Kosmas Lawa Bagho
Kosmas Lawa Bagho karyawan swasta

Hidup untuk berbagi dan rela untuk tidak diperhitungkan, menulis apa yang dialami, dilihat sesuai fakta dan data secara jujur berdasarkan kata hati nurani.

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Semifinal Ideal Piala AFF 2017: Indonesia U-19 vs Thailand U-19

14 September 2017   12:22 Diperbarui: 14 September 2017   12:44 1149 1 1

Timnas U-18 kita tiba di semi final Piala AFF 2017 di Myanmar. Perjuangan mereka bukanlah hal mudah. Apalagi pada laga ke-3, mereka harus takluk 0-3 pada salah satu tim favorit juara Vietnam. Pelatih Timnas Vietnam sungguh dengan anggun dan sedikit meremehkan Timnas kita saat memberi pernyataan pers setlah timnya membantai Indonesia. "Saya tidak heran, tim saya membantai Indonesia dengan skor telak". Coach Indra Sjafri dan Timnas muda kita tidak terprovokasi sedikit pun pernyataan pelatih Timnas Vietnam bersangkutan.

Timnas kita fokus menatap laga terakhir melawan Brunei Darusalam. Kesabaran, kerendahan hati dan tetap fokus itulah yang membuat Timnas muda kita bisa menang besar dan satu hal penting bisa melaga di semifinal. Peluangnya ada meski kecil namun kita bisa meraihnya dengan peluh dan keringat serta menaggung malu berbagai komentar yang berusaha meruntuhkan mental bertanding.

Timnas muda kita bisa melewatinya dan memuluskan langkah di semi final. Perjuangan Timnas kita di semi final tidaklah mudah. Berhadapan dengan Timnas Thailand yang senantiasa juara. Thailand merupakan salah satu tim Asia Tenggara yang cukup diperhitungkan. Namun bukan tidak mungkin Timnas kita meraih kemenangan.

Laga semi final ini dianggap cukup ideal. Timnas kita sepertinya sudah mempersiapkan diri, taktik dan strategi agar bisa meraih hasil positif di semifinal besok. Timnas muda harus terus bekerja keras, penuh daya juang serta "fighting spirit" yang lebih besar. Harus mau duel bola-bola udara dan tidak membuat pelanggaran pada daerah 16 atau kotak pinalti serta tidak memberikan kesempatan Timnas Thailand untuk sepak pojok. Bola-bola udara menjadi andalan Timnas Thailand dan nanti juga Malaysia.

Apabila dalam laga semi final besok, Timnas kita bermain dengan "fighting spirit" seperti melawan Myanmar atau Filipina serta terakhir Brunei maka bukan tidak mungkin Timnas kita bisa melangkah ke final AFF 2017. Akan lebih baik apabila Myanmar juga bisa mengalahkan Malaysia maka akan terjadi pertandingan menarik dan enak ditonton. Myamnar sebagai tuan rumah akan berjuang sekuat tenaga untuk revans apalagi mereka sudah membuktikan membalikkan semua prediksi dengan mengalahkan Timnas Vietnam pada laga menentukan serta membuat Vietnam harus bertekuk lutut untuk tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Demikian juga apabila Timnas kita memenangkan pertandingan semi final maka akan berjuang mempertahankan martabat untuk terus mendominasi kemenangan atas Timnas Myanmar. Namun itu semua cumalah harapan dan pengandaian. Timnas muda kita harus tetap fokus, sabar dan tawakal untuk menatap laga semi final yang sudah di depan mata. Nyakinkan diri bahwa Timnas muda kita bisa membuat sejarah di Myanmar kali ini.

Selamat bertanding di semi final ideal. Timnas kita tidak lebih inferior dari Timnas Thailand. 

Ende, 14 September 2017