Handoyoputro
Handoyoputro

Personal Life Coach, Licensed Practitioner of Neuro Linguistic Programming, Certified Hypnotherapist, Certified Instructor

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bisnis Modal Kecil dan Mekanisme Servo

20 Juni 2017   18:23 Diperbarui: 2 Juli 2017   10:28 27 0 0

Pada suatu hari saya bertanya kepada salah seorang pengusaha di bidang peralatan navigasi yang berkantor di Senayan Trade Center, mengenai bagaimana cara untuk memulai berbisnis. Karena beliau melihat saya sebagai karyawan, maka beliau tahu bahwa satu satunya kendala untuk memasuki dunia bisnis adalah keluar dari “zona nyaman” .

Sudah menjadi bagian dari mekanisme otak kita bahwa kita takut dengan sesuatu yang belum kita ketahui. Rasa takut ini ada untuk membantu anda agar mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Sayangnya rasa takut ini sering menjadikan kita terhenti dan tidak berani memasuki hal baru, padahal hal baru itu lebih menantang dan peluangnya lebih luas.

Pada waktu itu beliau bercerita tentang kegagalan kegagalannya dalam berbisnis. Sudah 3 bisnis yang beliau geluti dan baru di bisnis navigasi ini dia berhasil. Sebelumnya beliau memulai usahanya dengan bisnis di bidang teknologi informatika, sesuai dengan bidang studi dan semangatnya pada saat itu. Sayang bisnis ini gagal dengan menelan modal ratusan juta rupiah.

Setelah gagal di bisnis pertamanya, kemudian beliau memulai bisnis keduanya di bidang peralatan elektronik. Sayangnya bisnis ini pun gagal total dan anda bisa bayangkan berapa besar uang yang terserap akibat kegagalan kegagalan bisnisnya itu.

Tetapi Beliau belum kalah, ibarat bermain catur, kekalahan tidak menghentikannya untuk membuka babak pertandingan baru. Dan di bisnis yang ketiga ini, beliau baru mencetak keuntungan dan BEP dalam waktu yang sangat singkat. Kerugian kerugian yang diderita akibat kegagalan kegagalan di bisnis sebelumnya tertutup sudah.

Kemudian beliau membuat metafora tentang bagaimana memulai bisnis seperti yang saya tanyakan sebelumnya. Dunia selalu berubah, jadi kita tidak mungkin bisa memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi. Jika kita selalu khawatir tentang persiapan kita, maka kita tidak bakal siap memasuki dunia bisnis.

Memasuki dunia bisnis itu seperti masuk ke kamar mandi. Jadi tidak perlu khawatir apakah masih ada hal yang belum dipersiapkan. Jika ada sabun atau handuk ketinggalan, padahal kita sudah masuk kamar mandi, kita tinggal teriak saja minta tolong orang mengambilkannya.

Intinya, masalah pasti akan menghadang ketika kita terjun ke dunia bisnis. Semua serba tidak pasti, dan dibutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan segala kemungkinan perubahan yang terjadi. Jika terlalu banyak pertimbangan, maka anda tidak cocok di bidang ini dan tidak akan punya keberanian untuk memasukinya.

Tidak ada yang salah untuk memutuskan diri menjadi karyawan, karena itu juga pekerjaan yang mulia dan bisa mencukupi kebutuhan kita. Tetapi ada kalanya beberapa yang tidak beruntung tidak memiliki kesempatan kerja karena persaingan yang sangat ketat. Dalam kondisi yang tidak beruntung ini  mau tidak mau mereka harus terjun ke dunia bisnis.

Kendala yang mereka hadapi adalah tidak adanya ilmu, mentor serta modal. Untuk jualan bakso dorong saja dibutuhkan modal 30 juta lebih, dan belum tentu berhasil. Biasanya yang berhasil di bidang bakso adalah orang yang pernah “ikut jualan bakso” dengan pedagang yang sudah sukses. Kemudian dengan pengetahuan yang didapatnya sebelumnya ( bos nya adalah mentornya), dia menjalankan bisnisnya dan sukses karena sudah ada ilmunya.

Banyak pakar yang bilang, mulailah dari yang kecil. Sebenarnya yang dimaksut adalah mulailah dari kondisi anda saat ini. Mr. Robert teman pengusaha saya tidak memulai bisnisnya dari sesuatu yang kecil, tetapi dari sesuatu yang “bisa dia lakukan” dalam kondisinya saat itu. Dukungan dari ortunya membuat dia bisa mendapatkan modal dengan mudah.

Tapi bagi yang cekal modal dan ilmu, serta gak punya mentor maka anda harus memulai dari tempat di mana anda berada. Jika anda mau “meluaskan pandangan anda” maka “mekanisme servo” yang ada di dalam diri anda pasti akan menemukannya.

Apa itu mekanisme servo? Mekanisme servo adalah kemampuan otak anda untuk menemukan apa saja yang dibutuhkan oleh “goal anda” atau apa yang ingin anda raih. Jika anda mencarinya, maka pikiran anda akan menemukan cara untuk menemukannya.

Bagi yang merasa memiliki keterbatasan di atas, belum punya penghasilan yang cukup, ilmu terbatas, dan belum ada mentor, dan anda ingin sukses memulai bisnis, maka carilah bisnis yang tidak perlu modal besar,  tidak dibutuhkan skill serta tidak harus memiliki mentor terlebih dahulu.

Apakah ada?

Pasti ada jika anda mencarinya. Dan ketika anda membaca tulisan saya ini dengan tuntas, berarti mekanisme servo anda sedang bergerak untuk mendapatkan caranya.

Salah satu caranya adalah memasuki bisnis yang terbukti legal, bisa dimulai dengan modal 100 ribu rupiah saja, terbukti banyak yang sukses dengan penghasilan ratusan juta per bulan, anda bisa mengikuti jejak teman saya  Starif, seorang pemuda belia dari Tasikmalaya yang mememiliki rumah dan mobil di usia sangat muda. Dan semua diawali dari uang 100 ribunya.

Banyak metoda bisnis yang legal dan terbukti efektif asal kita tahu “rahasianya”.  Yang mau saya bocorkan rahasianya kepada anda hanya salah satu metoda saja.

Hanya jika anda BUKA PIKIRAN ANDA LEBAR LEBAR UNTUK MENYERAP INFORMASI, servo makanisme dalam diri anda akan menemuka jalan untuk menuju cita cita dan hasrat anda.


Handoyoputro

blackwalet.handoyoputro.com