Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek Pensiunan yang menyukai olah raga terutama sepakbola dan badminton.

Selanjutnya

Tutup

Ini Peluang Timnas U-22 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 China 2018

22 Juli 2017   17:24 Diperbarui: 22 Juli 2017   20:28 161 7 6
Ini Peluang Timnas U-22 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 China 2018
Sumber Foto CNN Indonesia.com


Terus terang kemenangan Timnas U-22 dengan 7 gol tanpa balas melawan Mongolia dalam lanjutan grup H Pra Piala Asia U-23 Jumat 21 Juli 2017 sudah memberikan harapan dan peluang lolos keputaran final Piala Asia di China 2018. Hasil ini tetap harus disyukuri walaupun tantangan lawan berikutnya adalah tuan rumah Thailand. Sekecil apapun peluang itu tetap harus diperjuangkan. 

"Saya sangat respek dengan Thailand. Thailand tim besar, punya kemampuan, dan saya harapkan kemenangan atas Mongolia ini bisa memberikan perubahan mental, kepercayaan diri, bisa membantu lebih positif," kata Milla seperti dilansir Fourfourtwo.com (22/07/2017). Pernyataan Luis Milla ini memberikan indikasi bahwa Thailand memang bukan lawan sembarangan. Luis Milla juga mengisyaratkan bahwa dirinya harus mempersipakan skuatnya sebaik mungkin 

Komposisi pemain-pemain terbaiknya harus mampu mengaplikasikan keinginan strategi dan taktik Milla di lapangan. Bukan hanya Evan Dimas dan Hansamu Yama Saddil Ramdani namun juga seluruh skuat Timnas U-22 ini dianggap sangat penting oleh Luis Milla.

Mundurnya Srilanka di grup A mengakibatkan perhitungan penentuan peringkat kedua terbaik hanya berdasarkan laga-laga tanpa memperhitungkan negara dengan posisi juru kunci di setiap grupnya. Sejauh ini di grup A tinggal menyisakan Iran dan Oman masing-masing dengan nilai 3 poin. Grup B tinggal Arab Saudi dan Iraq juga masing-masing dengan nilai 3. Grup C Qatar memimpin dengan nilai 3 poin disusul Syria dengan 1 poin. Dua negara ini yang akan memperebutkan juara grup. 

Grup D, Uzbekistan memuncaki juara grup dengan 6 poin dan runner upnya adalah Uni Emirat Arab dengan 3 poin dan goal different minus satu. Grup E Palestina dan Tajzkistan menjadi favorit sementara Jordan menjadi kuda hitam. Grup F menyisakan Australia dan Myanmar. Australia favorit menjuarai grup ini. 

Grup G Korea Utara akan bersaing dengan Laos masing memiliki 3 poin mereka akan bertanding merebut juara grup. Grup I Vietnam dengan nilai 3 poin bersaing dengan Korea Selatan yang memilik nilai 1 poin untuk merebut juara grup. Untuk Grup J adan Jepang yang sudah pasti merebut juara grup sedangkan posisi kedua ada China namun karena negara ini sebagai tuan rumah putaran final tahun depan maka posisinya akan diperebutkan oleh 9 grup lainnya.   

Lalu bagaimana peluang Garuda Muda ini bisa lolos dari grup H. Syarat pertama adalah menang dulu lawan Thailand, hasil draw apalagi kalah maka peluang itu langsung sirna. Grup H akan semakin menarik jika dalam pertandingan pertama Malaysia kalah dari Mongolia. Kekalahan Malaysia akan menempatkannya di posisi buncit grup H. Hal ini berarti pertandingan melawan Malaysia tidak dihitung. Posisi Indonesia sangat diuntungkan karena kekalahan 0-3 tidak dihitung malah kemenangan 7-0 melawan Mongolia yang dihitung. Indonesia cukup draw lawan Thailand sudah bisa menjadi runner up apalagi jika menang cukup hanya 1-0 Indonesia berhak juara grup dengan nilai 6 poin. Hanya ini yang bisa meloloskan Indonesia dari grup H. Prediksi sekenario lainnya memberikan gambaran yang berat bagi perjuangan Timnas U-22 untuk lolos dari grup H.

Mungkin bagi Luis Milla apapun hasil akhir dari laga melawan Thailand akan menjadi catatan penting sebagai bekalnya menghadapi Gajah Putih ini di SEA Games 2017 bulan depan. Luis Milla wajib menggondol medali emas sepakbola SEA Games 2017 seperti klausul kontraknya dengan PSSI. 

Garuda Muda tetap fokus saja bermain dengan suasana gembira,enjoy, lepas tanpa beban apapun. Biarlah hasil akhir terjadi sesuai dengan upaya maksimal yang telah diperjuangkan selama pertandingan berlangsung.

Selamat bertanding. Bravo Timnas Garuda U-22


#hensa Bandung 22 Juli 2017