HIGHLIGHT

Apakah SM*SH plagiat Boyband Korea??

18 Februari 2011 15:59:09 Dibaca :

Kalau di Korea Selatan kita tau bahwa Boyband-boyband atau Girlband-girlband di sana punya keunikan tersendiri yang gak ada duanya di dunia ini, Ya Industri Kpop telah bisa menyihir jutaan mata dan telinga baik di Korea sendiri maupun seantero dunia ini dan Indonesia pun telah ada yang terinspirasi untuk mengikuti gaya maupun style dari Boyband Korea. Sebut aja SM*SH yang banyak mendapat pro dan kontra dari berbagai kalangan muda. Yah... kalau menurut saya boyband yang cepat sekali bersinar belakangan ini itu berhak mendapat sambutan yang baik di mata masyarakat Indonesia tapi gak sedikit juga yang ngerasa kehadiran mereka bikin citra buruk pasalnya banyak yang gak suka sama penampilan mereka yang di anggap kaya banci dan meniru atau menjiplak gaya musik Kpop. Secara style mereka itu ngikutin korea banget yah walaupun masih jauh sih ya.. tapi gak papa dong itu kan hak mereka. Ya sama aja kayak kebanyakan Band-band di Indonesia ini banyak kok yang dandanannya, stylenya, cara ngebawain lagunya udah keliatan banget meniru gaya barat. Tak perlu disebutkan banyak kok coba di cek aja! Kalo gak gitu, aliran musik di Indonesia pastinya masih berupa campur sari atau seni musik tradisional lainnya kalau gak dapat pengaruh musik modern yang asalnya dari luar negeri..*apa sih gue,, kok bawa-bawa campur sari segala@$^&%) Bener gak sih Guys..?? Dan gue rasa hal ini wajar-wajar aja.

Langsung ke topik utama, sebenernya apa sih yang dimaksud dengan kata plagiat?? berdasarkan dari berbagai sumber yang gue dapat, kalau PLAGIAT itu adalah mengakui karya orang lain sebagai karyanya sendiri. Misalnya aja gue bikin kue dan tiba-tiba lo ngaku kalo kue buatan gue itu lo yang buat, ato lo bikin kue tapi dari resep yang gue buat dan akhirnya kue buatan lo itu persis banget ma kue gue dan lo mempublikasikan bahwa kue itu murni hasil karya lo. Itulah yang disebut dengan PLAGIAT, kue yang lo bikin itu sama persis kagak ada bedanya ama buatan gue lantaran jiplak ciptaan gue. Dalam postingan kali ini gue sebagai orang netral yang gak ngepihak sm*sh dan juga gak terlalu anti sm*sh mencoba membahas apakah SM*SH patut disebut plagiat. *jujur gue dulu anti SM*SH tapi setelah memper-timbangkan beberapa hal, ternyata gue gak boleh ngecap sm*sh sebagai plagiator)

OK, kita balik ngebicarain SM*SH yang katanya PLAGIAT. Dari nama dulu kayaknya yang kita bahas, Menurut kalian kenapa sih SM*SH yang dibaca smash (semesy) kok pake tanda bintang kenapa gak pake a aja? Kalau menurut gue sih mungkin, nama smash yang mereka jadikan nama boyband mereka itu takutnya nanti dibilang jiplak boyband korea ama Kpop lovers Indonesia. Soalnya ada boyband korea yang namanya juga SMASH dan berdiri jauh lebih dulu dibanding dengan SM*SH. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas sedikit tentang SMASH yak.. SMASH adalah boyband Korea yang debut mulai tahun 2008 dengan single-nya yang berjudul Emergency. Boyband ini terdiri dari 6 personel ganteng yakni Saegae, Chunwoo , Naru , Hanbang , Jerry dan Hero dibawah naungan TN Entertainment. Dan kemungkinan dari kesamaan nama inilah SM*SH menggunakan bintang bukan pake huruf A. Tapi kan bukannya mereka bilang kalo SM*SH yang di baca smash ini adalah singkatan dari seven man as seven heroes, terus kalo A-nya dihilangkan berarti as-nya hilang dong, Gue sih juga gak ngerti apa maksud singkatannya ntu, tapi sebutan smash udah cukup mewakilkan singkatan itu kok! Dalam hal ini, SM*SH membuktikan bahwa nama mereka tidak sama persis dan ada bedanya dengan Boyband yang namanya SMASH dan berarti mereka bukan Plagiator nama.

Kedua, yang bikin heboh adalah konsep Korean Style yang ada pada SM*SH. Mereka dianggap plagiat karena konsep-konsep Korean-Stylenya itu loh, mirip SHINee, BEAST , 2PM, Super Junior dan Boyband-boyband lainnya. *Tapi jangan disamain dong SHINee ama SM*SH gak terima banget gue,,hohoho .. sm*sh blast gue Cuma bercanda kok. He XD *ledekan buat temen gue Aprilia Novita Sari yang suka ama SM*SH.. pril, peace salam cenat-cenut!). Gue pernah nonton acara gossip di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang lagi interview SM*SH dan disitu SM*SH bilang kalo mereka suka ama boyband Korea yang paling menjagat.. boybandnya sepupuku, KYUHYUN Oppa *aaa ditabok gue ama anak-anak ELF) Yaa disitu mereka bilang kalo mereka suka banget sama Super Junior dan mereka terinspirasi dengan Boyband Korea dan gak maksud ngejiplak. Apa bisa kita bilang kalo Terinspirasi itu Ngejiplak?? *Ada yang bisa memberikan penjelasan, ntar komen postingan ini yoo..) Kita gak bisa ngecap kalo seseorang PLAGIAT Korean Style cuma gara-gara mereka niru gaya Korean Style. Itu gak adil dong! Banyak kok orang di luar sana yang bergaya Korean Style, tapi mereka gak dicap plagiat tuh. Tapi kalo SM*SH, karena mereka adalah boyband, jadi kalo mereka make gaya Korean style, udah pastilah mereka dianggap PLAGIAT boyband Korea, yang jelas-jelas boyband Korea itu style-nya memang begitu. Tapi dalam hal ini belum bisa dipastikan apakah tidak sama persis dan ada bedanya antara kata terinspirasi dengan ngejiplak *kaya'nya dua kata itu emang beda lah) dan menurut Style ternyata SM*SH sama persis dan kagak ada bedanya sama Korean Boyband.. *I think u've decided what I mean,, baca lagi arti plagiat yang gue tulis tebel diatas)

Yang ketiga, itu masalah MV dan cara ngedance.. Mirip juga itu dengan MV-MVnya Boyband-boyband Korea. *Cuma gue rasa gak sebagus boyband korea deh, hehe ) Ada pernah temen gue bilang kalo SM*SH itu suaranya pas-pasan, dance-nya juga kocar-kacir bedaaaa jauh lah ma Boyband Korea Apalagi MV-nya yang polos, jelek banget daah *ujarnya. Namanya juga baru pertama debut kan, wajar kalo SM*SH masih banyak kurang-kurangnya. Tapi gue cukup ngerti ama teman gue yang notabene Fans Kpop kelas kakap dan udah ngerti banget seluk beluknya Kpop.. dan menurut gue wajar aja tanggapan dia kaya gitu. Lain cerita lagi ama pendapat temen gue yang suka banget liat MV single pertama SM*SH yang hanya dan baru satu-satunya itu, I Heart U. Dia bilang kalo videonya SM*SH itu kereeen banget, bagus bangeet, ganteng-ganteng lagi. *gue rasa dia gak pernah kali ya nonton MV-nya Korea hahah) .. soal MV ini sebenernya tergantung tanggapan kalian lah, soalnya beda tipis ama gaya Korean Style yang kita bahas di atas tadi.. tidak sama persis dan ada bedanya atau sama persis dan kagak ada bedanya tergantung kalian yang liat aja!!

Yang keempat masalah lagu, plagiat darimana coba?? Apa lo pernah denger lagunya suju ato dbsk dibawain ama SM*SH? Ato lagunya sapa aja lah dibawain ama sm*sh? Gak pernah kan... kembali ke kata plagiat dan artinya diatas lagi dah yang sama persis kagak ada bedanya, apa iya mereka plagiat lagu ato lirik lagu?? Nggak kok I heart u itu asli sm*sh punya.. masalah lagunya mirip-mirip lagunya justin bieber yang judulnya Baby itu, kita bisa liat oh.. itu Cuma mirip aja tidak sama persis dan ada bedanya.. Mungkin aja kan mereka buat lagunya juga terinspirasi dan gak maksud ngejiplak lagunya si justin. Kita gak bisa dong bilang itu plagiat!!!

Mungkin sejauh ini baru empat hal tentang sm*sh plagiat ato gak yang bisa kita bahas.. Masing masing orang pasti punya tanggapan yang beda-beda terkait kemunculan boyband Dahsyat ini. SM*SH memang boyband yang paling kereen di Indonesia saat ini, karena baru kali pertama awal debut sudah punya fans seantero nusantara.. dan itu juga merupakan fenomena yang dahsyat sepanjang sejarah industri musik Indonesia dan bahkan mereka sudah punya kontrak maen sinetron yang bakal tayang mulai malam ini di salah satu stasiun Televisi swasta di Indonesia. Hal ini mengingatkan gue ama kasus video yang di upload di Youtube ama Sinjo (Sinta n Jojo) beberapa bulan yang lalu yang pemilik lagu Keong Racun sempet gak terima penyebaran video lipsync tersebut. Dan gak berapa lama Sinta Jojo jadi terkenal bahkan Charlie St12 bersedia membuatkan video klipnya, Muncul di event-event dan di iklan-iklan. Betapa mujurnya mereka ya! Cuma gara-gara video lipsync yang dibuat secara iseng doang! Ckck... *eitzz mungkin lo berpikir apa sih hubungannya sinta jojo ama SM*SH..haha) Kalo dibanding ama perjuangan boyband-boyband di Korea yang mesti ikut audisi dan menempuh jalan yang panjang untuk jadi super-super boyband yang kita tau, modal tampang aja kagak cukup! SM*SH emang belum ada apa-apanya sama sekali dan saya bilang kalo sm*sh itu kelompok yang beruntung . *tinggal di tengah masyarakat yang lebay .. hal ini gue kaitkan ama masalah sinta jojo yang gampang tenar tadi) Bagaimana tidak, baru awal debut sudah bisa jadi bintang iklan, bintang sinetron plus punya banyak fans. Kehadiran boyband SM*SH datang pada saat yang tepat, saat dimana cewek-cewek di Indonesia lagi tergila-gila ama boyband Korea. Padahal kalo gue liat, mohon maaf ya, bukan maksud untuk menjelek-jelekkan.. Penampilan sm*sh itu kebanyakan lipsync, soal suara sekarang relative tergantung yang denger. Kalo kedengaran bagus berarti ya suaranya bagus.. tapi kalo lipsync gimana??? Masalah dance gue gak yakin ama kekompakan mereka.. kayaknya mereka memang harus ekstra berlatih. Untuk fansnya sm*sh, kalian pasti gak terima kan kalo sm*sh dihujat ama antism*sh, bantu sm*sh dong untuk jadi boyband yang lebih baik lagi.. berikan dukungan-dukungan yang positif.. Untuk antism*sh gak baik lo kalian ngata-ngatain sm*sh kaya gitu apalagi kalo sampe ngeluarin kata-kata kasar dan gak pantes.. biar bagaimanapun juga itu sodara kalian juga lho *sodaraan dari garis keturunan nabi Adam wkwkwk) yah gak sepantesnya lah kita ngehujat kayak gitu.. kalopun ada kritik dan saran sampaikanlah dan jangan Cuma bisa ngatain doang! Kasihlah saran dan kritik yang membangun untuk SM*SH. Dan bagi yang netral kaya gue... cukup nonton aja perkembangannya. *lhoo, apa maksud niii? Heheh).

Pesen gue buat Generasi Indonesia kalau Korea dan Jepang mampu menciptakan gaya musik yang sensasional dan berbeda dari aliran musik manapun, kenapa kita gak coba aja untuk menciptakan gaya aliran musik yang bener-bener bisa jadi daya tarik tersendiri dan menjadi gaya khas buat Indonesia sendiri. SM*SH, itu memang hak kalian gak ada salahnya kok, toh belum ada kecaman dari Korea yang menyatakan merasa terganggu atau merasa gaya aliran musik mereka telah dijiplak anak negeri ini. Ya too.. Toh banyak tanggapan yang hangat dari kaum Hawa walaupun banyak juga tanggapan kasar dan Hot dari Orang-orang yang hanya bisa berkomentar dan pastinya itu gak gampang kan buat SM*SH untuk ngehadapinnya. Dan bagi saya sendiri SM*SH pertama kalinya bikin sesuatu yang beda di Indonesia (bidang musik) salut dan salam cenat-cenut buat kalian. Tapi tetep di hati saya boyband-boyband di Korea gak ada tandingannya! Terutama DBSK, F.T.Island, SHINee dan Super Junior. Kalau SM*SH pengen maju lagi lebih banyak belajar aja dari Boyband-boyband hebat baik yang di Korea, Jepang ataupun yang di Indonesia sendiri.. Ganbatte SM*SH !

Ima Nurani

/nuraniima

saya suka dgan smua kegiatan positif :D
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?