PILIHAN

Penyebab C.A.U Pada Aplikasi BBM di Android

21 April 2017 18:50:00 Diperbarui: 21 April 2017 19:23:47 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Penyebab C.A.U Pada Aplikasi BBM di Android
ice cold jellynoid

Para pengguna android mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata CAU (Complete Action Using) keika hendak membuka aplikasi di android. 

Apakah fungsi Complete Action Using itu ?

Complete action Using berfungsi untuk membuka suatu file baik berupa foto, audio video, aplikasi mentahan (Apk), menunjukan Link pada browser android dan lain-lain sebagainya. Untuk memilih pengaturan Defaultnya dapat disetting dengan masuk ke pengaturan -> aplikasi -> pilih aplikasi lalu clear default.

Namun setiap hp android mempunyai bahasa yang berbeda-beda dalam menampilkan pertanyaan tentang Complete Action Using untuk membuka suatu file, ada yang memberi peringatan dibawah aplikasi dengan tulisan Remember my choice dan mencentrangnya pada aplikasi yang akan dipilih, namun ada juga yang memberikan peringatan Always dan Just Once pada aplikasi yang akan dipilh.

Lalu bagaimana bila pesan Complete Action Using itu terjadi pada sebuah aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) yang sudah terinstal pada hp android yang sudah di upgrade OS-nya ?

Sedikit bercerita: Masalah seperti ini saya dapati pada hp android ber Os 2.3.6 Atau GingerBread yang telah di upgrade ke Os 4.1.1/4.2.2 atau JellyBean. Sudah hampir 3 tahun saya menggunakan hp samsung yang telah di upgrade ke Os JellyBean dan tidak ada masalah dengan aplikasi BBM nya. Bermula ketika mengirim chat lalu mendapati gambar jam merah (pending) ke kontak yang saya chat, saya anggap hal yang wajar apabila terjadi gangguan seperti itu, beberapa menit kemudian saya gunakan fitur PING dan ternyata tetap pending, lalu saya kirim PING kesemua kontak BBM saya ternyata masih tetap pending, setelah beberapa jam pending itupun tidak berupah menjadi Ceklis ataupun D, meskipun telah melakukan settingan pada APN sim card dan menggunakan wifi serta melakukan clear cache pada aplikasi tersebut.

Dengan clear data dan uninstal aplikasi dan merestart hp dan menginstalnya kembali, berharap masalah tersebut dapat teratasi. Setelah terinstal, saya buka aplikasi BBM dan menunggu tampilan welcome to bbm untuk sign in, ternyata saya mendapatkan peringatan Complete Action Using untuk membuka link dari sebuah browser. Setelah saya pilih browser dan menuju ke link tersebut, ada perintah untuk meng-upgrade bbm dan mendownloadnya, akan tetapi saya tidak bisa mendownload file tersebut, karena hp samsung saya ber Os 2.3.6 yang telah di upgrade ke Os 4.2.2 untuk memperindah tampilan dengan launcher dan melonggarkan ruang memori internal dan system.

Saya mencoba instal aplikasi yang sama berkali-kali tetapi masih tetap mendapatkan peringatan Complete Action Using pilih browser, lalu saya tidak memilih browser satu pun dan mendapatkan layar BBM yang putih polos seperti akan masuk ke tampilan Welcome To BBM, sudah cukup lama saya menunggu, layar putih tersebut tidak kunjung berubah ke tampilan selamat datang di bbm. Saya sangat senang menggunakan aplikasi BBM tipe lama di android saya ini karena tidak memakan banyak memori dan yang terpenting tidak ada iklan yang ditampilkan.

Karena tak kunjung berhasil, saya mencoba flash ulang android saya ke Os awal yaitu 2.3.6, setelah melakukan flash ulang lalu saya menginstal aplikasi BBM, dan ternyata di Os ini BBM berjalan seperti biasanya dengan menampilkan tampilan Welcome To BBM, sign up dan sign in. Setelah login pun tidak terdapat masalah chat normal-normal saja. Hanya saja saya kurang menyukai tampilan Os bawaan 2.3.6 ini. Saya pun melakukan upgrade ke 4.1.1 dan 4.2.2 kembali, berharap BBM bisa normal seperti di Os 2.3.6. dan ternyata saya mendapati masalah yang sama ketika ingin login ke BBM yaitu Complete Action Using. Saya instal BBM yang ICS pun hasilnya tetap sama. Apakah sistem 4.1.1 dan 4.2.2 ini harus menggunakan BBM terupdate sedangkan hp tidak support untuk BBM baru.  

Entah kenapa saya sangat menyukai hp samsung saya yg kecil dan imut dibandingkan dengan Hp android saya yang satunya lagi, mungkin dikarenakan hp ini adalah hp android pertama saya yang saya miliki sebelum maraknya hp ber-OS android seperti sekarang ini. Saya tetap berusaha mencari solusi agar android kesayangan saya ini bisa ber-BBM-an ria lagi dengan dukungan launcher yang lebih menarik lagi. 

Saya mulai melakukan upgrade Os kembali, kali ini saya upgrade ke Os 4.4.4 Kitkat, setelah berhasil upgrade saya mencoba instal aplikasi BBM kembali, dan ternyata berhasil dan dapat login. Setelah itu saya matikan hp saya untuk memasukan Sim Card, dan ternyata setelah dihidupkan dan melalui boot loading, saya mengalami masalah kembali, yaitu tidak bisa masuk ke Home Screen dengan Sim Card terpasang, tetapi masalah ini dapat diperbaiki, dan saya pun bisa menggunakan aplikasi BBM kembali tanpa ada peringatan Complete Action Using ketika hendak login tentunya, dan saya pun mulai mengatur laucher dengan tampilan yang lebih menarik tentunya (tidak membosankan) di hp android kesayangan saya yang kecil dan imut-imut ini istilahnya (biarpun jadul tetapi tetap memberikan kesan).

Mungkin itu sedikit cerita tentang cara mengatasi Complete Action Using pada aplikasi BBM pada hp android yang telah di upgrade Os-nya.


Wasallam

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana