Alasan di Balik Bentuk Smartphone yang Persegi Panjang

18 Mei 2017 06:21:41 Diperbarui: 18 Mei 2017 10:50:22 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Jika kamu seorang penggila gadget, pernah tidak kamu memperhatika semua gadget yang kamu miliki bentuknya seperti apa? Ya, bentuknya adalah persegi panjang. Kira – kira apa alasan dari produk gadget yang berbentuk persegi panjang yah?

Bentuk gadget contohnya smartphone adalah persegi panjang. Coba pikirkan ketika kamu memasukan smartphone ke dalam saku, jika bentuknya segitiga maka akan terlihat aneh kan. Dan juga ketika kamu memegang smartphone, bayangkan jika smartphone kamu berbentuk bulat. Tentu saja hal itu tidak akan membuatmu nyaman, maka salah satu alasan smartphone berbentuk persegi panjang adalah untuk kenyamanan saat di pegang dan di simpan.

Alasan kedua adalah pixel yang berbentuk persegi. Pernah mendengar pixel kamera? Ya elemen terkecil dari gambar atau foto adalah pixel. Maka ketika kamu akan mengedit foto akan muncul kotak – kotak persegi di gambar tersebut. Jika smartphone kamu bentuknya bulat maka pixel dari gambar akan ada yang terpotong.

Alasan ketiga adalah kenyamanan saat membaca. Ketika membaca mata atau penglihatan akan merasa nyaman jika bentuk bacaanya persegi panjang. Contoh nyata adalah koran atau buku, kedua benda tersebut berbentuk persegi panjangkan. Jika smartphone berbentuk segitiga maka pengguna ketika membaca akan merasa sedang membaca bagan piramida.

Alasan keempat adalah rasio aspek. Maksudnya adalah ketika pengguna menonton ataupun bermain game di smartphone akan merasa nyaman dengan bentuk layar persegi panjang karena memang mata akan merasa nyaman melihatnya. Bayangkan jika kamu menonton video di layar yang berbentuk kotak, kamu kamu akan merasa kurang nyaman karena memang televisi zaman sekarang yang berlayar datar bentuknya persegi panjang.

Dan yang terakhir adalah lebih luas. Bidang persegi panjang itu lebih luas dari bidang – bidang lainnya. Contohnya dalam mengetik teks, dengan bidang persegi panjang banyak teks yang bisa diketik dalam satu baris, namun jika bidangnya bulat, maka akan ada huruf atau kata yang terpotong dalam mengetik. Itulah alasan – alasan logis yang mendasari bentuk dari smartphone yang persegi panjang.

Sumber

Nazarudin Latif

/nazar410

Peminat Dunia Tulis Menulis, Pemerhati Masalah Sosial, dan Praktisi. http://masnazar.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana