HIGHLIGHT

Siri: iPhone 4S Bukan The Best Smartphone Ever

16 Mei 2012 01:02:20 Dibaca :
Siri: iPhone 4S Bukan The Best Smartphone Ever

Beberapa hari yang lalu, Nokia, vendor ponsel dari Finlandia yang kini tengah limbung bersorak gembira. Apa pasal Nokia bersorak gembira? Tidak lain karena personal assistant di iPhone 4S, SIRI, memberikan jawaban bahwa Nokia Lumia 900 warna Cyan adalah smartphone terbaik yang pernah ada. Berita ini pertama kali muncul di wmpoweruser.com yang kemudian menyebar ke mana-mana. Kisahnya ketika seseorang menanyakan kepada SIRI, pertanyaan what is the best smartphone ever, maka SIRI tanpa ragu menjawab Nokia Lumia 900 AT&T berwarna Cyan seharga 549,9 dollar AS. Tentu saja banyak pengguna iPhone dan Apple Fanboy yang terperangah dengan jawaban SIRI ini mengingat SIRI adalah personal assitant yang hanya ada di iPhone 4S. Banyak pengguna iPhone dan Apple Fanboy berharap bahwa jawabannya adalah iPhone 4S, bukan Nokia Lumia 900 yang baru saja satu bulan yang lalu diluncurkan. wmpoweruser.com menuliskan: Of course this answer was not programmed in by Steve Jobs, but is the result of the excellent analytical engine Wolfram Alpha, and appears pretty genuine, as can be seen here. So if you want to have the ultimate wind up on your iPhone 4S  totting friends, simply ask their phone Which is the best cellphone ever. Ups, Nokia jangan senang dulu, jangan mengatakan pretty genuine dulu.  Tentunya kita perlu menelisik mengapa SIRI di iPhone 4S memberikan jawaban tersebut di atas. searchengineland.com memberikan keterangan bahwa SIRI sebagaimana ditulis di wmpoweruser.com memperoleh jawaban tersebut dari wolframalpha.com. Jadi SIRI mengandalkan informasi yang dikumpulkan wolframalpha.com untuk memberikan jawaban atas pertanyaan what is the best smartphone ever. Saya telah mengunjungi  wolframalpha.com dan menuliskan pertanyaan yang sama dan hasilnya sama dengan yang diberikan oleh SIRI, coba lihat screenshot berikut ini.

1337094861345422579
Jawaban dari wolframalpha.com, sumber: wolframalpha.com
Pertanyaannya dari mana wolframalpha.com memperoleh jawaban bahwa smartphone terbaik adalah Nokia Lumia 900 AT&T berwarna Cyan? Ternyata wolframalpha.com memperoleh informasi dari konsumen yang membeli dari Best Buy di mana review konsumen memberikan rating lima atau tertinggi. Ini artinya sebenarnya wolframalpha.com mengandalkan review konsumen, informasi ini kemudian dijadikannya dasar untuk memberikan jawaban, dan SIRI karena memakai rekomendasi wolframalpha.com akan menginformasikan kepada pengguna iPhone 4S jika menanyakan hal yang sama bahwa smartphone terbaik yang pernah ada adalah Nokia Lumia 900 AT&T berwarna Cyan dengan harga 549,9 dollar AS. Mengapa bukan iPhone 4 atau iPhone 4S yang dikemukakan oleh SIRI? Bila kita dilihat di halaman bestbuy.com ternyata Nokia Lumia 900 menurut  searchengineland.com memperolehrating 5 dari 5 (6 review saat itu), sedangkan iPhone 4S memperoleh rating 4,5 (dari 73 review). Ini yang mendasari mengapa bukan iPhone 4S yang menjadi acuan jawaban dari SIRI. Nah ketika jawaban atau review dari konsumen di bestbuy.com berubah, nantinya jawaban SIRI mungkin akan berubah. Perlu juga kita lihat bahwa SIRI tidak memberikan satu tempatpun bagi iPhone 4 atau iPhone 4S karena setelah Nokia Lumia 900 terdapat smartphone lain dalam daftar wolframalpha.com sebagai berikut.
1337096808876871908
sumber: bestbuy.com
Kesimpulannya, ternyata personal assitant dari Apple Inc, SIRI tidak melulu merekomendasikan iPhone. Ini artinya karena menggunakan wolframalpha.com SIRI memberikan jawaban yang sama dengan yang diberikan oleh wolframalpha.com. Tentu saja setidaknya hal ini cukup membuat Apple Inc merasa kecele dengan program buatan mereka sendiri. Perkembangan lebih lanjut sebagaimana diberitakan oleh TheNextWeb.com, Nokia menuduh Apple Inc. telah sengaja memperbaiki  SIRI  untuk mengubah hasil jawaban karena setelah kasus ini menyebar beberapa waktu, SIRI kemudian tidak memberikan jawaban yang sama lagi. Juru bicara Nokia, Tracy Postill mengatakan kepada Sydney Morning Herald : "Apple position Siri as the intelligent system that's there to help, but clearly if they don't like the answer, they override the software". Coba kita perhatikan screenshot berikut ini.
1337097553528943347
Sumber: cnet.com
Dan screenshot yang ini.
1337097645580995315
cnet.com
Tampaknya walaupun memberikan pertanyaan yang sama jawaban yang diberikan oleh SIRI tidak lagi Nokia Lumia 900. Namun benarkah Apple Inc. telah melakukan perbaikan sehingga jawaban yang semula Nokia Lumia 900 tidak muncul lagi? Sampai tulisan ini dibuat belum ada keterangan dari pihak Apple Inc. Akan tetapi dapat diperkirakan bisa saja Apple Inc. melakukan perbaikan karena jawaban SIRI merupakan iklan gratis yang membuat iPhone  kalah pamor. Namun setidaknya ada beberapa hal penting yang kita pelajari dari kasus ini. Pertama, SIRI ternyata bukanlah program yang mandiri atau berdiri sendiri, SIRI memberikan jawaban berkat bantuan program lain yang dalam kasus ini wolframalpha.com. Kedua, wolframalpha.com mendasarkan jawabannya kepada rata-rata review konsumen, ini artinya sangat bisa subjektif tergantung konsumennya. Ketiga secara tidak langsung, kasus ini setidaknya menguntungkan bagi Nokia karena personal assitant pada iPhone 4S merekomendasikan Nokia Lumia 900, bukan iPhone 4 atau iPhone 4S.  Sepertinya SIRI melecehkan iPhone secara tidak langsung karena sejauh ini consumer satisfaction terhadap iPhone sangat tinggi. Namun Nokia tidak bisa terlalu gembira. Saya kira masih banyak hal yang membuat iPhone 4S lebih bagus dibandingkan Nokia Lumia 900. Jika kita perbandingkan, Nokia masih butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menyaingi iPhone 4S.

Kimi Raikko

/kimi_raikko78

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Just Another Days In Paradise



Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?