Kuburan-kuburan Keramat di Nusantara
Membaca kajian buku, "Kuburan-kuburan Keramat di Nusantara" karya dari Hartono Ahmad Jaiz dan Hamzah Tade. Menandakan keberadaan kuburan-kuburan keramat (baca : dianggap Keramat) di Indonesia amatlah banyak. Dari ujung Serang sampai ujung Marauke, apalagi di Pulau Jawa.
Dengan fenomena yang nyata ini dikalangan masyarakat seringkali terjadi kemusyrikan secara struktural (menyeluruh), dengan itu saya memberikan daftar kuburan-kuburan keramat diantaranya :
Bagian I
KUBURAN YANG DIKERAMATKAN (LUAR JAWA)
- Makam Syiah Kuala (Aceh)
- Makam Syaikh Burhanuddin (Riau)
- Makam Keramat Mabar (Medan)
- Makam Datuk Keramat Darah Putih (Medan)
- Makam Empat Datuk (Deli Serdang)
- Makam Putri Ayu (Jambi)
- Makam Tanjung Lilin (Payakumbuh)
- Makam dan Surau Tao Taram (Payakumbuh)
- Makam Keramat Pulau Plutukung (Balik Papan)
- Makam Keramat di Sulawesi
- Makam Keramat Jupanggola (Gorontalo)
- Makam Keramat Magau Tonikota (Parigi, Sulteng)
- Makam Datokarama (Palu)
Bagian II
KUBURAN YANG DIKERAMATKAN ( DI JAWA)
- Makam Mbah Kwitang (Jakarta)
- Makam Keramat Kampung Bandang
- Makam Luar Batang
- Makam Jilun dan Guru Mughni (Jakarta)
- Makam Pangeran Wijayakusuma (Jakarta)
- Sejarah Ritual Mesum Pesugihan di Gunung Kemukus
- Makam Keramat Ki Ageng Balak (Sukaharjo)
- Makam Keramat Kartosuwirjo Pulau Obi (Jakarta)
- Makam Keramat Tan Malaka (Kediri)
- Makam Keramat di Kebon Raya Bogor (Bogor)
- Makam Keramat Mbah Manggeng (Tegal)
- Makam Keramat Mbah Punggung (Tegal)
- Makam Keramat Wali Sepuluh
Bagian III
MACAM-MACAM KYAI ADA YANG DIKERAMATKAN
- Kyai Maja
- Kyai Langgeng
- Kyai Kanjeng
- Kyai Slamet
- Kyai Sengkelat
- Kyai Semar
- Kyai Sapu Jagad
- Kyai Petruk
- Kyai Sadrach
Bagian IV
MASALAH NGALAP BERKAH KEMAKAM WALI SONGO
- Makam Wali Songo
- Peringatan Empat Puluh Hari Kematian Adalah dari Adat Fir'aun
- Tabaruk (Ngalap Berkah) yang Boleh dan yang dilarang
- Berbondong-bondong "ngalap Berkah" kekuburan Wali Bukan dari Tradisi Islam.