Pendaftaran Lowongan CPNS Kemenag RI 2010, Dimulai Hari Ini

25 Oktober 2010 15:26:00 Dibaca :

Siapa ingin daftar jadi PNS?

Bagi teman-teman yang ingin mendaftar segera buka website www.kemenag.go.id, atau website universitas Islam yang ada di seluruh Indonesia. Di halaman utama terdapat pengumuman tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan kementrian agama 2010.

Kementrian Agama Republik Indonesia membuka kesempatan kepada warga Negara Indonesia untuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website atau internet, yang dibuka sejak hari ini, 25 Oktober sampai 3 November 2010.

Tak dipungkiri, diantara ribuan peminat calon pegawai negeri sipil itu, saya termasuk di dalamnya. Dini hari, ketika saya buka web kemenag RI, jumlah pengunjung sudah mencapai sekitar 70.000, malam sebelum saya menulis tulisan ini, jumlahnya telah mencapai 412.687, dan akan terus bertambah sampai pengumuman penerima cpns ditetapkan.

Siang hari, saya pergi ke kantor rektorat Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai kesempatan cpns, dan mencari tahu alokasi formasi apa saja yang ditawarkan.

Kesempatan cpns yang ditawarkan berjumlah 25 orang, 14 untuk jabatan dosen, dan 9 untuk jabatan tenaga kerja. Calon dosen yang ingin diterima harus memenuhi segala persyaratan yang diajukan, terutama kesesuaian ijazah dan formasi jurusan. Untuk jabatan dosen, ijazah yang diperlukan minimal jenjang S2. Sedangkan untuk tenaga kerja, dapat menggunakan ijazah S1, dengan syarat harus sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

Diantara formasi ijazah yang diperlukan, sayang sekali, ijazah saya belum dapat digunakan untuk pendaftaran. Mendaftar sebagai dosen, tidak bisa, karena ijazah S2 belum di tangan. Mendaftar untuk tenaga kerja sebagai pegawai, juga tidak bisa, karena ijazah yang dibutuhkan adalah jurusan Administrasi Negara, Akuntan, Hukum, Sospol, dan Tehnik, baik informatika, informasi, komputer maupun teknologi.

Saya bertanya kepada beberapa dosen mengenai formasi ijazah yang sangat terbatas ini. Dari mereka, satu hal baru saya ketahui, bahwa penerimaan calon pegawai negeri sipil sekarang ini tergantung kebutuhan masing-masing universitas. Jika mereka membutuhkan dosen untuk sastra Arab, maka kesempatan yang diberikan kepada pelamar adalah yang memiliki ijazah sastra Arab. Apabila butuh dosen tarbiyah, maka yang diambil juga yang memiliki ijazah tarbiyah, dan sebagainya. Jadi kesempatan antara satu universitas dengan univeristas lainnya bisa berbeda, tergantung kebutuhan universitas tersebut.

Seorang dosen memberi saya motivasi agar segera menyelesaikan pendidikan pascasarjana, sehingga kesempatan untuk melamar sebagai calon pegawai negeri sipil semakin terbuka. Dia juga memberi saya sebuah buku yang berjudul, “Model dan Strategi Pembelajaran Aktif: Teori dan Praktik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam”. Buku karangan beliau ini, baru saja keluar dari percetakan dan belum disebarluaskan ke khalayak umum. Bahkan buku ini, baru saja beliau terima dari penerbit, ketika saya tengah berada dalam ruangan itu.

Bagi teman-teman kompasiana yang berminat mendaftar sebagai cpns, segera daftar secara online dan kirim berkas lamaran anda sekarang juga! Segera..., sebelum pendaftaran ditutup. Semoga beruntung dan berhasil. Sukses Selalu...

Salam Kompasiana

Lady Eka

/ladyeka

Saya Ingin belajar menulis.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?