Motivasi wirausaha
Artikel pertama saya membahas tentang bagaimana membangun sebuah usaha. Ide ini tertuang dari pertemuan ke 5 saya dimata kuliah entrepreneurship tanggal 8 april 2013 di binasarana informatika
Disini saya akan sedikit menjabarkan tentang modal usaha,kata kunci kreativitas dan pembeda usaha
Modal usaha.
Bicara tentang modal usaha, sebagian dari kita sering berfikir bagaimana bisa membangun usaha kalau tidak ada modal? Inilah ungkapan yang sering membuat pikiran kita menjadi kusut,dan akhirnya menjadi ragu untuk membuka usaha. Padahal sebenarnya tanpa modalpun kita bisa membuka sebuah usaha,misalnya usaha yang simpel saja menjual Koran,dan mejual asongan minuman. Ini adalah contoh usaha yang tidak memerlukan modal tapi dengan syarat kita harus bisa membangun kepercayaan dari agennya untuk bisa membantu menjual barang daganganya.
Yang lebih simpel lagi kalau anda penggemar dunia internet anda bisa memanfaatkan jasa tokobagus.com dan berniaga.com. disini jika anda bukan seorang pengusaha anda bisa kok menjual barang orang lain dengan dengan jasa anda dan dari sini anda bisakan mencari untung sendiri? Mudah bukan? Istilahnya anda hanya numpang etalase di tokobagus.com dan berniaga.com. dari sini anda kan bisa menjual barang orang lain sebanyak banyaknya tanpa harus modal usaha yang besar. Ini terbukti dari pengalaman teman saya yang sering menjual barang barang orang lain di tokobagus.com
Disisi lain kalau kita bahas tentang modal usaha sebenarnya untuk membangun usaha, bukan masalah modalnya berapa tetapi yang harus kita pikirkan adalah bagaimana mengembangkan modal yang ada karena sebanyak apapun modal kita kalau kitanya sendiri tidak bisa mengembangkan modal yang ada lama kelamaan modal usaha tersebut akan menyusut dan habis. Tetapi sebaliknya jika kita bisa mengembangkan modal yang ada tidak usah susah- susah mencari modal dari pihak bankpun biasanya banyak yang ingin meminjamkan modal kepada kita.
KATA KUNCI KREATIVITAS
Kata kunci kreativitas ada 3 yaitu amati,tiru dan modifikasi untuk lebih jelasnya saya akan perlihatkan beberapa gambar dibawah
Gambar diatas menunjukkan adanya 3 kunci kreativitas yaitu amati,tiru dan modifikasi. Ini bisa anda tiru supaya konsumen anda mudah untuk mengingat usaha anda. Walaupun kesanya nyeleneh tapi tak apakan biar mudah diingat masyarakat.
Pembeda
Jika usaha anda banyak sainganya maka yang harus anda lakukan yaitu membuat pembeda,supaya konsumen anda tetap setia dengan anda.
Pembeda ini sangat penting karena ini bisa jadi cirikhas dari usaha anda. Terlalu banyak usaha dibidang yang sama biasanya membuat usaha kita sulit untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sehingga kita harus punya inisiatif meskipun harganya sama saja dipasaran tapi kalau konsumen kita lebih banyak besar kemungkinankan untuk mendapatkan untung lebih banyak. Anda bisa saja membuat pembeda dari segi pelayanan. Kemudahan untuk mengakses produk anda dan lain sebagainya.