Asal Usul Bendera Negaranya Margaret Thatcher

01 Mei 2012 13:13:37 Dibaca :
Asal Usul Bendera Negaranya Margaret Thatcher
-

Kedatangan Perdana Menteri United Kingdom, David Cameron,  seperti membingungkan pelbagai media di  Indonesia dalam menyebut negara asal beliau, apakah beliau PM Inggris, PM Britania Raya, PM Inggris Raya.  Saya pikir kita di Indonesia terlanjur menyebut Inggris sebagai padanan United Kingdom dan sekaligus England.  Bingung juga ya, padahal United Kingdom, Britania Raya (Great Britain) dan Inggris (England) sebenarnya sangat berbeda seperti saya ditulis pada artikel terdahulu. Pada artikel tentang Inggris yang saya tulis pada hari Senin 30 April 2012 tersebut, saya mendapat masukan dari Kompasianer, pak Bart Muhammad, agar membuka You Tube untuk melihat perbedaan United Kingdom, Great Britain dan England.   Ternyata akhirnya saya menemukan informasi tentang asal usul bendera United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, nama  resmi negara yang pernah dipimpin oleh Margareth Thatcher itu.

Sehubungan United Kingdom terdiri dari England (Inggris), Scotland (Skotlandia), Wales (Wales) dan Northern Ireland (Irlandian Utara), bendera negara tersebut juga ternyata kombinasi dari bendera Skotlandia, Inggris dan Irlandia Utara.

Bendera Wales tidak masuk, karena Wales bukan Kingdom, hanya disebut sebuah Principality, mungkin padanannya dalam bahasa Indonesia disebut Kepangeranan, bukankah Putra Mahkota UK, Pangeran Charles disebut Prince of Wales.    Berikut ini kutipan dari   http://projectbritain.com/ :  " It is called the Union Flag because it symbolises the administrative union of the countries of the United Kingdom. It is made up of the individual Flags of three of the Kingdom's countries all united under one Sovereign - the countries of England, of Scotland and of Northern Ireland (since 1921 only Northern Ireland has been part of the United Kingdom). As Wales was not a Kingdom but a Principality it could not be included on the flag".

Di bawah ini dapat dilihat berturut-turut bendera United Kingdom, Skotlandia, Inggris dan Irlandia Utara. Perhatikan jelas sekali unsur-unsur bendera Union Jack merupakan gabungan dari bendera tiga negara anggotanya.

Bendera United Kingdom

Bendera Skotlandia

13358643041624244195

Bendera Inggris

1335864417195816244

Bendera Irlandia Utara

1335864881144196444

Hendi Setiawan

/hendisetiawan

TERVERIFIKASI (BIRU)

Almost senior citizen, pengalaman kerja di pelbagai bidang, transmigrasi, HPH, modal ventura, logistik, sistem manajemen kualitas, TQC, AMS, sistem manajemen lingkungan, K3, general affair, procurement, security. Pernah mengunjungi sebagian besar Indonesia, melanglang buana dari Laut Merah sd Laut Jepang. Gemar membaca koran, majalah, novel, buku2 ekonomi/sosial-politik/biografi/Islam Penggemar sepakbola dan bulutangkis. Masih menjalin silaturahim dengan teman2 masa SD sampai Perguruan Tinggi.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?