HIGHLIGHT

Bahagia ala Saya: 12 Tips Keren Agar Anak (Anda) Cerdas!

19 Juni 2012 02:18:48 Dibaca :

Kata orang semakin tua manusia semakin bebal. Kecerdasan menurun. Kemampuan berpikir berkurang. Sehingga produktivitas hidup menurun. Itulah sebabnya manusia dimanfaatkan tenaga dan pikirannya terbatas oleh industri. Usia sampai 55 dianggap masih bisa berpikir. Selepas usia 55 dianggap rongsokan dan dipensiunkan. Ini kenyataan. Jadi bagaimana?


Padahal usia 55 jelas masih muda. Bahkan banyak laki-laki mulai mata keranjang usia 50-an. Jadi jangan percaya usia 55 adalah usia pensiun. Jika Anda percaya usia 55 adalah usia pensiun, sejak usia 45 merasa hidup mulai menurun. Dengan berpikir begitu jelas jiwa ikut-ikutan mulai sedih dan bahkan pikun. Padahal sebenarnya, semakin umur semakin panjang pengalaman semakin banyak dan matang. Seharusnya semakin tua semakin cerdas. Itu logikanya. Apa resep cerdas bagi orang tua dan anak?


Inilah langkah-langkah praktis agar kita cerdas, pikiran jernih dan tetap produktif sampai usia 100 tahun. Setelah seratus tahun ada resep dan tips yang lain. Saya batasi sampai usia rata-rata 100 tahun saja.


Pertama, berpikir sederhana dan mendasar. Ini kunci agar cerdas. Tak ada orang cerdas berpikirnya rumit.


Kedua, bebaskan diri dari belenggu dokma dan doktrin. Doktrin membelenggu kemampuan berpikir tanpa batas.


Ketiga, bebaskan jiwa. Kebebasan jiwa memicu kebahagiaan. Kebahagiaan memicu otak bekerja jernih.


Keempat, makanlah makanan halal dan bergizi (hallalan watttoyyiban). Sel tubuh yang dijejali asupan makanan haram, kurang gizi, dan junk food akan membuat jiwa dan tubuh merana.


Kelima, dengarkan musik sesuai dengan jiwamu. Tidak harus musik klasik. Dangdut Iwak Peyek juga boleh. Mozart. Beethoven. Bruno Mars. Musik menajamkan cara kerja otak. Nikmati musik sesuai selera.


Keenam, hindari fanatik buta merasa paling benar dan hebat. Rendah hati. Orang cerdas jiwanya akan terbuka dan tidak sombong.


Ketujuh, yakin terhadap hasil kerja otak sendiri. Percaya diri. Menghargai hasil kerja otak. Otak akan jengkel dan ngambek kalau tidak dihargai.


Kedelapan, pelajari angka dan makna kata dengan jelas. Kata, angka dan bahasa alat ungkap diri. Tidak bisa menghitung dan mengungkapkan dengan kata alias bego!


Kesembilan, kuasai tata bahasa dan bahasa dan matematika dasar. Bahasa dan matematika itu esensi logika. Tata bahasa amburadul dan matematika jeblok tanda orang pandir. Tak ada orang cerdas logikanya berantakan. Dasar logika terbukti ada pada bahasa dan matematika.


Kesepuluh, olahraga dan istirahat secukupnya. Otak perlu istirahat lewat badan yang nyaman. Jadi jangan memforsir diri.


Kesebelas, hargai hasil karya orang, pikiran orang dan orang. Dengan cara ini Anda bisa terus belajar.


Keduabelas, jangan percaya tahayul. Tahayul membuat otak tumpul. Contoh angka 4 dan 13 angka sial. Nyatanya biar dihindari angka 4 dan 13 tetap ada. Menipu diri orang yang percaya tahayul.


Selamat mencoba dan pasti berhasil dan pasti benar! Jika Anda tidak percaya dan menolak tips ini benar, berarti Anda menyalahi salah satu dari 12 tips dan tak layak menjadi cerdas. Maka kembalilah selalu ke aturan dan tips agar Anda dianggap cerdas oleh diri sendiri dan (semoga) orang lain pula.


Salam bahagia ala saya.


Ninoy N Karundeng

/ninoy

TERVERIFIKASI (BIRU)

Wakil Presiden Penyair Indonesia. Filsuf penemu konsep "I am the mother of words - Saya Induk Kata-kata". Membantu memahami kehidupan dengan sederhana untuk kebahagian manusia ...
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?