Michio Kaku, Profesor Gila dari New York

19 Juni 2017 02:42:32 Diperbarui: 19 Juni 2017 03:03:06 Dibaca : 30 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :
Michio Kaku, Profesor Gila dari New York
Sumber: ferocesmente

Entah kenapa saya mengenal tokoh sefenomenal ini belum begitu lama. Itupun karena faktor kebetukan saja ketika sedang menjelajah youtube.Saya mendengar paparannya begitu menarik dan gamblang. Penjelasannya bisa membuat seseorang yang sebelumnya tidak bisa memahami sesuatu menjadi bisa mengerti dengan mudah. Profesor ini sesungguhnya adalah salah satu tokoh kebanggaan Amerika Serikat. New York magazine menobatkan beliau sebagai 100 smartest people in New York. Di sana banyak orang orang terkenal diantaranya Madona dan Lady Gaga. Yang mana kemudian Lady Gaga mendepak beliau untuk selamanya, seloroh beliau dalam banyak open speech.Namaku adalah profesor Michio Kaku. Aku adalah profesor fisika teoritis di City university di New York city. Spesialisasi aku adalah sesuatu yang dibilang sebagai string theory. Begitulah awal perkenalan beliau ketika aku membuka channel youtube beliau yang berjudul universe in the nutshell.Michio Kaku lahir di San Jose, California pada 24 Januari 1947 hingga saat ini beliau sudah berusia 70 tahun.Di youtube anda bisa menemukan banyak sekali chanel yang mereview pembicaraannya baik diambil ketika beliau sedang melakukan open speech, wawancara televisi, siaran radio mingguan, film dokumenter atau yang lainnya.

Selain itu juga, beliau adalah pengarang buku yang sangat terkenal. Belum pernah ada dalam sejarah dimana buku mengenai fisika masuk dalam deretan buku best seller. Diantaranya adalah buku yang berjudul Physics impossible dan Brain in future diantara buku nya yang menjadi best seller. Selain itu masih banyak lagi buku yang ditulisnya. Seperti Hiperspace, parallel world, dll. Sayang sekali satupun belum pernah saya baca dikarenakan harus memesan langsung dari Amerika.Profesor yang satu ini memang begitu fenomenal. 

Sebagai anak muda ataupun sebagai bangsa sangat dianjurkan untuk mendengarkan nasehat nasehat beliau bila ingin mengerti masa depan mengenai science dan technology di masa depan maupun rencana untuk hidup di masa depan. Warga Amerika sangat menyukai beliau dan membuat beliau sebagai salah satu selebritis besar disana diantara bintang-bintang besar hollywood.Beliau ini memang beda dengan yang lainnya, sebagai salah satu profesor fisika top dunia tapi pemikiran dan pemaparannya sangat mudah untuk dipahami. 

Artikulasi bahasa inggrisnyapun tidak begitu rumit untuk dimengerti karena beliaupun juga adalah pembawa acara di BBC,history channel, discovery chanel, dan science channel. Juga mengisi program radio show science fantastic.

Rupanya aktivitas beliau sangat padat sampai dengan masa tuanya. Perusahaan - Perusahaan teknologi besar seperti microsoft atau google sering mensponsori beliau untuk menjadi keynote speaker diberbagai even. Beliaupun ketika berbicara selalu saja mendapatkan standing applause dan begitu disukai karena joke jokenya.Spektrum pembicaraannyapun sangat luas yang berdampak serius dari perkembangan science dan teknologi di mulai dari abad pertengahan, awal abad 20, masa kini dan prediksi 30 , 50 ,100, maupun 500 tahun yang akan datang.

Beliau menjelaskan : Semua yang anda saksikan terhadap semua bagian kehidupan ini terjadi sebagai akibat langsung dari perkembangan science dan technology.Jadi science dan teknologilah yang mendrive perubahan sosial lainya seperti ekonomi, politik ataupun budaya. Bukan sebaliknya seperti thesis dari para pemikir besar dunia seperti Marx dan yang lainnya yang menganggap science dan teknologi sebagai budaya yang ditentukan/dibentuk oleh keadaan ekonomi.Beliau berkata dalam video yang berjudul universe in a nutshell : The history of physics is the history of modern civilisation. Kemajuan apapun yang anda saksikan dalam kehidupan modern bisa dilacak langsung dari kemajuan ilmu fisika. seperti TV berwarna, laser, MRI Scan, radio, radar, program luar angkasa seperti GPS, satelit, roket, dll. 

Dengan kata lain hampir semuanya bisa dideteksi dari kemajuan ilmu fisika.Yang menjadi sangat menarik adalah ketika beliau bicara tentang masa depan : " Mari kita bayangkan, saat ini kita pergi ke tahun 1900 bertemu kakek buyut kita dengan membawa teknologi saat ini seperti ipad,ipod,satelit,gps, laser maka bagaimana mereka melihat kita. Tentunya mereka akan menganggap kita sebagai tukang tenung atau ahli sihir. Selanjutnya apa yang akan terjadi bila kita pergi ke masa depan diakhir abad 21 bila bertemu anak cucu kita. Bagaimana kita menganggap mereka ? Kita akan menganggap Mereks sudah dewa seperti mitologi Yunani. 

Dimana Zeus dapat mengendalikan objek disekitarnya hanya dengan pikiran. Menciptakan sesuatu hanya dengan pikiran. Venus mempunyai tubuh yang sempurna. Tubuh yang awet muda. Dan sekarang kita sudah bisa menyingkap rahasia genetis pada level molekuler terhadap proses penuaan. Dan Apollo, ia mempunyai kereta yang bisa menembus langit maka sekarang kitapun sudah mempunyai mobil terbang yang diparkir digarasi rumah masing-masing".Abad 21 kita sudah mempunyai kekuatan para dewa.Itulah profesor Michio Kaku. Profesor sensasional dan Fenomenal. Beliau bicara tentang exo skeleton seperti teknologi yang dipakai di film iron man. Beliau bicara tentang mesin waktu, mesin penangkap mimpi dan membaca pikiran, anti aging, invisibility shield, teleportasi dll.

Mohamad Khusaeni

/mohdkhusaen1

Strategi besar maksudnya adalah seni memAndang jauh mlampaui pertempuran dan membuat perhitungan lebih dahulu. Strategi ini menuntut Anda untuk fokus pada sasaran Anda yang paling hakiki serta cara untuk mencapainya. Biarkan orang lain terperangkap dalam liku-liku pertempurannya, biarkan mereka meraih kemenangan-kemenangan kecil. Strategi besar akan membawa upah yang paling hakiki: menjadi yang terakhir tertawa. Robert Green
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL tekno

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana