Mohon tunggu...
RAFI HADIL
RAFI HADIL Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perjuangan Masuk SMAN 16 Bekasi

20 Agustus 2017   10:42 Diperbarui: 20 Agustus 2017   10:42 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Assalamualaikum wr.wb, nama saya Muhammad Rafi Hadil, asal sekolah saya dari SMPIT Raudhatul Muttaqin, dari awal sebenarnya saya sudah ingin masuk ke SMAN 16.

Ya karena ingin masuk negeri, saya harus belajar serius dikelas 9, ya tapi namanya juga anak cowo susah buat fokus jadi nilai saya sedikit terseak-seok di pelajaran MTK dan IPA.

Ya untungnya guru MTK saya galak, jadi gara-gara takut saya bisa fokus, walaupun kadang-kadang saya tidak mengerti sama yang diajarkan guru saya, tapi karena takut saya jadi semangat untuk belajar MTK.

Alhamdulillah-Nya juga Wali Kelas saya guru Ilmu Pengetahuan Alam, jadi dia suka memberi pembelajaran khusus untuk kelas saya jadi kami anak didiknya tidak terlalu khawatir dalam Ujian Nasional pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Walaupun ada rasa resah kalau NEM-Nya kecil makannya saya jadi deg-degan, karena itu saya meminta guru saya mengajari saya pelajaran Fisika.

Setelah belajar selama 6 bulan lebih yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu ujian nasional, perasaan saya ada senang-nya  ada juga deg-degan nya soalnya saya takut kalau dapat nilai jelek, kalau senang-nya saya sebentar lagi akan lulus SMP dan berlanjut ke SMA, tapi saya sudah pasrah kepada Allah SWT.

Kebetulan sekali hari pertama Ujian Nasional adalah Matematika, tapi saya bersyukur karena sebelum Ujian Nasional karena ada minggu tenang selama lima hari, jadi saya bisa mempersiapkan diri untuk pelajaran Matematika, tapi saya tetap saja takut soalnya nilai Matematika saya belum pernah diatas 70, tapi saya bebaik.rserah diri kepada Allah SWT.

Ke-esokkan harinya Pelajaran Bahasa Indonesia, ini merupakan pelajaran yang saya takuti, karena Bahasa Indonesia itu soalnya cukup panjang, saya takut waktunya tidak terkejar apalagi saya suka tertidur di kelas saat pelajaran Bahasa Indonesia dan akhirnya Alhamduillah waktunya cukup, walaupun pas-pasan tapi saya dapat menyelasaikan dengan baik

Ke-esokannya lagi adalah Pelajaran Bahasa Inggris, untuk dapat memahami setiap soal, dimalam harinya saya menghafal vocabulary supaya bisa mengerti setiap soal, biasanya kalau Bahasa Inggris suka ada arti yang saya tidak mengerti. Akhirnya saya berangkat ke sekolah sambil menghafal vocabulary yang ada di kamus, sesampainya saya di sekolah saya langsung berdiskusi dengan teman saya, tidak lama berdiskusi bel masuk pun berdering saya dan teman-teman masuk ke dalam kelas.

Alhamdulillah Bahasa Inggris dapat saya kerjakan dengan baik, lalu setelah Ujian Bahasa Inggris, kami libur selama tiga hari. Waktu itu saya manfaatkan untuk belajar IPA selama tiga hari, setiap satu hari saya belajar satu buku paket dari kelas tujuh hingga kelas sembilan, saya menghafal sebanyak mungkin yang saya bisa untuk pelajaran biologi, untuk pelajaran fisika saya diberi soal oleh wali kelas saya agar saya benar-benar siap untuk Ujian Nasional pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Akhirnya Ujian Nasional Ilmu Pengetahuan Alam dimulai, ini satu-satunya pelajaran yang saya sangat percaya diri namun nilai IPA saya yang paling rendah diantara tiga mata pelajaran yang lain.

Setelah UN, sekolah kami melakukan perpisahan lalu dilanjutkan dengan acara wisuda. Saat wisuda nilai UN pun dibagikan, saya cukup puas dengan nilai yang saya dapat, lalu saya mendaftar ke SMAN 16 lewat jalur akademik saya berharap saya bisa diterima di SMAN 16 dan akhirnya saya diterima di SMAN 16, saya bersyukur karena saya bisa diterima di sekolah ini, saya berharap dapat menjadi baik di seekolah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun