Hindari Timbulnya Jerawat pada Masa Kehamilan

18 Mei 2017   11:32 Diperbarui: 18 Mei 2017   12:18 7 0 0
Hindari Timbulnya Jerawat pada Masa Kehamilan
24873965-by-megapixl-591d2e8ed89373eb20d2ed81.jpg

Selama kehamilan, perubahan kulit dapat saja terjadi, baik kulit menjadi semakin halus ketika Anda hamil atau pun sebaliknya, kulit Anda bisa menjadi berjerawat. Semua itu tidak lain disebabkan oleh reaksi produksi hormon yang terjadi pada tubuh Anda selama mengandung. Lantas, kiat apa yang dapat dilakukan untuk menghindari hadirnya jerawat di masa kehamilan? Berikut beberapa tips untuk Anda.

Tidak menyentuhnya

Mengatasi jerawat dengan jari-jari dapat meninggalkan bekas dan kulit Anda menjadi terinfeksi.

Hindari make up

Ada baiknya Anda mengurangi porsi pemakaian make up. Penggunaan make up dan alat kosmetik lainnya dapat menutup pori-pori di wajah Anda dan menyebabkan meningkatnya resiko timbulnya jerawat. Apabila terpaksa, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air.Memecahkan, menggaruk maupun peeling dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kondisi wajah Anda yang berjerawat tambah memburuk. Gunakanlah payung untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Bersihkan wajah

Gunakan pembersih wajah mild cleanser atau pembersih wajah ringan yang cocok dan aman bagi ibu hamil. Namun, kurangi penggunaan sabun yang berlebihan. Anda dapat menggunakan air hangat saat membersihkan dan membilasnya, lakukan dengan lembut saat mengusap wajah.

Gunakan produk alami

Selama masa kandungan, Anda tentu akan dilarang dokter untuk menggunakan berbagai produk berbahan kimia. Selain berbahaya untuk janin Anda, produk berbahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi. Oleh karenanya, beberapa bahan alami dapat Anda gunakan untuk meredakan jerawat yang meradang saat Anda hamil diantaranya masker dengan putih telur, apel, madu, coconut oil dan lain sebagainya.

Ikatlah rambut

Kondisi rambut yang kotor seringkali tidak Anda sadari. Jika rambut Anda sering terpapar ke wajah, ubahlah gaya rambut Anda sehingga tidak mengenai wajah.

Tidur yang cukup

Wanita hamil umumnya akan cepat lelah ketika beraktivitas. Kelelahan dan timbulnya stress dapat membuat kondisi kulit ikut memburuk. Segera miliki waktu tidur Anda dan istirahat yang cukup agar wajah terlihat segar kembali.

Minum air putih

Selain dapat membantu membersihkan dari dalam, asupan air putih yang cukup juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit Anda.

Konsultasikan pada dokter

Jika keadaan sudah terlalu memburuk segera konsultasikan pada dokter mengenai penggunaan obat anti jerawat dan lain sebagainya.