Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Pegawai Negeri Sipil

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Bali United Pecundangi MU dan Kudeta Puncak Klasemen Liga 1

14 Agustus 2017   09:56 Diperbarui: 14 Agustus 2017   10:08 248 2 0
Bali United Pecundangi MU dan Kudeta Puncak Klasemen Liga 1
Bali United Pecundangi MU dan Kudeta Puncak Klasemen Liga 1 (sumber gambar: bola.com)

Ahad 13 Agustus 2017, Kapten I Wayan Digta Stadium Gianyar Bali menjadi saksi bisu duel bight match penghuni posisi lima Bali United versus pemuncak klasemen sementara Madura United dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 pada pekan ke-19 Liga 1 2017. Wasit asal Australia Shaun Evans duel kembali dipercaya memimpin duel sengit tadi malam.

Sejak kick off babak pertama dimulai Bali United langsung tampil menekan kubu Madura United. Akan tetapi tim tamu juga melakukan perlawanan dengan mencoba mengobrak-abrik pertahanan Bali United. Upaya tuan rumah akhirnya berbuah manis. Pada menit ke-6 babak pertama, Nick van der Velden (VDV) melepaskan tendangan keras ke gawang MU yang dikawal Herpras usai menerima umpan jauh Fadil Sausu yang gagal melakukan jebakan off side. Skor pun berubah 1-0.

Tersengat satu gol, Madura United mencoba meningkatkan serangan. Sepakan Greg Nwokolo yang menerima umpan silang mendatar Bayu Gatra masih bisa ditangkap dengan baik oleh I Made Wardana.

Justru kubu Bali United yang kembali mampu mencetak gol pada menit ke-14. Adalah Sylvano Comvalius yang kali ini membobol gawang Madura United dengan sundulannya, menyambut umpan sepak pojok Fadil Sausu. Skor kembali berubah 2-0.

Dua gol tersebut semakin menambah kepercayaan diri para serdadu Tridatu. Pada menit ke-22, Bali United kembali menambah gol lewat sepakan penalti. Sylvano Comvalius yang ditunjuk sebagai algojo sukses menghujamkan gol ala paninka membuat skor menjadi 3-0.

Kubu tamu memperkecil kedudukan pada menit ke-37 melalui sepakan penaltinya Fabiano Beltrame, untuk mengubah skor menjadi 3-1. Pertandingan semakin berjalan menarik. Kedua tim saling melakukan jual-beli serangan. Namun tak ada lagi gol tambahan yang tercipta, skor 3-1 mengakhiri babak pertama.

Babak kedua berlangsung seru, baik Bali United  maupun Madura United sama-sama ngotot mencetak gol. Pertarungan semalam tak ubahnya pertemuan tim satu kota antara Manchester City ketemu Manchester United, dimana pada setiap laganya selalu menyajikan pertandingan keras, namun tetap mengutamakan sportivitas sepakbola.

Meski sempat tertekan, Bali United justru kembali mampu memperbesar keunggulan menjadi 4-1 lewat sepakan penaltinya pada menit ke-63, Comvalius membobol gawang Hery sekaligus hat-tricknya di laga ini, sekaligus menorehkan top skor dengan perolehan 16 gol. Tidak berhenti sampai disitu pesta gol MU, I Gede Sukadana menambah jumlah gol tuan rumah menjadi 5-1 menit ke-66.

Madura akhirnya memperkecil kedudukan lewat gol Bayu Gatra pada menit ke-83. Skor kembali berubah menjadi 5-2. Jelas terlihat tanpa kehadiran Peter Odemwinge dan Greg Nwokolo pasukan Sape Kerap tersungkur dalam menjalani laga lawatannya di Bali. Kemenangan besar ini merupakan kesuksesan pelatih Widodo C. Putro yang didepak oleh Managemen Sriwijaya FC. Bali United berhasil mengudeta Madura United dari puncak klasemen.

Makassar, 14 Agustus 2017