Beruntungnya Pemain Bola Belia Turki

28 April 2013 08:51:50 Dibaca :

Bekerja sama dengan Ulker, Federasi Sepakbola Turki (TFF) menggelar event keempat FIFA U-20 World Cup Grassroots Festival di Trabzon, Jumat (27/4). Festival ini menggelar konsep Piala Dunia mini di tujuh kota yang bakal menggelar Piala Dunia U-20 di Turki pada 2013 ini (21 Juni – 13 Juli).

Pada festival terakhir, digelar pertandingan sepakbola kanak-kanak sebagai bagian dari upaya FIFA memberi kesempatan kepada mereka dalam sebuah kegiatan bernama kompetisi grassroots (akar rumput). Festival ini diadakan di fasilitas olahraga Haluk Ulusoy di kawasan Akademi Sepakbola Trabzonspor. Kiper Timnas Turki dan tim Trabzonspor, Onur Recep Kivrak juga ambil bagian dalam kegiatan ini bersama rekan setimnya asal Brasil, Alazinho.


Sekitar 1700 anak-anak ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka juga nampak sangat bahagia karena Onur dan Alazinho dengan ceria menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.


“Menjadi kiper adalah tugas yang berat, namun saya bahagia melihat calon-calon penerus saya. Usia saya baru 16 ketika mulai berlatih bersama seorang pelatih kiper. Ketika bermain di amatir, saya sama sekali tidak punya kesempatan seperti ini,” katanya seperti dikutip fifa.com.


“Jadi, kalian lebih beruntung dibandingkan saya. Kalian punya kesempatan yang benar dengan berlatih di usia dini. Saya sendiri melatih refleks saya dengan keras, sementara kalian sudah punya refleks 90 persen karena berlatih sejak dini. Sisa 10 persen untuk kesempurnaannya akan kalian dapatkan dalam latihan,” tambah Onur.


Dalam FIFA U-20 World Cup Grassroots Festival ini, panitia memasukkan 1700 anak usia 12 tahun dan dibentuk tim-tim untuk penanganan lebih lanjut bersama dengan Direktorat Pendidikan Nasional Turki. Pada festival itu, para pemain bertanding satu sama lain untuk memperlihatkan skill dan kemampuan masing-masing. Langkah berikutnya adalah memberi mereka rating Fair Play. Pemain yang terpilih akan ambil bagian dalam pembukaan Piala Dunia U-20 2013 di Stadion Kadir Has, 21 Juni. Festival berikutnya akan diadakan tiap Jumat pada Mei di Bursa, Istanbul, dan Rize.


Aba Mardjani

/mardjani

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Wartawan Olahraga, Kadang Menulis Cerpen, Tinggal di Jakarta.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?