Mohon tunggu...
MUSLIM UTAMI
MUSLIM UTAMI Mohon Tunggu... -

SAYA BERTEMPAT TINGGAL DI WAWONDULA KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Karya Ilmiah Remaja

10 Juli 2011   00:10 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:48 1092
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

( ANALISIS KESIAPAN REMAJA WAWONDULA DALAM MENYONGSONG MASA DEPAN DI ERA GLOBALISASI )

DI

SUSUN OLEH :

( Kelompok Max Weber )

1.MUSLIM UTAMI (SMAN 2 NUHA )

2. NISANTI LEBANG ( SMAN 1 TOWUTI )

3. ADRIANUS BABANGAN ( SMAN 1 TOWUTI )

4. MARDAWATI ( SMAN 1 TOWUTI )

5. FITRIANI HARDOERI ( SMAN 1 TOWUTI )

Telah disahkan untuk diikutkan dalam Perkemahan Ilmiah Remaja(PIR) intern SMA Negeri 1 Towuti, tanggal 5-9 januari 2010 yang dilaksanakan oleh Kelompok IlmiahRemaja (KIR) SMAN 1 Towuti

Wawondula ,8 Januari 2010

Pembimbing IPembimbing II

1.Drs. Muhammad Hasri, M.Hum1. Drs. Mu'alim

2.Drs. Muhammad Jasri Djangi, M.Pd2. Tamir Patsan, S.Pd

3. Burhan Ali. S.Pd








ABSTRAK

ANALISIS KESIAPAN REMAJA WAWONDULA UNTUK MENYONGSONG MASA DEPAN DI ERA GLOBALISASI

Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana kesiapan remaja dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi dan seberapa besar dukungan orang tua dalam memberi motivasi kepada anaknya untuk mempersiapkan diri dalam menentukan masa depannya. Kemudian remaja Wawondula lebih mementingkan pergaulan bebas atau ke hal-hal negatif sepaerti bermabuk-mabukan atau seks bebas.

Penelitian ini kami lakukan dengan menerapkan metode-metode dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan data observasi dan metode koesioner dilakukan dengan penyebaran angket yang berisi 23 pertanyaan yang di sebar ke masyarakat Wawondula hasil dari data yang diperoleh dari masyarakat mengenai kesiapan remaja dalam menentukan masa depan masih kurang.

PRAKATA

Tidak ada kata yang bisa kami ucapkan selain puji syukur kehadirat TUHAN YANG MAHA

ESA atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Ilmiah Remaja (KIR) mengenai Analisis Kesiapan Remaja Wawondula Dalam Menyongsong Masa Depan Di Era Globalisasi ”.

Terselesainya Karya Tulis Ilmiah ini tidak lepas dari dukungan dan saran dari beberapa pihak

yang telah memberikan motivasi / dorongan baik materil maupun moral. Kemauan atau motivasi

adalah kekuatan yang melebihi kemampuan logika. Dengan motivasi yang ia miliki seseorang da

pat menjalani atau mengatasi tantangan globalisasi yang semakin pesat.

Karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :

1.Orang Tua Penulis Yang Benar Benar Memberikan Motivasi Kepada Kami baik materil maupun moral.

2.Adam, S.Pd ( Kepala SMA Negeri 1 Towuti )

3.   Dra. Hawani Kaso ( Kepala SMA Negeri 2 Nuha )

4.Drs. Muh. Hasri M.Hum , Drs. Muh. Jasri Djangi, M.Pd

5.Seluruh Rekan-rekan Siswa SMA Negeri 1 Towuti

6.Seluruh Pihak Yang Tidak Dapat Di Sebutkan Namanya Yang Telah Membantu Kami Baik Secara Langsung Maupun Tidak Langsung.

Kami berharap semoga karya ilmiah yang kami buat dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wawondula. 8 Januari 2010

PENULIS



BAB 1

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Sehubungan dengan pesatnya persaingan industri dan teknologi pada zaman modern ini maka banyak remaja berusaha menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi, seperti: kursus, banyak membaca buku untuk menggali ilmu pengetahuan,dan sebagainya.

Pentingnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi maka mendorong anak remaja berlomba-lomba untuk menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi sebagai dasar utama atau modal di era globalisasi,Selain itu remaja juga ingin mengetahui berbagai manfaat dari berbagai perkembangan media yang ada saat ini.

Kita semua tahu bahwa remaja merupakan generasi muda yang akan dan menjadi penerus bangsa di era kedepannya.selain itu remaja juga akan menjadi dasar utama sebagai landasan masyarakat.

Namun kenyataannya lebih dominan remaja sekarang lebih senang berpoya-poya,dan mengkomsumsi obat-obat terlarang,minum-minuman terlarang dan seks bebas. Remaja juga sering menyalahgunakan kesempatan atau waktu yang ada.

Apakah hal ini kita biarkan terus terjadi? Kita sebagai anak remaja tentunya kita menyadari pentingnya masa depan dan cara untuk mempersiapkandiri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi. Dan perlu kita tanam dalam diri kita rasa ingin tahu dan haus akan ilmu pegetahuan. Selain itu kita dapat mempersiapkan diri dengan melakukan kegiatan- kegiatan seperti ikut serta dalam pramuka,terlibat dalam osis dan juga ikut dalam KIR.

Oleh karena itu,anak remaja wawondula juga harus memikirkan tujuanl yang negatif tentang masa depan yang kita akan capai dengan pasti,selain itu kita juga harus lebih serius dalam menanggapi berbagai hal-hal negatif untuk menyonsong masa depan di era globalisasi.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut ini.

1.Bagaimana tanggaapan masyarakat mengenai kesiapan remaja wawondula dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi ?

2.Bagaimana tanggapan remaja dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi?

3.Foktor apa saja yang menjadi motivasi remaja dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi?

4.Bagaimana remaja meluangkan waktunya dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi?

C. TujuanPenelitian

Tujuan penelitian ini adalah

1.Mengetahui tanggapan masyarakat mengenai kesiapan remaja wawondula dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa deapn di era globalisasi

2.Mengetahui tanggapan remaja dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi.

3.Mengetahui factor yang menjadi motivasi dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi.

4.Mengetahui cara remaja wawondula meluangkan waktunya dalam menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan di era globalisasi.

D. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini kami buat untuk memaparkan tentang;

1.Manfaat bagi remaja untuk menyongsong masa depan di era globalisasi mereka mengaktualisasikan harapan mereka untuk menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga kelak bisa menjadi sarana untuk mewujudkan kehidupan yang diimpikannya yang di sebut cita-cita. Cita-cita dapa di ungkapkan dalam bentuk profesi tertentu.

2.Manfaat bagi orang yaitu mereka berharap kepada anak untuk menuntut masa depannya agar kelak dapat menjadi remaja yang berguna bagi dirinya sendiri,orang tua,dan sesame. Harapan orang tua ia bisa mendapatkan profesi/pekerjaan yang baik.

3.Manfaat bagi masyaratterutama masyaraka wawondula harapannya untuk remaja yang menyonsong masa depan di era globalisasi. Remaja yang menuntut ilmu agar kelak ia dapat pulang kedaerahnya masing-masing untuk membangun daerahnya dan menjadi orang yany dibutuhkan/berguna bagi masyarakat dan menjadi generasi penerus.



BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A.Kajian Teori

1.Remaja

a.Pengertian

Remaja merupakanmasa peralihan dari masa anak – anak ke masa dewasa

pada umur 15 – 19 Tahun .

b.Pentingnya pembinaan remaja

Dalam dunia yang semakin modern, tentunyakita harus bersaingdanmempu-

nyai pengetahuan atau wawasan yang lebih luas. disinilah orang tua harus berperan aktif dalam membina sifat atau perilaku remaja. Apabila remaja tida

k di berikan arahan dari orang tua maka terkadang remaja jauh dari apa yang di harapkan.

c.Faktor yang membuat remaja jauh dari harapan

Lingkungan merupakan faktor utama yang mempengaruhi remaja dalam menghadapi masa depan di era globalisasi. Apabila remaja tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri maka dia akan mudahnya terpengaruh oleh lingkungan tempat tinggal nya. Apabila remaja sudah terpengaruh oleh lingkungan maka remaja akan melakukan hal – hal yang tidak baik seperti merokok, lebih suka bergaul dengan anak yang nakal, mengkonsumsi narkoba, minum – minuman keras dan melakukan sex bebas

2.Globalisasi

a.Pengertian

Globalisasi adalah proses penyebaran unsur – unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik.

b.Tantangan Globalisasi

Tantangan globalisasi yang di hadapi oleh pemerintah adalah penyiapan sumber daya manusia yang mampu bersaing pada era globalisasi di masa yang akan datang. Dalam mengantisipasi hal tersebut telah di lakukan berbagi upaya di antaranya melalui peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan.

3.Strategi Pembinaan Remaja

a.Pemanfaatan waktu

Dalam mempersiapkan diri menuju masa depan, remaja harus mampu memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin agar waktu tidak berlalu begitu saja. Waktu yang ada di manfaatkan dengan mengisi hal – hal yang berguna seperti belajar sehingga persiapan kita dapat tersalurkan dengan baik dalam mempersiapkan diri menuju masa depan. Selain itu, perlu ada kesadaran pada remaja. Apakah persiapan- persiapan tersebut sudah memadai sebagai bekal dalam mempersiapkan diri menyongsong masa depan di era globalisasi.

B.KERANGKA PIKIR

ANALISISIS KESIAPAN REMAJA WAWONDULA DALAM MENYONGSONG MASA DEPAN DI ERA GLOBALISASI:

1. MANFAAT CITA - CITA :

-MANFAAT BAGI DIRI SENDIRI

-MANFAAT BAGI ORANG LAIN

-MANFAAT BAGI BANGSA DAN NEGARA

-SIKAP MENTAL /FISIK

2. KESIAPAN :

-SIAP MATERI

-MOTIVASI

3. KEMAPUAN /KETERAMPILAN :

-POLA PIKIR

BAB III

METODE PENELITIAN

A.Jenis penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang ditujukan untuk memperoleh gambaran mengenai bagaimana kesiapan remaja Wawondula dalam menyongsong masa depan di era Globalisasi.

B.Variabel Penelitian

Yang menjadi variabel ialah:

1.Variabel bebas

Kesiapan remaja Wawondula menyongsong masa depan

2.Variabel terikat

Masa depan remaja Wawondula

C.Defenisi Operasinal Variabel

1.Kesiapan Remaja

Kesiapan remaja dimana remaja telah siap menghadapi masa peralihan mereka untuk ke periode dewasa, dengan mempersiapkan hal-hal yang menjadi bekal untuk masa depan mereka.

2.Masa Depan

Masa depan merupakan keadaan dimana telah terbuka peluang untuk meniti karir atau menunaikan cita-cita yang telah diimpikansebelumnya.



D.Populasi Dan Sampel

1.Populasi

Yang menjadi populasi ialah semua masyarakat yang ada disekitar Wawondula.

2.Sampel

Yang menjadi sampel yaitu 50 orang yang terdiri dari orang tua dan remaja yang ada disekitar Wawondula.

E. Metode PengumpulanData

Metode Pengumpulan data di lakukan dengan cara :

1.Metode observasi, yaitu di lakukan dengan cara mengamati secara langsung di lapangan terhadap objek yang di teliti.

2.Metode Dokumentasi, yaitu di lakukan dengan cara mengumpulkan data yang bersumber

dari berbagai dokumen.

3.Metode Kuesioner, di lakukan dengan penyebaran angket yang berisi 23 pertanyaan dan 50 di antaranya adalah biodata responden.

F. Metode Analisis Data

1.Analisis kuantitatif

Data yang telah terkumpul di olah secara kuantitatif sehingga menghasilkan suatu

karya ilmiah yang bersifat deskriptif. Cara ini terdiri atas angka angka dengan menggu-

nakan rumus persentase data yang di analisis lebih lanjut dalam bentuk tabulasi yang di

susun dalam bentuk grafik. Analisis kuantitatif yang di gunakan adalah analisis



persentase dengan menggunakan rumus : A/B X 100

A = Jumlah frekuensi

B = Jumlah Sampel

PH = Persentase Hasil

2.Analisis Kualitatif.

Analisis kualitatif di gunakan melalui interpretasi data kuantitatif dengan menggu-

nakan kalimat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun