Putra Nakal
Putra Nakal

Belajar memahami tahap demi tahap kehidupan yang kulewati. Banyak salah dan khilaf disana. Adakah Engkau memberi ampunan untukku Ya Rabb?

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

3 Cara Dalam Memilih Rental Mobil

29 April 2013   03:00 Diperbarui: 11 November 2016   20:53 1556 1 3

Berikut 3 cara  dalam memilih Rental Mobil yang Benar


Kadang bukan masalah yang mudah dalam memilih rental mobil. Agak sedikit gampang-gampang susah. Apalagi semua perusahaan rental mobil biasanya menawarkan fasilitas yang hampir sama, harga yang murah, diskon dan sebagainya. Namun ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan seringkali kita abaikan yaitu masalah service atau pelayanan. Banyak dari kita yang mengacuhkan masalah pelayanan. Dan parahnya, kita sering terjebak pada alasan klasik yaitu harga yang sedikit murah. Karena masalah harga sewa yang beda 5 sampai 25 ribu per hari, ujung-ujungnya apa yang kita dapatkan adalah pelayanan yang kurang memuaskan.


Saya menulis artikel tentang cara memilih rental mobil ini berdasarkan pengalaman pribadi. Ceritanya ketika suatu saat saya booking mobil pada salah perusahaan sewa mobil Surabaya. Awalnya waktu saya hubungi, pihak marketing mereka bilang "harga rental mobil mereka paling murah" (emang bener sih). Deal harga dan akhirnya saya transfer. Masalah muncul ketika saya dijemput di Bandara Juanda Surabaya esok harinya. Driver yang menjemput saya berambut gondrong memakai jaket jeans kumal dan bersendal. Karena terburu-buru ketemu client, saya mencoba untuk tenang dan tidak komplain. Begitu masuk mobil, betapa kagetnya dengan aroma di dalam mobil. Pengap dan sedikit amis. Selidik punya selidik ternyata dibagian lipatan jok terdapat kulit telur asin berserakan. Spontan saja saya tanya ke pak supir, "Pak, apa mobilnya belum dicuci? Kok ini ada kulit telur asin berserakan." Dengan muka kaget pak supir sigap membersihkannya. Akhirnya saya hubungi pihak rental dan mengeluhkan semua yang saya alami. Tapi, penjelasan yang saya terima dari pihak rental mobil di itu sungguh di luar dugaan.


"Harap maklum pak, khan harga sewa mobilnya sudah sangat murah dibanding rental mobil yang lain! Jadi mohon dimaklumi kalau ada sedikit yang kurang memuaskan" Dienk, serasa mulut dikunci. Saya tidak habis pikir dan jadi malas melanjutkan pembicaraan dengan pihak pemilik rental mobil tersebut.


Coba anda bayangkan, apa artinya mendapatkan harga sewa mobil murah tapi pelayanannya amburadul?


Belajar dari pengalaman tersebut, akhirnya saya berinisiatif memberikan sedikit tips dalam menyewa mobil. Berikut tipsnya:

3 Cara saat menyewa mobil dengan tepat dan benar


Pilih Rental Mobil yang Terpercaya


Menggunakan jasa penyedia mobil sewa yang terpercaya serta memiliki kredibilitas terutama layanan service 24 jam. Hal ini perlu karena dapat memberikan solusi yang cepat jika terjadi sesuatu dengan kendaraan yang di sewa. Kemudian ketahui secara pasti fasilitas apa yang diberikan seperti driver yang profesional (hati-hati, kadang mereka meng-hire supir bemo untuk menjadi driver freelance), asuransi hingga ketersediaan mobil yang diminta.

Cek Mobil Yang Akan Digunakan


Pilihlah kendaraan yang memiliki data historis perawatan secara berkala agar anda benar-benar mengetahui kondisi mobil. Untuk mengetahui data tersebut bisa ditanyakan kepada pihak pengelola car rental. Pastikan juga untuk memilih kendaraan dari keluaran tahun terbaru selain kenyamanan yang akan anda dapat juga biasanya kondisi mesin tidak terlalu rusak.

Tentukan Mobil Sesuai Kebutuhan


Satu hal lagi, tetap menyesuaikan dengan dana yang telah anda lokasikan. Jangan keburu nafsu memilih mobil yang tidak menyuplai segala kebutuhan anda. Misalnya, memilih city car dibandingkan dengan mobil jenis bus padahal jumlah penumpang yang anda bawa banyak. Tentu bukan merupakan pilihan yang bijak bukan?


Selain ketiga unsur yang telah dijabarkan secara lugas, ada baiknya anda melakukan diskusi dengan pihak rental mobil. Dengan begitu, perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti. Semoga 3 Tips Dalam Memilih Rental Mobil diatas dapat bermanfaat.