Perempuan Saudi Akan Iringi Api Olimpiade

22 Maret 2012 12:21:56 Dibaca :
Perempuan Saudi Akan Iringi Api Olimpiade
dalma rushdi, atlit berkuda arab saudi (daijiworld.com)

Olimpiade adalah ajang unjuk prestasi dibidang olah raga paling bergengsi di dunia. Olimpiade yang bertajuk “Games of the XXX Olympiad” 2012 secara resmi akan digelar di London yang akan dimulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. Acara paling menarik sebelum semua cabang olah raga dipertandingkan adalah upacara pembukaan; dalam upacara pembukaan biasanya akan ditampilkan pertunjukan yang menarik selain pesta kembang api.

Yang juga tidak kalah menarik adalah acara arak-arakan api olimpiade. Arakan api olimpiade akan berakhir tepat pada upacara pembukaan. Dimana api tersebut akan dinyalakan ditungku raksasa (caldron); api tersebut akan dibiarkan menyala sampai upacara penutupan nanti. Panitia Penyelenggara Olimpiade London sudah mengumumkan rencana rute arak-arakan Obor Olimpiade London 2012.

Rute Obor Olimpiade London direncanakan akan melewati 1.018 desa dan kota di seluruh wilayah Inggris. Termasuk menggunakan kereta api, trem dan sepeda. yang akan dimulai tanggal 19 Mei sampai 27 Juli 2012. Tidak kurang dari 8000 orang akan mengiringi obor, selama sekitar 10 minggu yang akan menempuh jarak sekitar 12.800 kilometer. Perempuan Saudi turut mengiringi Api Olimpiade.

Dari 8000 orang yang akan mengiringi obor olimpiade London, salah seorang diantaranya Reema Abdullah seorang pesepak bola wanita Saudi. Reema Abdullah menurut Arab News sudah diberitahu termasuk peta rencana perjalanan yang berjarak sekitar 8000 mil (12.800 km).

Reema Abdullah adalah seorang yang selama ini giat mengkampanyekan agar perempuan Saudi bisa diizinkan untuk berpartisipasi dalam bidang olah raga untuk bersaing dikancah internasional. Sementara Arab Saudi selama ini belum pernah mengirimkan atlitnya diarena Olimpiade.

Atlit Perempuan Saudi akan turut bersaing di Olimpiade London.

Rencananya Arab Saudi akan mengirimkan Atlit Wanita untuk berpartisipasi di ajang Olimpiade London tahun ini. Atlit perempuan tersebut akan mengenakan pakaian tradisionil yang sesuai dengan Syariah.

Bersama Brunei dan Qatar, Arab Saudi selama ini belum pernah mengikutsertakan atlit wanita dalam kontingen mereka. Komite Olimpiade Internasional (IOC) menginginkan dan melihat adanya perubahan situasi di London pada bulan Juli nanti.

Menurut IOC, Komite Olimpiade Arab Saudi sudah mengajukan nama calon atlit wanita yang akan berpartisipasi nanti.

Arab Saudi memiliki Atlit wanita di cabang berkuda yang punya cukup prestasi di ajang internasional. Dalma Rushdi Malhas pernah meraih medali perunggu di Olimpiade Pemuda 2010 Singapura. . sumber: bbc.co.uk, arab news, saudi gazette

Ahmad Saukani

/mang_kani

TERVERIFIKASI (HIJAU)

udah pensiun euy
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
FOKUS TOPIK KOMPASIANAA

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?