Ikhwanul Farissa
Ikhwanul Farissa Pemain Cinta

Lupakanlah Kegagalan, Namun Ingatlah Selalu Pelajaran Yang Didapatkan Dari Kegagalan Tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Penanaman Pohon Warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2015 di Aceh Barat

15 Juni 2015   11:11 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:02 93 0 0

Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Aceh Barat kamis siang 11/06/2015 Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), dibuka oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Ir T. Fuadri serta dihadiri oleh Bupati Aceh Barat H. T. Alaidinsya, Asisten – asisten Bupati, Kepala Dinas/Badan/Kantor dari Kabupaten Aceh Barat, Anggota TNI dan Polri, para tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan guru-guru, unsur dari perguruan tinggi dan LSM serta pers.

Perayaan HLHS pada tahun 2015 ini mengambil bertema “Seven Billion Dream One Planet, Consume With Care Yang diterjemahkan menjadi Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi, berkaitan dengan pola tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi telah melampaui kapasitas daya dukung lingkungan dan regeneratif bumi untuk memperbaharui dan memulihkan sumber daya alam yang dimilikinya.

Hal ini sejalan apa yang dikatakan Ir. T.Fuadi dalam pembukaaanya bahwa "tema dan momentum Seven Billion Dream One Planet, Consume With Care penting bagi masyarakat dunia terutama Aceh, karena membuktikan wujud dari aksi masyarakat untuk bersama-sama menyelamatkan bumi dari berbagai bencana dan menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi serta segala kegiatan konsumsi dan produksi tetap memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungannya".

H.T. Alaidinsyah dalam kata sambutan tertulisnya mengatakan “masalah lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, sudah saatnya kita memainkan peranan penting dalam meredam dampak kerusakan lingkungan demi kelangsungan hidup umat manusia atau keberlanjutan kehidupan di bumi dan semua ekosistem" katanya. Lanjutnya, "dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan seperti penanaman pohon diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup terutama Aceh Barat. Disamping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan seperti bencana banjir, erosi, abrasi pantai dan longsor.

Selesai acara, H. T. Alaidinsyah bersama Ir T. Fuadi, sejumlah pejabat lingkup Pemda Aceh Barat dan LSM yang peduli terhadap lingkungan hidup berserta anggota TNI, Polri dan pelajar melakukan penanaman anakan pohon – pohon seperti pohon mahoni, akasia, trembesi dan lainnya di atas lahan seluas 1/2 hektar di Gampong Suak Indra Puri Ujong Karang Kec. Johan Pahlawan Meulaboh. Selain penanaman pohon, juga ada berbagai kegiatan lainnya yang ikut mewarnai peringatan HLHS 2015 yakni lomba sekolah Adiwiyata, pahlawan kebersihan, mewarnai tingkat sekolah dasar dan lomba pakaian dari sampah daur ulang.

Semoga peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini menjadikan lingkungan dan bumi kita tidak terjadi lagi pemanasan global dan akan tetap menjadi sebuah planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh manusia dan anak cucu kita. “Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care“. (Ikhwanul Farissa).