HIGHLIGHT

Pengembangan Sikap

17 Mei 2010 00:57:00 Dibaca :

Mengembangkan sikap merupakan bagian kecil namun penting untuk dilakukan oleh mereka yang sedang berburu keberhasilan. Sebab sebuah keberhasilan tidak pernah datang dengan sendirinya. Akan tetapi dilatar belakangi oleh palng tidak tiga faktor utama, yang antara lain adalah: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena sikap memegang peranan yang sangat menentukan dalam menggapai keberha-silan, maka tidak berlebihan jikalau sejenak kita harus memusatkan perhatian kita pada sikap. Dengan harpaan agar kita dapat mengembangkan sikap ke arah yang jauh lebih baik lagi, supaya dengan sikap yang unggul keberhasilan boleh menjadi milik kita! Oleh karena attitude development (pengembangan sikap) akan menjadi pokok pembahasan berserial guna membantu para pembaca agar dapat mengembangkan sikap positip yang ada pada diri pembaca.


Tujuan


Mempelajari Attitude Development merupakan hak dan kewajiban setiap mereka yang mendamba-kan keberhasilan! Sebagaimana telah dipaparkan dalam pembukaan tersebut di atas, bahwasanya sikap memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan, maka kita harus mengembang-kannya sedemikain rupa! Untuk itu tujuan utama dari mempelajari pokok pembahasan ini adalah menyang-kut beberapa aspek: 1) Agar kita dapat memahami arti dan Peran Sikap Positif dalam pelayanan dan kehidu-pan di dunia nyata, 2) Agar kita dapat membangun dan mengembangkan Sikap Positif terhadap diri sendiri, orang lain dan pelayanan, 3) Mempraktekkan Sikap Positif dalam setiap kesempatan agar mempunyai kebia-san yang positif, 4) Mempunyai komitmen untuk menerapkan sikap positif dalam profesi sebagai orang percaya kepada Tuhan.



Definisi


Sikap adalah suatu isyarat yang dipancarkan kepada orang lain, untuk menunjukkan bagaimana kita mengelola diri, orang lain, pekerjaan, waktu, masalah, situasi yang dapat dilihat dan dibaca orang lain melalui tindakan, ucapan, perbuatan atau perilaku kita sehari-hari. Dengan demikian sikap kita mewakili kepribadian kita yang sesungguhnya. Oleh karena itu, sikap kita yang positip akan sangat menjadi faktor penentu keberhasilan yang tengah kita perjuangkan. Bilamana sikap kita positip, maka kitapun akan memancarkan tindakan yang positip pula. Demikian pula sebaliknya, bilamana sikap kita negatip maka yang terpancar lewat perilaku kita juga akan negatip. Dan tentunya kondisi negatip demikian ini akan sangat merugikan diri kita sendiri!


Sikap Anda


Berikut ini adalah beberapa hal ini yang harus kita ketahui dengan seksama agar ktia dapat memperlakukan sikap dan perbuatan kita dengan tepat dan benar. Sebab kesalahan kita memperla-kukan silkap kita, akibatnya akan merugikan diri kita sendiri. Sebaliknya jikalau kita kelola dan kem-bangkan dengan baiksikap positip kita. Maka kitapun akan dibuatnya menjadi orang yang pasti berhasil dalam setiap kebijakan dan tindakkan kita:


1) Sikap adalah milik yang paling berharga,


2) Sikap kita akan dibaca dan dilihat orang lain. Demikian juga sebaliknya, kita pun akan membaca karakter/kepribadian orang lain melalui penampilannya,


3) Sikap tidak dapat ditutup-tutupi, pasti kelihatan,


4) Perhatian orang lebih terpusat pada sikap. Bukan terhadap ucapan kita,


5) Sikap positif dengan bahasa indah dan sopan akan menghasil-kan hubungan positif dan selanjutnya akan menghasilkan komunikasi yang efektip,


6) Semua aktivitas sehari-hari dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan, kita lakukan berdasarkan sikap kita terhadap orang lain, pekerjaan, situasi tertentu,


7) Keberhasilan atau kegagalan kita didasarkan/ditentukan oleh sikap kita, bukan oleh orang lain.ΓΏ

Itnawanto Eko

/itnawanto

Saya hanyalah seorang yang membaktikan hidup saya untuk perkara-perkara yang berhubungan dengan kerohanian Kristen. Namun saya senang menimba pengetahuan dari berbagai sumber. Saya juga mempunyai keinginan atau cita-cita sederhana yaitu dapat hidup rukun dengan siapapun selama hidup yang singkat di dunia ini. Lebih lanjut saya sangat merindukan agar Indonesia dapat menjadi bangsa yang saling mengasihi, rukun, damai dan sejahtera serta makmur.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?