MEDIA BARU DAN PERUBAHANNYAÂ
Seiring  perkembangan zaman tidak ada masyarakat yang tidak melewati masa media konvensional dengan kehadiran Koran, Radio, Televisi, hingga munculnya media baru yang dibantu oleh teknologi canggih sebagai sarana media baru untuk berkembang, contohnya seperti hadirnya komputer. bukan hanya kehadiran komputer saja tetapi kehadiran Gadget juga sangat berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat. Dapat dikatakan masyarakat yang hidup dizaman teknologi yang serba canggih sekarang ini tidak bisa beraktifitas tanpa gadget. Gadget dipercaya dapat memermudah atau membantu berjalannya aktifitas manusia dengan lancar. Tetapi kita dapat memakai Gadget yang termasuk teknologi canggih tersebut hanya dapat digunakan dengan jaringan internet.Â
Jaringan internet yang tersambung dengan Gadget ini juga dapat mempermudah seseorang untuk berkomunikasi atau berinteraksi satu sama lain bahkan dengan jarak yang dapat dikatakan berjauhan.Â
Tetapi bukan hanya terdapat dampak  positif saja yang ada dalam kehadiran media baru ini. Tetapi terdapat juga dampak negatif yang ada yaitu dengan kehadiran media baru adalah membuat masyarakat menjadi apatis terhadap kondisi sosial atau dapat dikatakan masyarakat lebih aktif  menggunakan Gadget untuk bersosialisasi tetapi di kehidupan sehari-hari masyarakat cenderung tidak mau bersosialisasi dengan yang lain.Â
Dengan keadaan masyarakat yang seperti ini, tulisan ini mengajak kita untuk tau lebih dalam terkait Apa itu media baru.
MEDIA BARU
Istilah Media Baru muncul pada akhir tahun 1980-an. Menurut lister Media adalah sebuah sarana yang dimanfaatkan untuk mengkomunikasikan sebuah ide yang disebarkan menggunakan alat-alat pengantar komunikasi seperti koran, televisi, spanduk, dll. Dunia media dan komunikasi  sudah terlihat berbeda dan terdapat
Ketidakterbatasan perbedaan antara satu elemen dan elemen lainnya dalam dunia. Perbedaan dapat dilihat dari bidang percetakan, fotogragrafi, televisi dan telekomunikasi.Â
Pada Tahun  1960, perubahaan keadaan media dapat di indikasikan dari jenis perubahan sosial, ekonomi dan budaya yang lebih luas. Kemunculan media baru dipandang sebagai semacam fenomena zaman yang tidak lepas dari bagian lanskap sosial, teknologi, dan budaya dalam lingup yang lebih besar.Â
Ideologi "baru" dalam Media baru sama artinya dengan lebih baik dan bukan hanya itu tetapi diikuti dengan arti menarik dan glamor, atau tempat bagi orang-orang yang ingin berpikiran maju yang dapat menempatkan diri mereka menjadi apa dalam proses media, apakah menjadi konsumen, produsen, dapat juga akademis media.
Media baru dapat di definisikan sebagai media interaktif yang merupakan perangkat dasar komputer. Yang mana media baru merubah masyarakat sebagai masyarakat informasi tergantung pada jaringan informasi dan komunikasi elektronik yang kompleks dan yang mengalokasikan sebagian besar sumber dayanya untuk kegiatan informasi dan komunikasi.