena ini sudah hari terakhir, namun juga ada rasa sedih karena banyak soal yang tidak begitu saya mengerti. Ujian nasional pun selesai, dan kami disuruh berkumpul dilapangan untuk briefing soal perpisahan.

                Setelah perpisahan selesai, saya menunggu info dari wali kelas saya soal pengumuman nem itu, saya sangat tidak sabar namun saya juga deg degan nunggunya.   Dan akhirnya, wali kelas saya mengirim pengumuman nemnya lewat grup Line dalam bentuk pdf, dan sayapun tidak sabar membukanya, ketika membuka itu, saya kaget nem saya hanya 278.5 ,saya sangat sedih melihatnya, tetapi setelah melihat nem teman teman saya yang lain, ternyata nem saya termasuk nem tertinggi kedua di kelas saya, karena nem tertinggi dikelas saya hanya 28 sekian, saya menjadi bangga seketika setelah melihat itu, dan saya melihat nem teman teman saya yang lainnya, ternyata nem tertingginya adalah 34 sekian.

                Setelah berhari hari saya menunggu hari pendaftaran dan akhirnya pun tiba, sayatidak langsung mendaftar di hari pertama karena saya melihat passing gradenya dahulu, saya daftar di SMAN 16 BEKASI di hari ketiga yang dimana nem terendahnya sudah mencapai 22 sekian, saya pun daftar dan malamnya nama saya sudah berada di PPDB Online, ternyata saya urutan ke 52, saya masih senang melihatnya, hari demi hari terus berganti dan posisi saya semakin menurun, dan di detik detik terakhir saya sangat deg degan karena posisi saya sudah ke-109, dan ditutuplah PPDB Online tersebut, ternyata saya lolos di urutan 109, saya sangat bangga sekali bias lolos, dan saya langsung pergi ke SMA 16 BEKASI untuk melihat pengumuman pengumuman lainnya. Sudah sampai di SMAN 16 BEKASI, saya langsung memfoto semua pengumumannya ,dan besoknya langsung saya kumpulkan data data yang disuruh kumpulin itu. Dan saya menjalani berbagai tes untuk masuk ke SMAN 16 BEKASI tersebut, dan Alhamdulillah saya bisa mengerjakannya.

Sekian cerita perjuangan saya masuk ke SMA favorit saya,

Mohon maaf bila ada salah kata,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun