Kerak Piston
Kerak Piston

Mengulas dan menyajikan informasi seputar otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Energi Listrik vs Energi Fosil

16 Mei 2017   12:52 Diperbarui: 16 Mei 2017   12:59 49 0 0
Energi Listrik vs Energi Fosil
wikiwand.com/zh-hk/

KERAKPISTON, Semakin hari bumi kita semakin panas Mas Vro bencana alam mulai dari kekeringan sampai banjir bandang datang karena alam yang tidak lagi bersahabat, semua karena dampak dari Global Warming. Oleh karena itu masyarakat dituntut untuk memperbaiki sikap yang dapat memperparah dampak global warming salau satu contohnya adalah pemakaian energi terbarukan atau energi yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Selama ini minyak bumi dipercaya sebagai energi yang paling penting di dunia, padahal minyak bumi merupakan energi yang tidak dapat diperbaharui Mas Vro. Hal ini juga yang membuat pabrikan motor dan mobil semakin sadar jika kita membutuhkan kendaraan yang bebas emisi dengan meninggalkan jenis mesin konvensional menjadi mesin listrik.

Tesla Motor

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2003 ini memperkenalkan mobil sport yang sepenuhnya mengunakan mesin listrik yang diberi nama Tesla Model S. Pada 26 Maret 2009, Tesla memperkenalkan desain Model S kepada masyarakat umum dengan memperkenalkan prototipnya. Kabinnnya berisi dashboard dengan sistem layar-sentuh (touch-screen) dan fitur lainnya yang sangat memukau. Mobil berkapasitas maksimum 7 kursi ini, dapat menempuh jarak 0-60 mil (0-100 km) per jam denagn waktu 5,5 detik. 

Mobil ini dapat menempuh sekitar 300 km sekali pengisian baterai dan listriknya dapat diisi pada outlet (stasiun pengisian listrik, sementara ini belum tersedia di Indonesia) dengan tegangan 120, 240, atau 480 volt. Selain itu, baterainya juga dapat diisi di rumah dengan charger khusus yang telah disediakan Mas Vro.

Harley-Davidson

dailymail.co.uk
dailymail.co.uk
Tak ketinggalan dari sektor sepeda motor pabrikan Harley-Davidson yang berbasis di Amerika juga sedang giat untuk mengembangkan sebuah motor listik dengan tenaga yang luar biasa yaitu Project LIVEWIRE. Sepeda motor yang sepenuhnya menggunakan energi listrik ini memiliki desain yang sangat elegan khas motor-motor Harley, tidak hanya itu LIVEWIRE dibekali motor listrik yang memiliki daya 54 kW atau setara 75 HP yang dapat membawa Mas Vro dari kecepatan 0-100 Km secepat 4 detik saja!, itu dikarenakan Harley LIVEWIRE mempunyai torsi sebesar 70,51 Nm dan memiliki Top Speed 154 km/jam.

Nah Mas Vro, ternyata anggapan masyarakat tentang kelemahan kendaraan listrik sudah dijawab oleh kedua pabrikan diatas. Oke Mas vro sekarang udah gak ragu lagikan tentang teknologi motor listrik.