Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menerobos Masa Depan

Kepala SMP Negeri 52 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sepenggal Harapan Seorang Guru kepada Pak Mendikbud

12 April 2013   09:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   15:20 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sudah berbulan-bulan, kami disuguhi pemberitaan tentang kurikulum baru.Namun sayangnya, berita yang muncul tentang kurikulumitu lebih banyak yang bersifat negatif.Sehingga, saya sebagai seorang guru yang pada akhirnya harus menyukseskan penerapan sebuah kurikulum menjadi penasaran.Saya, dan beberapa teman sering bertanya jawab tentang kurikulum baru ini, terutama bila ada kesempatan berkumpul di kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Hanya saja, di antara kami, lebih banyak tidak tahunya dari pada tahunya.Karena rata-rata dari guru mengetahui kurikulum baru dari pemberitaan yang bernada negatif itu.Saat kami mencoba mencari sumber-sumber secara daring pun yang kami temui hanya kurikulum dalam garis besarnya.Padahal, kami membutuhkan juga Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang kami ampu.

Pada waktu kurikulum KTSP, kami sudah mengetahui dan bahkan sudah dilatih, baik oleh pemerintah maupun mandiri melalui MGMP, jauh sebelum kurikulum itu diberlakukan.Bahkan beberapa kali, kami mengunjungi SMP N 73 Jakarta yang pada saat itu dijadikan proyek percontohan pelaksanaan kurikulum baru tertsebut.Kami berdiskusi tentang kurikulum baru itu dengan guru yang sudah melaksanakannya.Kami memahami kelebihan dan kekurangan kurikulum baru itu, jauh sebelum kurikulum itu diberlakukan.

Kurikulum, bukan hanya rangkaian huruf dalam sebuah lembaran kertas.Kami betul-betul meyakini itu.Kurikulum juga mengandung paradigma pemelajaran.Perubahan kurikulum berarti juga perubahan paradigma guru sebagai penerap di lapangan.Tanpa, perubahan pada diri guru, maka perubahan kurikulum hanya akan berhenti pada lembaran kertas belaka.Pendidikan akan berjalan sama seperti tak ada apa-apa.

Oleh karena itulah, Pak Menteri.Jika memang, kurikulum baru belum siap untuk dilaksanakan pada tahun ajaran baru tahun 2013 ini, tak ada salahnya jika penerapan kurikulum ditunda.Persiapkan sebagik mungkin, guru-guru agar mampu menerapkan kurikulum sebagaimana tujuan kurikulum baru ini dibuat.Guru-guru, tidak sepandai mereka yang dengan semangat tinggi membuat kurikulum baru.Ada keterbatasan pemikiran yang ada pada diri kami, sehingga kami ingin memiliki waktu lebih agar bisa betul-betul memahami kurikulum baru, bukan hanya dari bunyi kata-kata yang tertera belaka, tapi juga memahami hingga ke landasan-landasan filosofisnya.

Jangan sampai, nanti pada akhirnya, kami disalahkan lagi sebagai penyebab ketidakberhasilan penerapan kurikulum baru.Sudah lama kami malu, melihat pendidikan yang kami jalani dinilai sebagai belum berhasil.Padahal, kami sudah melakukannya dengan sepenuh hati.Apalagi, kami juga sudah diberi penghargaan oleh pemerintah melalui pemberian uang sertifikasi.Walau pada tiap tahunnya selalu ada saja yang menghambat hingga uang itu tak pernah sampai ke kami sesuai dengan seharusnya.Tapi tetap saja, kami malu kalau pendidikan yang kami lakukan masih belum memenuhi harapan rakyat negeri ini.

Oh, iya, Pak Menteri.Setiap kali saya bertemu dengan guru TIK, selalu saja saya melihat wajah mendung mereka.Ini, gara-gara kurikulum baru menghapus pelajaran yang mereka ampu selama ini.Mereka seperti terbuang begitu saja.Mungkin juga, perasaan serupa dialami oleh teman-teman guru yang mengajarkan bahasa daerah di luar Jakarta.Mereka seakan menjadi tak berguna.Sementara, untuk pelajaran baru, sekolah juga akan bingung mencari gurunya.Sehingga sekolah hanya akan menggunakan guru tanpa jam, misalnya saja guru TIK untuk mengajar mata ajar prakarya.Kalau seperti ini, apakah Bapak masih enak hati melihat dampak kurikulum yang seakan memangkas masa depan mereka?

Pak Menteri, mungkin terlalu lancang perrmintaan saya yang hanya guru SMP ini.Tapi, mohon dipertimbangkan sebaik-baiknya penerapan kurikulum baru ini.

Tulisan ini akan kami akhiri dengan doa.Doa seorang guru yang masih terus optimis.Optimis pada kemajuan pendidikan.Semoga pendidikan negeri ini semakin baik lagi.Amiiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun