koko anjar
koko anjar

Seorang penikmat senja dengan segala romantikanya. Menyukai kopi dan pagi sebagai sumber inspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Menunggu Realisasi Janji Anies-Sandiaga untuk Persija

20 April 2017   10:17 Diperbarui: 21 April 2017   00:29 73 1 0
Menunggu Realisasi Janji Anies-Sandiaga untuk Persija
source : http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Meski belum diumumkan secara resmi dari KPUD DKI, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno hampir dipastikan memimpin Jakarta untuk 5 tahun kedepan. Hal itu dipastikan setelah pasangan ini berhasil mengungguli pasangan Ahok-Jarot versi perhitungan cepat atau quick qount berbagai lembaga survey. Beragam ucapan selamat pun langsung berdatangan, salah satunya dari pemilik Persija Jakarta, Gede Widiade. 

"Saya atas nama Persija mengucapkan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur yang terpilih" kata Gede Widiade dikutip dari Superball.id

Dengan terpilihnya Anis-Sandi, harapan dan optimisme warga Jakarta dengan janji-janji yang diucapkan selama kampanye pun bertambah besar. Salah satu janji tersebut adalah membuat stadion bertaraf internasional untuk Persija. Tidak tanggung-tanggung, acuan taraf internasional tersebut memiliki spesifikasi rumput seperti di Old Traffod, serta kursi seperti Allianz Arena Jerman. Jelas itu merupakan angin segar bagi Jakmania. Sebab saat ini Persija belum memiliki stadion sendiri untuk menjalani partai kandang.

Sebelumnya Persija sempat menggunakan stadion Menteng untuk menggelar laga kandang. Seiring bertambah besarnya Persija, klub tersebut pun memutuskan untuk menggunakan Stadion Lebak Bulus sebagai homebase. Sayangnya, kapasitas stadion Lebak Bulus yang tergolong kecil akhirnya membuat manajemen Persija kembali memindahkan homebasenya, yakni ke stadion GBK. Tujuannya jelas, kapasitas GBK yang besar diharapkan mampu menampung animo the Jakmania yang terkenal sangat fanatik itu. Akan tetapi, renovasi GBK dalam rangka persiapan Asian Games 2018 mau tak mau harus membuat Persija kembali menjadi tim musafir yang harus "meminjam" stadion lain untuk digunakan sebagai homebase. 

Stadion Manahan di kota Solo sering kali menjadi tempat Persija untuk menggelar laga kandang saat mereka berlaga di TSC A tahun lalu.. Khusus untuk Liga I tahun ini, Persija tidak lagi menggunakan stadion tersebut. Jarak yang terlalu jauh disinyalir menjadi penyebab utamanya. Hal itu jelas akan mempengaruhi jumlah supporter yang datang. Bermain home tapi berasa away. Begitulah kira-kira yang dirasakan Jakmania selama satu tahun ini. Untuk itulah, Gede Widiade mengajukan permohonan kepada Pemkab Bekasi agar Persija diizinkan unuk menggunakan stadion Patriot sebagai homebase. Selain Persija, PS TNI juga menggunakan stadion tersebut untuk menggelar laga kandangnya.

rancangan stadion untuk Persija. Source : kompas.com
rancangan stadion untuk Persija. Source : kompas.com

Meskipun sudah memiliki stadion yang lokasinya dekat dengan Jakarta untuk homabase, tetapi jelas masih ada perasaan "numpang" yang tertanam di dalam hati Persija dan Jakmania. Karena itu, harapan kepada pemimpin baru Jakarta tersebut untuk membangun "rumah" bagi Persija sangat besar. Pernyataan akan membangunkan stadion untuk Persija itu dilontarkan Sandiaga Uno di Perintis Futsal, Cakung 17 November 2016 lalu. Dia menyatakan bahwa di stadion itu nantinya tidak hanya untuk sepakbola saja, tapi juga atletik, jogging, bahkan taman. Tentu saja kalau benar-benar terealisasi, maka Persija akan menjadi klub yang sangat mewah, sebab selain kebanggan ibukota, klub tersebut memiliki stadion bertaraf internasional yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga lain.

Semoga saja apa yang dijanjikan saat kampanye dulu akan direalisasikan, agar pemberitaan tentang Persija nanti bukan melulu soal "mau main di stadion mana" akan tetapi berganti menjadi " kemegahan stadion baru Persija.