Mohon tunggu...
Marsantoadi
Marsantoadi Mohon Tunggu... -

Bersungguh-sungguhlah maka engkau akan berhasil, itulah motto hidup saya. dalam hal apapun insyaallah akan berusaha dengan semaksimal mungkin. ketika apa yang kita harapkan belum tercapai minimal pengalaman lah yang akan didapatkan.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Inilah Beberapa Hasil Program Transformasi Kelembagaan

10 Maret 2017   17:05 Diperbarui: 11 Maret 2017   02:00 457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Robi masih termangu diruangannya teringat pembicaraannya dengan tika minggu lalu. waktu itu mereka ngobrol tentang transformasi kelembagaan kementerian keuangan. Robi, walaupun masih tercatat sebagai pegawai di kementerian tersebut, dengan lugu nya, dan memang lugu, mengaku tidak tahu bagaimana program transformasi kelembagaan tersebut.

rupanya Robi masih memendam rasa penasaran dengan tika, maksudnya dengan program transformasi itu. dia fikir, trus apa sih yang sudah dikerjakan oleh kementerian keuangan selama ini. emang ada yang sudah menjadi produknya. segera Robi mengambil HP untuk tanya ke tika lewat pesan singkat.

Tik, emang lu tau apa aja hasil transformasi kelembagaan, koq aku masih gini-gini aja kagak ada perubahan rasanya. kirim Robi ke Tika.

emang sulit nih jelasin program ke anak kudet, pikir tika setelah menerima pesan dari Robi. terpaksa deh harus ngejelasin lagi.

Jadi gini Rob, program transformasi kelembagaan ini sudah banyak banget hasilnya. ini aku kasih tau sedikit aja ya. daripada capek ngetik di hape ntar kalau ketemu lagi aku jelasin semuanya.

Capaian program ini ada di beberapa eselon 1 yang ada di kementerian keuangan, ada di pajak, bea cukai, perbendaharaan, dan lain-lainnya. kita kasih contoh satu-satu aja ya, 

kring pajak

untuk di pajak nih misalnya ada peningkatan kapasitas agent call center. ini supaya masyarakat yang perlu informasi tentang perpajakan bisa telp di Kring Pajak dan dilayani dengan lancar. penambahan agent dari cuma 54 orang menjadi 120 orang. kasihan kan kalau orang telp harus nunggu antrian, kalau petugasnya banyak kan lebih lancar.

selain itu agent kring pajak ini juga diberi standarisasi alur interaksi sehingga jawaban agent ini sama, seragam tidak membingungkan  dan memberikan layanan yang profesional dan berkualitas. kemudian kring pajak ini juga ada fitur interactive voice respons, jadi penelpon dibagi menjadi kategori punya NPWP dan belum punya NPWP, ini bisa memberikan jawaban yang tepat untuk penelpon.

dwelling time

Nah kalau di bea cukai sekarang, disana ada peningkatan menjadi kantor modern. tujuannya adalah untuk menurunkan tingkat dwelling time. ingatkan beberapa waktu yang lalu ramai di berita karena pak presiden ingin waktu dwelling time ini bisa dipangkas, artinya pengeluaran barang dari pelabuhan bisa lebih cepat. yang dilakukan oleh bea cukai diantaranya dengan membuat piloting penyampaian dokumen pelengkap secara elektronik. kalau dulu orang datang bawa berkas, sekarang bisa kirim dengan elektronik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun