Ekonomi highlight

Penguatan Motivasi Entrepreneur di Kalangan Generasi Muda

20 Mei 2017   22:50 Diperbarui: 20 Mei 2017   23:10 56 2 1
Penguatan Motivasi Entrepreneur di Kalangan Generasi Muda
Sumber: sarungpreneur.com

YOGYAKARTA - Indonesia adalah letak dimana jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia. Adanya penduduk terbesar di Indonesia, Indonesia menjadi tempat yang strategis untuk melakukan  jual beli yang potensial. Potensi Sumber Daya Manusia di Indonesia semakin berkembang dan ditekankan oleh pemerintah, karena dapat mempercepat laju reformasi ekonomi dan  karena didukung oleh Pemerintah, seperti UMKM, memberikan sarana dan prasarana dalam pasar, dll. Daya beli masyarakat yang tinggi di Indonesia, membuat keuntungan perekonomian Indonesia menjadi pesat. Hal ini menjadikan berwirausaha menjadi pilihan yang tepat dalam meningkatkan pendapatan. Peran entrepreneur menentukan kemajuan suatu bangsa dalam membangun lapangan pekerjaan. Wirausaha merupakan peluang kerja yang tidak akan pernah sempit samapai kapanpun. Pada sekarang ini, yang menjadi masalah adalah mahasiswa yang belum berani memulai berwirausaha. Banyak mahasiwa yang masih mempertimbangkan karena salah satunya tidak ada modal, kurang mental, bingung untuk memulai. Padahal seorang mahasiswa mempunyai potensi untuk berwirusaha yang didukung banyak fasilitas;

Pertama, faktor umur. Mahasiswa akan lebih mudah untuk merintis usaha pada masa-masa muda. Karena, ketika seorang mahasiswa jatuh-bangun dalam usaha yang dirintisnya, mereka masih tersamarkan predikat mahasiswanya. Berbeda lagi ketika mereka memulai usaha setelah lulus kuliah, mereka akan memiliki beban mental ketika mereka jatuh saat merintis usahanya.

Kedua, pencarian modal yang mudah. Sebenarnya ada banyak cara untuk pencarian modal. Salah satunya dengan menjual aset apa yang kita punya, kalau memang aset tersebut masih berharga buat Anda, Anda bisa memberikan ke Pegadaian yang prosesnya cukup sederhana. Dana usaha yang diberikanpun sangat membantu pengembangan usaha Anda.

Ketiga, kesempatan mencari pengalaman yang banyak. Ketika seseorang sudah berumur 40 tahun akan lebih sulit untuk mencari pengalaman, karena kehidupannya sudah dituntut dengan kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Berbeda lagi, jika seorang mahasiswa memulai usaha sejak muda akan memiliki kesempatan  untuk mengarungi pengalaman.

Keempat, memiliki investasi masa depan. Jika seseorang memulai usaha sejak muda, mereka akan mempunyai investasi berupa mental di masa depan. Bukan hanya sekedar uang.

Sri Mulyani Indrawati, Kementrian Keuangan menyatakan bahwa Indonesia termasuk dalam 20 negara ekonomi terbesar di Indonesia. Hal ini didorong oleh demografi di Indonesia yang besar dan potensial. Jika kondisi ini diarahkan, akan mampu menjadi sumber perekonomian di Indonesia dan akan dimanfaatkan. Salah satunya tingkat income perkapita dan jumlah penduduk semakin bertambah. Semua ini diikuti dengan semakin meningkatnya tingkat kebutuhan. Dengan berwirausaha akan memberikan peluang kerja dan kreatifitas kepada mahasiswa, sehingga angka pengangguran akan menurun.