Lebaran Kian Dekat, Cek Kendaraanmu Yuk!

24 Juni 2016   11:20 Diperbarui: 24 Juni 2016   11:28 9 0 0

Tidak terasa lebaran kian dekat, bagi sebagian besar penduduk indonesia momen ini merupakan momen terbaik untuk berkumpul bersama keluarga. tak terkecuali para perantau yang bekerja di ibu kota atau kota-kota besar di seluruh indonesia. Bagi yang tempat bekerjanya tak jauh dari kampung halaman, mungkin akan mudah merayakan lebaran, namun bagi yang merantau jauh dari kampung halaman, ini menjadi momok yang luar biasa tiap tahunnya. 

Sebagian besar mempersiapkan mudik lebaran dengan cara memesan tiket penerbangan, kereta api atau kendaraan umum sejak jauh jauh hari agar tidak kehabisan. Biasanya penyedia maskapai penerbangan hingga menerapkan tarif promo agar lebih memudahkan para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman. Namun bagaimana jika tiket tersebut habis? Mau tidak mau menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan, walau capek mengemudikan kendaraan selama berjam-jam, pilihan ini menjadi salah satu solusi tepat. Apalagi jika ingin membawa seluruh anggota keluarga, maka kendaraan pribadi dapat digunakan untuk berkeliling selama libur lebaran di kampung halaman. 

Namun ada hal-hal yang patut kita siapkan sebelum menggunakan kendaraan pribadi untuk keperluan jarak jauh, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Beberapa cek list untuk mempersiapkan kendaraan anda, sepertinya bisa menjadi salah satu cara jitu agar lebaran anda lebih bermakna.

  1. Pastikan Kondisi Ban Mobil Anda Dalam Kondisi Prima
    Beberapa hal yang sering ditemui menjadi kendala para pemudik adalah ban kendaraan yang pecah. Periksa kembali kondisi ban kendaraan anda. Apakah laik jalan atau tidak. Pastikan juga ban pengganti dalam kondisi prima, agar jika sesuatu terjadi, anda tidak perlu pusing mencari tambal ban.
  2. Periksa spare part mesin kendaraan anda ke bengkel resmi.
    Setiap perjalanan jauh, mesin mengalami sedikit slip. Konsultasikan dengan bengkel resmi tempat anda membeli kendaraan, terkait mesin dan suku cadang dan kondisi kendaraan apakah cukup prima untuk dibawa jalan.
  3. Catat info bengkel terdekat dengan jalur yang anda lewati
    Kecanggihan teknologi, saat ini sudah menjadi sahabat bagi semua manusia. Informasi dengan mudah disajikan dalam genggaman. Maka catat info bengkel terdekat dengan jalur yang anda lalui. Bila perlu, minta rekomendasi bengkel rekanan yang terdekat dengan jalur mudik anda. 
  4. Pastikan Asuransi Mobil anda sudah dibayar
    Hal terakhir, pastikan asuransi anda mampu mengklaim jika terjadi kecelakaan saat mudik. Banyak asuransi yang mengklain bahwa mereka adalah asuransi mobil terbaik untuk menangani masalah kendaraan. Tapi pastikan kembali, bahwa setiap point dalam notulasi menutupi segala kerusakan.

Jadikan momen idul fitri ini sebagai salah satu cara anda untuk membahagiakan orang-orang yang anda sayang. Dan pastikan keselamatan dan kenyamanan menjadi prioritas anda, bukan kecepatan. Selamat Lebaran ^^