HIGHLIGHT

Fundraising untuk Muslim Tuna Netra

08 Februari 2010 12:58:00 Dibaca :

Saya mendapatkan sebuah email yang sedang melakukan fundraising untuk membantu para tuna netra yang beragama Islam untuk bisa membaca Kitab Suci Al-Quran. Artikel ini sekedar membantu kaum difable untuk mendapatkan haknya pintar membaca kitab suci berdasarkan agamanya masing-masing. Berikut isi email dimaksud:


Sebagai Muslim, tanpa terkecuali, mustahil untuk berlepas diri dari Al-qur'an. Karena inilah satu-satunya cara agar bisa tetap berada di jalur yang tepat. Hingga kebahagiaan di dunia maupun di akherat yang senantiasa didoakan benar-benar bisa diraih. Hal ini tidaklah terasa begitu sulit bagi mereka yang masih diberi amanah untuk bisa menikmati lekukan-lekukan indah hijaiyyah dengan penglihatannya. Lalu bagaimana bagi mereka yang sudah diambil amanah itu ?



Alhamdulillah, sekarang sudah ada mushaf Al-qur'an dalam format huruf hijaiyyah Braille. Hingga salah satu kendala itu mulai dirasakan sudah agak berkurang. Dengan adanya Al-qur'an dalam format Hijaiyyah Braille ini, para penyandang tunanetra mulai bisa mengakses Al-qur'an dengan lebih mudah. Dengan jemarinya, para penyandang tunanetra mulai bisa menikmati keindahan kalamullah ini.

Satu tantangan yang insya Allah akan semakin memperkuat ukhuwah kita adalah kenyataan bahwa jumlah Al-qur'an Braille yang beredar belum sebanding dengan populasi tunanetra yang ada. Menurut catatan Dinas Sosial, tunanetra di Indonesia adalah 1,5% dari total penduduk Indonesia. Jadi diperkirakan jumlah tunanetra di Indonesia sekitar 3 juta orang, jika 80% dari mereka adalah muslim, maka 2,4 juta adalah kaum muslimin, sedangkan Al-qur'an Braille yang sudah dicetak di Indonesia belum sampai 20 ribu set.

Berapa tunanetra muslim yang belum memiliki Al-qur'an Braille ?
Selain itu, mushaf Al-qur'an Braille memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan mushaf Al-qur'an yang biasa kita gunakan. Jika mushaf Al-qur'an biasa beratnya tidak sampai 1 kg, maka mushaf Al-qur'an Braille beratnya 22 kg. Jika ketebalan mushaf Al-qur'an biasa 5-10 cm, maka mushaf Al-qur'an Braille 100 cm.

Jika dengan Rp. 60.000,00 (enam puluh ribu rupiah) kita sudah bisa mendapatkan mushaf Al-qur'an biasa yang cukup bagus lengkap 30 (tiga puluh) juz. Dengan harga yang sama, saudara-saudara kita yang tunanetra hanya akan mendapatkan 1 (satu) juz Al-qur'an Braille, itu pun harus pesan karena tidak dijual bebas.

Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama muslim, agar setiap muslim mampu mengakses Al-qur'an pedoman hidup kita, maka Come_unity – Komunitas Sahabat Mata memberikan kesempatan kepada kaum muslimin, para pecinta Al-qur'an, untuk bersama-sama menggalang amal sholeh dalam upaya pemberantasan buta aksara hijaiyyah Braille.

Bagaimana caranya ?
Dengan Rp. 60.000,00 (enam puluh ribu rupiah) kita sudah bisa membantu saudara-saudara yang tunanetra untuk mendapatkan 1 (satu) juz Al-qur'an Braille. Subhanallah. Ya Allah kuatkanlah bahu hamba-Mu ini agar bisa mewujudkan harapan yang indah ini. Amin. Jika anda ingin berpartisipasi dalam Program Pengembangan aksesibilitas terhadap Mushaf Al-qur'an bagi Mereka yang Berkebutuhan Khusus ini silakan kontak kami.

Come_unity
Komunitas sahabat Mata

Sekretariat :
Griya arofah lt. 2 Kp. Wotprau no. 23 telp. (024) 7025 3095 Semarang.

Pusat kegiatan :
Rumah Sahabat, Jatisari Indah D1 no. 11 Perum Bukit Jatisari Mijen Semarang telp. (024) 7092 0101 atau (024) 7056 4090 atau 08112713834

Pondok Pesantren Tahfidz Al-qur'an `Sahabat Mata' (khusus tunanetra) :
Jatisari Asabri D6 no. 35 Perum Bukit Jatisari Mijen Semarang

Rekening :
Bank Muamalat cabang Semarang
a.n. Basuki no. rek. 601 923 913 7339699
Email : kontak@jalancahaya. org
http://www.jalancah aya.org

Muslimin Beta

/primus74

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang pemulung ilmu yang tinggal di SWIS (Sekitar Wilayah Sudiang),Makassar. Penggemar Sepakbola, blogger, peneliti, aktivis NGO, punya bisnis jaringan dan seorang citizen reporter yang berafiliasi pada organisasi Aliansi Penulis-Pewarta Warga Indonesia (APPWI), www.appwi.wordpress.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?