HIGHLIGHT

Menabung Pohon Ala S3 Cita Idola, Investasi Jangka Panjang untuk Kelestarian Alam Kita

12 Mei 2013 13:16:16 Dibaca :
Menabung Pohon Ala S3 Cita Idola, Investasi Jangka Panjang untuk Kelestarian Alam Kita
-

Kata “menabung” tak asing lagi terdengarnya lewat telinga kita. Kita harus mulai menabung sejak dini . Menabung merupakan kegitan yang sangat positif. Dengan menabung kita bisa menjadi pribadi yang lebih hemat dan tentu juga kita dapat belajar mengatur keuangan kita. Menabung adalah menyimpan uang atau barang berharga di celengan , bank , pos dan tempat aman lainnya. Itulah sementara pemahaman menabung yang kita kenal dan kita ketahui.

Menabung Pohon? Rasanya asing kedengarannya, tapi dengan kemajuan dan kecerdasan orang memaknai kata, menabung tidak hanya berupa uang saja, ternyata menabung pohon juga bisa.

SMP Negeri 3 Cibadak adalah salah satu sekolah negeri yang ada di Kabupaten Sukabumi yang sering di sebut dengan S3 Cita Idola. Di sekolah inilah saya mengajar, mendidik dan melatih para siswa untuk menjadi generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. Sejak berdiri tahun 1999, S3 Cita idola telah meraih beberapa gelar, seperti Sekolah Olahraga Nasional, SSN , sekolah berbudi pekerti dan sekolah berbasis lingkungan hidup.

Dari label sekolah berbasis lingkungan hidup inilah, S3 Cita Idola berupaya untuk mencoba melestarikan alam secara sederhana sebisa dan semampu yang dilakukan oleh semua komponen sekolah, guru, para siswa dan orang tua siswa, yaitu menabung pohon. Selain dalam kurikulumnya di masukkan muatan lokal pembelajaran PLH ( Pendidikan Lingkungan Hidup) juga secara fisik lingkungan sekolahnya harus mencerminkan sekolah berbasis lingkungan hidup. Salah satunya sekolah harus menjadi lingkungan yang alamiah yang membuat semua komponen sekolah merasa nyaman dan segar dalam beraktifitasnya.

Lingkungan hidup alamiah adalah suatu sistem yang amat dinamis yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, keadaan, makhluk hidup, dan komponen-kompnen abiotik lainnya, tanpa adanya dominasi campur tangan manusia. Interaksi yang terjadi di dalam lingkungan alamiah dan sekitarnya membentuk suatu ekosistem. salah satu contoh lingkugan hidup alamiah , yaitu hutan primer.

Dalam lingkungan alamiah ini terjadi interaksi antarkomponen lingkungan, pertukaran energi dan materi, dan pergantian komunitas tumbuhan dan hewan sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang ditimbulkan oleh peristiwa alam, seperti gempa, kebakaran hutan, banjir, dan pergantian iklim. Pergantian alamiah dalam lingkungan hidup alamiah dapat terjadi berkali-kali, namun akhirnya selalu membentuk komunitas yang stabil . Sebaliknya, pergantian dalam hutan primer yang terjadi akibat kegiatan manusia, seperti penebangan hutan, perladangan berpindah, dan perkebunan menyebabkan lingkungan hidup alamiah menjadi rusak. Untuk itu kita perlu upaya menciptakan lingkungan alamiah yang di modifikasi semampu dan sebisa kita tanpa menghilangkan unsur-unsur lingkungan alamiah tersebut.

Berbekal keinginan dan kemampuan yang di milki oleh komponen sekolah, S3 Cita idola mencoba menggagas program menabung pohon di lingkungan sekolah. Program ini tentunya tak gampang, seperti membalikkan telapak tangan. Banyak kendala dan hambatannya. Tapi Setelah 4 tahun berjalan, Alhamdulilah, lingkungan sekolah seperti lingkungan alami, ada banyak pepohonan, tumbuhan-tumbuhan dan tentunya hewan-hewan kecil/serangga yang ada di dalamnya.

Bagaimana program ini di jalankan? Sederhana sekali : 1) Di setiap tahun ajaran, para siswa baru di haruskan membawa pohon (menabung pohon) atau tanaman yang mereka miliki, untuk di tanam atau di simpan di lingkungan sekolah 2) Para guru dan semua komponen di sekolah, membantu untuk menanam,merawat dan menata pohon-pohon atau tumbuhan yang mereka bawa. 3) Untuk tanaman yang berupa tumbuhan atau bunga, di simpan di tempat khusus (Green House Sederhana) yang sudah di siapkan oleh pihak sekolah. 4) Pohon atau tanaman yang pantas di untuk di tanam di lingkungan sekolah, di pilih dan di tanam di sekitar sekolah.

Manfaat : 1) Melatih para siswa untuk belajar mencintai alam dan melestarikan alam secara sederhana yang bisa dan mampu mereka lalukan 2) Seperti halnya menabung uang, menabung pohon (tanaman) juga perlu waktu tak bisa di nikmati secepatnya, perlu kesabaran dan konsisten dalam pemeliharaannya. 3) Belajar berinvestasi untuk lingkungan dalam jangka panjang dan lama 4) Bernostalgia bersama lingkungan sekolah kelak 10 atau 15 tahun mendatang, bahwa mereka pernah menabung pohon.

Melestarikan alam adalah tugas kita semua, untuk itu harus di mulai sejak bangku sekolah. Lestari sekolah Kita, Lestari Alamku !

Catatan:

Album Foto Menabung Pohon Ala S3 Cita idola Bisa di Lihat disini

Nothing to Lose – Michael Learns to Rock Song Lyrics

Iwan Sumantri

/iwansumantris3

TERVERIFIKASI (HIJAU)

" Satu Orang Musuh terlalu Banyak, Seribu Orang Sahabat Terlalu Sedikit " email : iwansmtri@gmail.com Blog Pribadi : http://iwansmtri.blogspot.com "RELA BERBAGI IKHLAS DALAM MEMBERI"
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?