HEADLINE

Kompasiana Tembus Peringkat 29!!

18 Agustus 2012 17:05:19 Dibaca :
Kompasiana Tembus Peringkat 29!!
Kompasiana di peringkat ke-29 (www.alexa.com)

Sebagai sebuah media sosial lokal yang dikenal sarat informasi dan berita alternatif, perkembangan Kompasiana terbilang pesat. Hanya tempo waktu tiga tahun, dan tanpa promosi yang gencar, media warga terbesar di Indonesia ini telah menduduki peringkat ke-29 website Indonesia menurut pemeringkat-website Alexa.com, sejak 18 Agustus 2012 kemarin. Peringkat 29 merupakan angka psikologis yang memungkinkan website ini menanjak naik ke peringkat yang lebih tinggi lagi. Sebagai pengelola yang membidani pengembangan Kompasiana sejak awal 2009, saya merasa perlu membuat tulisan khusus dalam merayakan pencapaian ini (terus-terang ini adalah nazar saya sejak sebulan lalu). Pasalnya, sejak pertengahan 2011 lalu, peringkat Kompasiana selalu berada di kisaran 30-an, lebih sering berada di posisi 34-37. Maka ketika website ini melewati angka 30-an dan masuk ke peringkat 29, saya optimis Kompasiana bisa berada di posisi 25, atau bahkan, satu saat nanti, tembus ke posisi belasan bersama saudara tuanya, KOMPAS.com. Sebagai perbandingan, saat ini peringkat pertama website Indonesia ditempati oleh Facebook. Kaskus yang masih menjadi media sosial terbesar asli Indonesia berada di posisi ke-7. Diikuti oleh tiga website berita Indonesia, yaitu Detik (10), KOMPAS.com (13) dan Vivanews (19). Terus-terang, saya sering membandingkan Kompasiana dengan dua jenis website, yaitu website media sosial dan website berita. Karena Kompasiana tidak hanya website berbasis user-generated content (konten yang dibuat oleh pengguna Internet), tapi juga sebuah media informasi yang kontennya dikelola layaknya media arus-utama seperti KOMPAS.com. Bila peringkat website Indonesia di Alexa hanya memasukkan website-website asli (buatan) Indonesia, maka posisi Kompasiana berada di 10 besar (website lokal Indonesia), seperti bisa dilihat dari urutan berikut:

  1. Kaskus.co.id (7)
  2. Detik.com (10)
  3. KlikBCA (12)
  4. KOMPAS.com (13)
  5. TokoBagus (17)
  6. VIVA.co.id (19)
  7. Bank Mandiri (23)
  8. Komunitas Publisher Indonesia (25)
  9. Berniaga.com (28)
  10. Kompasiana (29)

Tentu bukan perkara mudah bagi Kompasiana mengejar website-website yang sudah lebih dulu hadir di dunia maya. Apalagi untuk dapat melampaui peringkat website sebesar Multiply, Goal.com dan LinkedIn. Pun sebuah kebanggaan ketika website berisi berita dan opini warga ini mampu melampaui website berita sekaliber Okezone.com, Kapanlagi.com, Tempo.co, TribunNews.com Inilah.com dan Republika Online. Tapi bila menilik perjalanan peringkat Kompasiana, apa yang dicapai oleh blog keroyokan yang, oleh Kompasianer Syaifuddin Sayuti, disebut sebagai "One Stop Blogging" ini tidak terlalu mengejutkan. Pada tahun 2009 saja, Kompasiana yang baru berusia satu tahun sudah menduduki peringkat 300. Lalu di tahun 2010, peringkatnya masuk ke posisi 100 besar, dan dalam waktu singkat telah nangkring di peringkat 50-an. Saat ini, Kompas Gramedia telah berkomitmen untuk membesarkan Kompasiana sebagai sebuah produk online andalan di samping KOMPAS.com. Website yang berhasil meraih penghargaan sebagai Produk Inovatif KOMPAS Gramedia dua tahun berturut-turut (2011 dan 2012) ini diharapkan dapat tumbuh semakin besar, serta sukses menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Selamat! Di hari nan fitri ini, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri buat semua Kompasianer Muslim di seluruh penjuru dunia. Minal aidin wal faizin, kullu amin wa antum bi khaer. Atas segala salah dan khilaf, mohon saya dimaafkan.

Iskandar Zulkarnaen

/iskandarjet

TERVERIFIKASI (BIRU)

Writer, Editor, Content Manager, Trainer, Presenter, Social Media Expert, Citizen Journalism Specialist.
Anak Betawi. Lahir di Jakarta. Alumni @uinjkt dan @StateIVLP. Penjelajah kota-kota dunia: Tokyo, Hong Kong, Kuala Lumpur, Langkawi, Putrajaya, Washington DC, Alexandria (VA), New York City, Milwaukee, Salt Lake City, San Francisco, Phuket, Singapore, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Dubai, Bangkok.
Join and follow @iskandarjet in many social media platform and like his fanspage at www.facebook.com/isjet.
Mengajak untuk menulis, menulis dengan ajakan > Writing is Breathing > #kataJet #ayonulis

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
FOKUS TOPIK KOMPASIANAA

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?