Regional

Sistem Gagal, Rakyat Jadi Tumbal

10 Juli 2017   06:19 Diperbarui: 10 Juli 2017   09:38 86 1 1

Bogor - Komplotan perampok yang membawa senjata api di kampung sempu, R T 03/06, desa Cilebut Barat Kec. Sukaraja Kab. Bogor masih diburu petugas. Dari hasil penyidikan sementara para pelaku diduga perampok lintas wilayah.

Maraknya perampok di berbagai daerah itu makin memperparah ancaman terhadap rasa aman masyarakat. Semua ini menunjukan bahwa sistem yang ada gagal menjamin rasa aman bagi masyarakat akhirnya masyarakat jadi tumbal.

Ragam kejahatan harus diatasi melalui pencegahan dan penindakan. Inilah penerapan sistem yang akan memberantas berbagai tindak kejahatan secara tuntas dari akarnya. Sistem Islam memberantas melalui 2 aspek. Aspek pencegahan dan penindakan.

Pencegahan seseorang melakukan kejahatan adalah kuatnya keimanan dan ketakwaan dalam diri orang tersebut. Karena itu islam mewajibkan negara untuk terus menerus mengokohkan keimanan dalam membina ketakwaan seluruh rakyatnya, misalnya. Dengan penerapan sistem ekonomi islam, alasan ekonomi sangat minim menjadi faktor timbulnya kejahatan.

Yang pasti penerapan sistem Islam secara menyeluruh akan mencegah orang melakukan kejahatan. Hukum yang diberikan pun adil, setimpal, tidak memihak pada siapapun. Bukan hanya menindak, sanksi dalam Islam itu akan menjadi jawazir dan jawabir, yakni sebagai pencegah dan juga penebus bagi pelakunya.

Dengan semua penerapan sistem Islam itu dan penerapan sanksi hukumnya, masyarakat akan selamat dari kejahatan itu. Dengan begitu rasa aman masyarakat akan terjamin. Itu hanya bisa diberikan melalui penerapan syariah Islam keseluruhan di bawah sistem khilafah. Dengan itu maka rahmat dan segala kebaikan akan dirasakan oleh umat.


wallahu alam bi ash-showab.

(Pipit - IRT)