Melihat Jakarta dengan Kacamata Data

12 Juli 2017   14:23 Diperbarui: 13 Juli 2017   09:38 209 0 0

Mau melihat Jakarta lebih detail? 

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini menuntut setiap lembaga pemerintahan untuk menerapkan keterbukaan informasi publik. Termasuk  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah meluncurkan portal open data sebagai sarana informasi kepada masyarakat luas khususnya warga Jakarta untuk melihat setiap kinerja pemerintahan.

Saat ini portal open data  memiliki 1.035 dataset yang tentunya bisa diakses untuk di manfaatkan  sebagai sarana informasi ataupun untuk diolah sebagai penunjang data yang dibutuhkan. Informasi yang ada meliputi data-data setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) yang ada  di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Open data berarti membuka data kepada masyarakat luas khususnya warga Jakarta, tentunya bukan informasi yang bersifat privat atau rahasia negara, sehingga masyarakat bisa melihat, memantau, mengawasi kinerja pemerintahan.

Pelaksanaan opendata inipun tertuang di PERGUB No. 175 Th 2016 tentang layanan informasi publik, portal open data Jakarta ini merupakan portal open data pertama di Indonesia untuk kategori pemerintah tingkat provinsi setelah sebelumnya Pemerinah Indonesia juga meluncurkan Portal Satu Data Indonesia.

Data yang ingin dicari misalnya tentang jumlah RT RW di Jakarta atau informasi tentang jumlah siswa dan guru SMP di Jakarta bahkan informasi tentang data lokasi tawuran di Jakarta lengkap tersedia di portal ini.

Hanya saja dengan keterbukaan ini kita tetap harus waspada karena ada juga pihak-pihak yang menggunakannya untuk hal yang tidak baik. Dan akhirnya keterbukaan yang sudah dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta ini patut diacungi jempol karena dengan konsep keterbukaan informasi ini berarti pemerintah DKI Jakarta berani transparan menghindari kecurigaan pada praktek pemerintahan.

Untuk lebih lanjut anda juga bisa berkunjung ke :

Portal Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt. 2 Jakarta Indonesia

Telp. +62 21 382 3252 / 382 3361; Fax. +62 21 382 3252; Email : datin@jakarta