Terapi Apel Untuk Kesehatan Empedu

31 Agustus 2010 06:09:00 Diperbarui: 26 Juni 2015 06:34:04 Dibaca : 13996 Komentar : 9 Nilai : 1 Durasi Baca :





Tulisan ini mungkin sudah sering anda baca. Baik lewat buku-buku ataupun rubrik kesehatan populer.  Tapi saya ingin juga berbagi dengan rekan-rekan sekalian, karena ini adalah pengalaman pribadi saya. Maksud saya, saya sudah mempraktekkannya langsung.  Jadi ada deh tip-tip yang  dapat saya bagi dalam melaksanakan terapi ini.   Heheheheheh. Semoga bermanfaat.

Kantong empedu (setahu saya) berfungsi sebagai tempat diproduksinya cairan empedu. Cairan empedu digunakan untuk menetralisir racun yang terserap oleh hati. Racun yang terserap lama-kelamaan akan mengendap dan membentuk kristal berwarna hijau gelap. Endapan yang terbentuk lama-kelamaan akan semakin banyak yang pada akhirnya akan menyebabkan kantong empedu menjadi pecah. Jika hal ini terjadi maka sebagian pertahanan tubuh akan rusak. Pengalaman seorang teman yang mempunyai saudara yang sudah pecah kantung empedunya akhirnya harus menjalani operasi pengangkatan kantung empedu dengan biaya (waktu itu) 25 juta...duit semua tuh... Sudah uang habis...kantung empedu hilang ...kesehatan pun tidak seprima sebelumnya. Ternyata batu dalam kantong empedu dapat dikeluarkan dengan mudah dan murah...enak pula ..... karena kita hanya berbekal sekitar 7 kg apel. Ada juga penyertanya yaitu garam inggeris 2 sendok makan dan minyak zaitun atau minyak wijen atau VCO  sekitar 100 cc. Cara terapinya adalah sebagai berikut:


1.      Makanlah apel jenis apa saja yang paling kita sukai. Makannya memang harus banyak ...sekitar 1 kg/hari, makannya boleh dicicil dari pagi sampai malam, tidak mesti harus habis dalam satu kali makan. Apel boleh dimakan begitu saja, boleh juga dijus dengan sedikit saja gula atau madu.



2.      Lakukan kegiatan ini selama 7 hari berturut-turut. Selama makan apel ini kita masih diperbolehkan makan seperti biasa, tidak ada pantangan khusus

3.      Pada hari yang ke-7 jangan makan malam. Sebagai gantinya pada pukul 18.00 di hari ke-7 tersebut minumlah 1 sendok makan garam inggeris yang sudah dilarutkan dalam sedikit air (sekitar 50 cc saja airnya atau kira-kira 1/5 gelas, airnya air biasa saja, jangan dingin atau panas, dipakai air sesedikit mungkin supaya cepat diminumnya karena larutan garam inggeris ini sedikit pahit).

4.      Selanjutnya pada pukul 20.00 ulangi kembali langkah ke-3 tersebut.

5.      Pada pukul 22.00 minumlah sekitar 100 cc minyak wijen atau minyak zaitun (kira-kira ½ gelas). Kalau tidak ada minyak wijen atau zaitun atau VCO, terpaksalah minum minyak goreng biasa...tapi yang masih baru ya...jangan minyak bekas/jelantah. Waktu minum minyak ini jangan diminum dalam sekali teguk...bisa muntah kita nanti. Minumlah dalam beberapa kali tegukan. Untuk menghilangkan rasa eneg setelah minum minyak, kita boleh minum air hangat. Tetapi jika masih terasa eneg boleh juga minum ½ gelas jus jeruk.

6.      Setelah semuanya beres, langsung tidur, jangan begadang lagi

7.      Besok pagi bangun tidur usahakan langsung BAB.

8.      Nah....batu empedu akan keluar bersama kotoran yang kita keluarkan. Jangan diharapkan batu yang keluar akan sama dengan batu kerikil di luar sana.  Ukurannya hanya sekitar sebesar pasir yang sangat kasar. Batu empedunya akan berwarna kehijauan agak tua, sepeti warna buah alpokat. Karena pengaruh apel yang kita makan...batu empedu yang keluar tidak keras lagi.

Saya sudah mempraktekkan terapi apel ini dan sudah terbukti bahwa batu empedu berhasil dikeluarkan. Jangan khawatir mengenai garam inggerisnya. Garam inggeris sebanyak 2 sendok makan itu tidak akan menyebabkan kita murus-murus parah. Garam inggeris sebanyak 2 sdm itu hanya akan menyebabkan kita sedikit mules. Setelah terapi apel ini perasaan mules pengen BAB akan terasa paling lama sekitar 2 hari saja. Setelah itu semuanya akan normal kembali. Jadi disarankan terapi apel dimulai pada hari kamis atau jum'at...jadi perasaan mulesnya bisa diatur hanya jatuh pada hari jum'at sampai hari minggu pada minggu berikutnya. Jika perlu, terapi apel ini dapat kita ulang setiap 6 bulan sekali.

Apel yang kita makan berfungsi sebagai bahan pelembut batu empedu. Garam inggeris berfungsi untuk membuka pembuluh kantung empedu. Dan minyak yang kita minum berfungsi untuk melancarkan keluarnya batu empedu dari pembuluh kantung empedu tersebut.


Coba deh... Insya Allah bermanfaat buat yang sakit maupun yang merasa sehat-sehat saja. Sebab penumpukan batu empedu tidak kita sadari...Tapi jika dilakukan USG baru kita tahu bahwa dalam kantung empedu kita terdapat batu yang jika dibiarkan dapat membahayakan kesehatan dan kantung baju kita juga....he...he..he..he..he.. Terapi apel ini tidak terlalu mahal koq...utk 7 kg apel biayanya sekitar 90 - 140 rb, garam inggeris hanya 3 rb, minyak zaitun atau minyak wijen sekitar 35 rb...jadi gak sampai 200 rb...bandingkan jika kita sampai harus dirawat di RS bahkan sampai operasi.....hi.....ngeri juga ya.....

Vera Favorita

/my_fave

Saya sudah menikah dan punya 2 anak perempuan. Sekarang tinggal dan bekerja di salah satu perusahaan forestry di Jambi.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana