Mengenal Kejuaraan Dunia Bridge

12 September 2011 12:39:39 Dibaca :

MENGENAL KEJUARAAN DUNIA BRIDGE

Oleh : Bert Toar Polii

Tidak usah orang awam, pemain bridge sendiripun sering dibuat bingung mengenai Kejuaraan Dunia Bridge yang diselenggarakan setiap tahun. Hal ini terjadi karena ada begitu banyak nomor pertandingan yang digelar dalam satu event Kejuaraan Dunia. Mulai tahun 2008 saat World Bridge Federation berusia 50 tahun (Gabungan Bridge Indonesia lebih tua 4 tahun) telah diadakan sedikut perubahan mengenai Kejuaraan Dunia.

Mulai tahun 2008 akan digelar :

1. World Mind Sports Games Event ini muncul karena usaha dari cabang-cabang olahraga otak untuk bergabung di kejuaraan multi event olimpiade gagal tercapai. Bridge, catur, Go dan Draughts kemudian membentuk IMSA (International Mind Sport Association ) dan menggelar World Mind Sport Games yang pertama di Beijing, China. Daam kejuaraan ini khusus cabang olahraga bridge akan dipertandingakan kejuaraan antar Negara dengan kategori Open, Ladies dan Youth dengan kategori usia dibawah 28 tahun. Sebelumnya, kejuaraan antar Negara dalam olahraga bridge disebut World Bridge Olympiad. Penggantian nama dari olympiade bridge menjadi Nation Cup juga sejalan dengan peraturan IOC yang melarang penggunaan olympiade selain untuk Summer dan Winter Olympiad. World Bridge Federation yang tealah diakui IOC tentu saja harus tunduk.

2. Selain Kejuaraan diatas, digelar juga 3rd Senior International Cup dan World Transnational Mixed Team ditempat yang sama. Event ini bukan merupakan satu kesatuan dengan World Mind Sport Games tapi digelar ditempat dan waktu yang sama. Piala dan medali disediakan oleh World Bridge Federation.

3. Selain itu akan digelar juga World Junior Championships yang mempertandingkan dua kategori, yaitu Junior Team (26 tahun kebawah) dan School Team (21 tahun kebawah). Pada kejuaraan yang memperebutkan Ortiz Patino Cup (Junior) dan Jose Damiani Cup (school) hanya akan diikuti oleh juara-juara Zone sesuai kuota yang telah ditetapkan. Event ini sama dengan Bermuda Bowl untuk open team dan Venice Cup untuk Ladies Team.

Kedua event yang pertama akan digelar 4 tahun sekali sedangkan World Junior Championships akan digelar setiap musim panas dua tahun sekali.

Tahun 2009

World Bridge Federation akan menggelar World Bridge Team Championships yang mempertandingkan Bermuda Bowl, Venice Cup, Senior Bowl dan World Transnational Open Team. Kejuaraan ini sama dengan Sanghai 2007.

Kejuaraan ini akan berlangsung dua tahun sekali.

Tahun 2010

Pada tahun ini akan digelar Kejuaraan Dunia terbuka yang mempertandingkan Rosenblum Cup KO Teams (open), Mc Connell Cup KO Teams(Ladies), Senior KO Teams. Open Pairs, Mixed Pairs, Women Pairs, IMP Pairs, Senior pairs. Pada event ini siapa saja bisa ikut dan tidak perlu harus dari satu Negara.

Tahun 2011 seperti tahun 2009 dan tahun 2112 seperti 2008 dan seterusnya.

Tahun 2013, Indonesia akan menjadi tuan rumah World Bridge Team Championship di Bali.

Bert Toar Polii

/harum

Saya adalah penggemar olahraga bridge yang sangat fanatik dan ingin berbagi tentang berbagai kelebihan dan manfaat olahraga ini. Waktu luang saya digunakan untuk memperkenalkan tentang kampung saya Tondano.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?