Bangsa Jepang dikenal sebagai bangsa yang mempunyai kebanggan besar pada negaranya. Mereka menganggap bisa bersaing dan sejajar dengan bangsa lain di dunia. Bangsa Jepang juga terkenal mempunyai kecintaan yang tinggi terhadap produk yang dihasilkan negaranya. Mereka yakin bahwa produk bangsa Jepang tidak kalah bahkan lebih tinggi kualitasnya dibandingkan dengan produk dari negara lain.
Karena itu tidak mengherankan jikalau bangsa Jepang mempunyai keberanian dalam bersaing dengan negara-negara lain. Perusahaan-perusahaan Jepang (mulai dari otomotif hingga elektronik) tidak hanya berjaya di negara sendiri tetapi juga ingin menaklukkkan pasar di negara lain. Perusahaan Jepang (seperti Toyota dan Soni) dikenal sebagai salah satu perusahaan terbaik di dunia.
Dalam kaitan ini, menarik untuk melihat bagaimana rasa bangga dan nasionalisme warga Indonesia. Pemimpin politik di Indonesia kerap kali melontarkan permintaan agar penduduk Indonesia cinta terhadap produk dalam negeri. Berbagai program digalakkan, mulai dari kecintaan menggunakan baju batik hingga program yang mewajibkan pegawai pemerintahan menggunakan baju batik di hari-hari tertentu. Kecintaan terhadap produk dalam negeri bisa menjadi pendorong agar mengkonsumsi produk buatan dalam negeri.
Warga yang bangga terhadap Indonesia tampak mempunyai proporsi yang lebih tinggi dalam memilih produk dalam negeri dibandingkan dengan warga yang kurang atau tidak bangga dengan Indonesia.
Maka dari itu mari kita mulai mencintai produk-produk negara sendiri demi kemajuan bangsa kita tercinta BANGSA INDONESIA.