HIGHLIGHT

Tawaran "Justice Collaborator" Menunjukkan KPK Tidak Mampu??

02 Mei 2012 21:01:10 Dibaca :

Entah apa yang ada dipikiran oleh Ketua DPP Partai Demokrat (PD) I Gede Pasek Suardika ketika menanggapi tawaran KPK kepada Angelina Sondakh (Angie) untuk menjadi "Justice Collaborator". Pasek beranggapan tawaran itu menunjukkan bahwa KPK tidak mampu.

"Menawarkan justice collaborator seakan KPK sedang menunjukkan dirinya tidak mampu mengungkapkan kasus itu meski sudah diberikan kewenangan yang super power dan anggaran yang super gede serta peralatan super canggih," katanya, melalui pesan singkat yang diterima kompas.com, Rabu (2/5/2012).

Menurut Pasek, KPK tak perlu menawarkan justice collaborator kepada Angie. KPK sebaiknya fokus pada persiapan untuk membuktikan tuduhan terhadap Angie di pengadilan. Pasalnya, kasus yang menjerat politikus Partai Demokrat itu disebut belum memiliki cukup bukti.

Wah, bukankah pernyataan Pasek ini punya tendensi ke arah tertentu dan terkesan sedang mengharapkan Angie tidak perlu menjadi "Justice Collaborator"? Padahal dalam setiap kunjungannya para petinggi Partai Demokrat mendorong Angie untuk mengatakan yang sesungguhnya. Apakah itu bukan berarti Angie harus menjadi "Justice Collaborator"?

Pernyataan Pasek ini juga sebenarnya dapat mengindikasikan ketidaksenangan Pasek terhadap tawaran yang diberikan KPK tersebut. Bahkan Pasek terkesan sinis dengan tawaran KPK tersebut. Parahnya, KPK dianggap tidak mampu dengan menawarkan hal tersebut.

Menurut saya, seharusnya Pasek senang dan mendukung jika Angie ditawarkan untuk menjadi "Justice Collaborator", terlepas dari apakah Angie salah atau tidak. Karena sebagai anggota DPR komisi III yang membidangi hukum, Pasek pasti senang ketika proses hukum semakin cepat dilakukan.

Pernyataan Pasek ini membuat saya jadi berpikir ada sesuatu yang sedang ingin disembunyikan dan berharap Angie tidak mengungkapnya. Apakah Pasek takut Angie akan menjadi seperti Nazar yang berkoar-koar mengungkap kebusukan Partai Demokrat??

Apapun alasannya, saya tidak setuju dengan anggapan Pasek. Menurut saya tawaran "Justice Collaborator" bukan sedang menunjukkan ketidakmampuan KPK, tetapi demi kelancaran proses hukum dan kebaikan Angie sendiri. Apalagi KPK pasti punya bukti kuat menjadikan Angie sebagai tersangka.

Salam "Justice Collaborator".

Palti West

/paltihutabarat

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Hanya ingin berbagi reportase dan opini. Semoga bermanfaat bagi semua kompasianer.
Staf Perkantas Riau. Inisiator Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) Riau
paltiwest@gmail.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?