Ubuntu...

14 April 2014 21:48:19 Dibaca :
Ubuntu...

Ketika kita mendengar kata itu apa yang terlintas ? .. Bagi orang awam mungkin tidak mengetahui kata tersebut, namun ketika yang mendengar adalah orang yang terbiasa menggunakan aplikasi/software open source pastinya sudah tidak asing lagi.

Mungkin diluar sana sudah banyak yang bercerita banyak tentang Ubuntu, saya disini menampilan sisi lain dari sebuah 'Ubuntu'. Apa sih Ubuntu ? Ubuntu adalah Sistem Operasi yang berbasiskan Linux dengan tampilan dan penggunaan yang cukup mudah dan 'aplikatif' pada setiap aplikasi di dalamnya. Dibandingkan dengan Sistem Operasi lain yang mempunyai basis Linux juga, Ubuntu lebih mempunyai nilai plus yaitu proses penggunaan dari sisi instalasi sampai penggunaan sehari-hari cukup mudah, terutama jika Ubuntu digunakan oleh seorang yang baru pertama kali menggunakan baik yang ber-'migrasi' dari Sistem Operasi yang bukan berbasis Linux.

Kenapa cukup mudah ?

Pertama..proses instalasi hanya menggunakan beberapa step kemudian Ubuntu sudah bisa digunakan lengkap dengan aplikasi Office-nya yang diberi nama Libre Office, dan langsung bisa menggunakan pdf reader bahkan hingga langsung bisa mendengarkan lagu bahkan film sekaligus tanpa proses instalasi tambahan lagi seperti Sistem Operasi yang lain hingga langsung bisa menggunakan internet tapi tentunya harus ada koneksi internetnya ya hehehe

Kedua..penggunaan aplikasi di dalam Ubuntu pun cukup mudah, tinggal meng'klik' aplikasinya langsung terbuka atau klik tombol 'cari' dan ketik aplikasi yang diinginkan maka aplikasinya bisa muncul dan bisa dibuka.

Kenapa 'aplikatif' ?

Pertama..banyak sekali aplikasi-aplikasi yang terdapat di Ubuntu seperti Aplikasi Office dan pelengkapnya seperti PDF Reader, dan lain-lain bisa langsung beradaptasi, karena penggunaannya hampir sama dengan Aplikasi Office yang ada pada Sistem Operasi lain yang berbasis bukan Linux.  Menu-menunya pun hampir sama, sehingga memudahkan pemakai awal yang sudah terbiasa memakai Office lain.

Seperti saat ini pun saya menulis dengan Libre Office dengan aplikasinya bernama Libre Writer, berikut tampilannya :



Sangat mudah sekali menggunakan Libre Writer, apabila kita sudah terbiasa dengan perintah-perintah dasar yang ada di aplikasi lainnya yang sejenis seperti 'Word' maka hal ini bisa juga digunakan di Libre Writer tanpa ada halangan apapun.

Dan untuk aplikasi pemutar lagu dan film pun bisa langsung digunakan untuk berbagai jenis tipe lagu dan film, salah satunya menggunakan Ryhthmbox, berikut tampilannya :

13974609271902281613

Bentuk tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya yang sejenis pada Sistem Operasi lain, sehingga tidaklah sulit bila langsung ingin mendengar sebuah lagu pada Ubuntu.

Demikian tulisan saya pada chapter ini, kita akan lanjut pada chapter berikutnya ;)

Salam,
justkrisma

Justkrisma

/justkrisma

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang pengemban kehidupan dalam dunia ini. Dan menjadikan menulis sebuah insparasi kehidupan bagi anak cucu kita kelak ;)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?