Gayahidup

Gosok Gigi Yuk!

4 September 2017   09:22 Diperbarui: 4 September 2017   09:29 94 0 0
Gosok Gigi Yuk!
Dokumentasi pribadi

Perlunya merawat gigi mulai dari usia dini. Bahwa gigi sulung merupakan gigi sehat yang akan menunjang kesehatan badan. Bila gigi anak rusak  dapat menjadi  sumber infeksi sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuhnya.

Cara dalam melakukan kegiatan menggosok gigi pada anak yaitu menggosok gigi paling tidak dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur malam. Menyikat gigi menjadi kegiatan rutin yang menyenangkan bagi anak. Dalam melakukan hal ini harus sesuai keinginan anak sendiri, jangan memaksa sehingga anak tidak malas dan menangis. Gunakan sikat khusus pada anak dan pasta gigi anak yang mengandung fluoride.

Pada usia 2 tahun lebih anak biasanya sudah mampu memegang sikat gigi dan berkumur. Maka anak sudah bisa diajari menggosok gigi menggunakan pasta gigi khusus.
Ajari anak menggosok gigi sendiri dengan kita dan anak berdiri di depan cermin. Dari belakang, pegang tangan anak dan arahkan sikat giginya ke gigi yang akan disikat. Lalu berilah dia kesempatan untuk belajar menyikat gigi sendiri, sekalipun belum benar. Setelah selesai suruhlah dia berkumur dngan air putih matang yang bersih beberapa kali. Berikan pujian jika mereka dapat melakukan dengan benar.

Agar anak dapat menyikat dengan bersih perlu dilakukan simulasi sebagai berikut. Kita dapat menyiapkan gambar mulut lengkap dengan gigi dan lidahnya menggunakan kertas hvs dan spidol. Lalu kita siapkan sikat dan pasta gigi dan menyikatkan gigi yang ada pada gambar tersebut. Setelah itu kita dapat menjelaskan kepada anak bagian-bagian yang harus disikat, mengarahkan menyikat gigi yang baik, dan macam-macam bentuk giginya.

Manfaat dalam menggosok gigi yaitu practical life skills; stimulasi kemampuan bahasa dan kognitif; motivasi anak agar dapat menyikat gigi; pengenalan cara menyikat gigi yg benar; dan pengenalan pada macam-macam bentuk gigi seri, taring, geraham.

Anak-anak di Daycare Insan Kamil sangat antusias pada saat belajar menggosok gigi. Setiap sore pun sebelum pulang, ada jadwal mandi sore dan anak-anak diajarkan untuk menggosok gigi sendiri. Pentingnya menggosok gigi ini memang harus diterapkan sejak dini, agar menjadi terbiasa setelah mereka dewasa dan kesehatan giginya pun tetap terjaga.