Kosmas Lawa Bagho
Kosmas Lawa Bagho karyawan swasta

Hidup untuk berbagi dan rela untuk tidak diperhitungkan, menulis apa yang dialami, dilihat sesuai fakta dan data secara jujur berdasarkan kata hati nurani.

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Bangkitlah Garudaku

13 September 2017   10:58 Diperbarui: 13 September 2017   11:07 676 0 0

Partai menentukan sore dan malam ini. Dua-duanya masih bisa terjadi dan menentukan. Partai pertama Timnas U-18 Indonesia akan melawan Timnas Brunei Darusalam. Berbeda dengan Timnas Brunei yang harapan untuk lolos ke semifinal sangat kecil, berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia. Timnas kita wajib menang dan wajib menang besar sekurang-kurangnya 8-0. Hal ini bisa terjadi apabila skenario pada pertandingan partai kedua, Timnas U-18 Myanmar sebagai tuan rumah menang secara luar biasa atas Timnas Vietnam yang telah mengalahkan Timnas Indonesia 3-0.

Sesungguhnya apabila kedua partai yang saling menggantungkan hasilnya untuk lolos ke semifinal sebaiknya dilakukan pertandingan bersamaan agar tidak saling mengintip satu sama lain. Agar "fair play" tetap diusung dan dijunjung tinggi. Namun kita percaya kedua partai (4 tim) akan berjalan tanpa permainan yang saling mengalahkan tanpa mengusung "fair play". 

Apa pun yang terjadi sore malam nanti menjadi kenyataan yang harus kita terima. Apabila kita toh gagal ke semifinal menjadi pembelajaran menarik agar kita lebih fokus membenah kesolidan dan kompetensi Timnas kita dalam perandingan-pertandingan selanjutnya pada even-even berikutnya. Kekalahan tidak selalu pahit yang penting kita mau belajar darinya dan mau petik hikmah positif dibaliknya.

Namun pertandingan belum berakhir bahkan belum dimulai. Oleh karena itu, kita masih memiliki rasa optimisme yang tinggi meski harus realistis. Apabila kita mampu mengalahkan Brunei dengan skor besar seperti yang kita lakukan pada Timnas Filipina maka bukan tidak mungkin kita akan melangkah ke semifinal. Apabila sudah tiba di semifinal tentu merupakan hasil yang luar biasa dan membutuhkan perjuangan yang lebih hebat lagi.

Pertandingan sore nanti melawan Timnas Brunei, Timnas kita harus bermain agresif sejak pluit panjang ditiupkan. Tetap menjaga kedalaman dan tidak lagi terlalu lama-lama dengna bola di daerah sendiri. Buatlah serangan bergelombang, apik dan efisien ke gawang Brunei Darusalam. Sepakan-sepakan terukur dari tengah lapangan atau daerah 16 patut dicoba terus-menerus. Jangan takut untuk melepas tendangan ke gawang Brunei Darusalam serta manfaatkan setiap inci peluang yang kita peroleh. Tetap bersabar dan berusaha membuat goal lebih cepat di awal-awal pertandingan sehingga menimbulkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri tinggi tanpa meremehkan tim lawan akan lebih memuluskan langkah kita ke semifinal Piala AFF 2017 di Myamar.

Kerjasama tima ditingkatkan dan minimalisir operan-operasn mendasar yang tidak tepat. Tentu, Coach Indra Syafri sudah membuat skema pertandingan meski harus kehilangan kiper utama. Kita masih memiliki kiper-kiper cadangan yang tidak kalah dengan kiper utama. Lupakan kekalahan dengan Timnas Vietnam dan tataplah pertandingan dengan Timnas Brunei Darusalam serta visualisasi diri atau impian bahwa Timnas kita menang dan akan tiba di semifinal nanti.

Saya pun berharap, Timnas U-18 Garudaku akan terbang tinggi sore nanti di Myanmar. Selalu dan selalu mendukungmu.

Ende, Flores, 13 September 2017