Buat Kamu yang Ingin Masuk Perguruan Tinggi Negeri

23 April 2012 00:29:53 Dibaca :

TIPS dan CARA Mensikapi tes MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI!!!


Bagi kalian yang masih binggung buat menentukan masa depan setelah lulus dari SMA atau SMK , tentukan sekarang ya!! Jangan di tunda-tunda kalo kalian inggin ke jalur perkuliahan berikut ini kami sajikan beberapa tips yang berguna buat anda-anda yang lagi binggung bagaimana cara mensikapi tes masuk perguruan tinggi,


1) Pikirkan terlebih dahulu jurusan yang benar-benar anda minati dan kuasai, hal ini berguna untuk perjalanan kuliah kalian supaya gak ketinggalan dan yang jelas gak bikin kalian stres.


2) Pikirkan prospek jurusan yang kalian pilih apakah meyakinkan untuk masa depan atau tidak.


3) Berundinglah kepada orang tua kalian mintalah pendapat darinya agar kalian mengerti bagaimana seharusnya mensikapi suatu pilihan untuk masa depan.


4) Jangan mudah terpengaruh dengan mayoritas pilihan teman dalam memilih jurusan,karena kalian kuliah bukan untuk ikut-ikutan, kalian kuliah demi masa depan kalian sendiri, karena setiap manusia mempunyai kemampuan berbeda-beda,belajarlah secara mandiri.


5) Jangan lupa untuk selalu meng update info-info perkembangan seputar jadwal tes pelaksanaan dan syarat-syarat yang di tentukan.


6) Cari tahu dan belajarlah dari dia yaitu orang-orang yang pernah punya pengalaman lolos tes PTN,tentunya pengalaman yang baik lho ya,,


7) Kumpulkan bahan-bahan ajaran buat mempelajari soal-soal tes PTN.


8) Jika anda berminta ikuti BIMBEL yang ada pada kota kalian,tanyakan kepada guru atau pembimbing soal-soal mana yang belum kalian kuasai.


9) Jika kalian mengikuti tes di luar kota,usahakan menginap di tempat saudara,teman,atau sahabat ini bertujuan untuk menjaga kondisi tenaga kalian agar tetap fit dalam mengikuti tes


10) Ulangi lagi apa yang telah anda pelajari,tingkatkan kreatifitas kalian dalam berpikir agar mampu menghadapi soal-soal terapan.


11) Surveilah tempat kalian melaksanakan ujian sehari sebelum pelaksanaan tes agar kalian tidak binggung ketika sampai di tempat ujian.


12) Sebelum berangkat tes,berdoalah kepada Tuhan mu agar di berikan kemudahan dan di berikan yang terbaik,mintalah doa restu kepada orang tua.


13) Sebelum berangkat cek syarat-syarat yang harus di penuhi,semisal kuitansi pembayaran dari bank,foto,kartu identitas,alat tulis dll.


14) Usahakan datang di tempat ujian maksimall 30 menit sebelum ujian di mulai dan bawalah jam tanggan, karena biasanya setiap kelas di kampus jarang yang memasang jam dinding agar kalian tahu waktu dalam mengerjakan soal ujian.


15) Sebelum mengerjakan soal tes berdoalah terlebih dahulu,baca petunjuk pengerjaan secara seksama dan teliti.


16) Usahakan menjawab semua pertanyaan dengan benar,karena jika salah biasanya mendapat pengurangan nilai,jika kalian benar-benar tidak tahu jawabannya kosongkan saja jawaban tersebut.


17) Teliti sesudah mengerjakan soal tes,terutama identitas kalian.


18) Jangan pernah mengingat-ingat kembali jawaban yang kalian jawab karena bisa melunturkan rasa PD kalian ketika tahu jawaban itu salah.lupakan dan berdoalah agar di berikan yang terbaik.


19) Kuatkanlah mental kalian dan selalu berpikiran positif.


20) Percayalah bahwa Tuhan mu memberikan yang terbaik buat dirimu,kehidupan di dunia ini sudah ada yang mengatur,tinggal kita berusaha semaksimalnya dan mensikapi dengan baik,karena Tuhan suka dengan hamba nya yang berusaha sesuai kemampuan dirinya.


21) Semoga kalian sukses berguna bagi Bangsa,Negara dan keluarga kalian. Jadilah insan yang bernurani,cerdas,dan taat pada Tuhan kalian.






Ian Pratama

Ian Fahmy

/iansyndrome7

yes i can.... i viva la gloria
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?